5 Manfaat Susu Kunyit, Minuman Sehat yang Kekinian

Apakah Anda pernah mendengar atau minum susu kunyit? Minuman yang satu ini mungkin kurang familiar di Indonesia. Sebab, kunyit lebih sering diolah menjadi minuman jamu. Namun, susu kunyit ini sangat populer di India. Selain rasanya yang enak, manfaat susu kunyit untuk kesehatan juga sangat beragam. Maka dari itu, susu kunyit dikenal dengan istilah golden milk

Lalu, apa saja manfaat susu kunyit untuk kesehatan? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

Kandungan Nutrisi Pada Susu Kunyit

Minuman yang dikenal dengan nama golden milk, turmeric latte, atau kalau di India disebut haldi doodh ini terbuat dari susu sapi atau nabati yang dicampur dengan kunyit dan rempah-rempah lainnya, seperti kayu manis dan jahe. Adapun kandungan nutrisi dalam setiap satu cangkir susu kunyit adalah sebagai berikut. 

  • Kalori: 130 kalori
  • Lemak: 5 gr
  • Protein: 8 gr
  • Natrium: 125 mg
  • Gula: 12 gr
  • Karbohidrat: 12 gr

Selain nutrisi di atas, susu kunyit juga mengandung antioksidan dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sudah sejak lama orang-orang di India menjadikan minuman ini sebagai obat karena manfaatnya untuk tubuh. Memang, apa saja manfaat susu kunyit?

Manfaat Susu Kunyit untuk Kesehatan

Kurkumin merupakan senyawa aktif yang terkandung dalam kunyit. Senyawa ini bersifat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel sekaligus melindungi tubuh dari stres oksidatif. Dalam pembuatan susu kunyit, biasanya ditambahkan rempah-rempah lain, seperti kayu manis dan jahe. Oleh karena itu, tak heran jika manfaat susu kunyit untuk kesehatan sangat bagus. Berikut beberapa diantaranya. 

  1. Meredakan nyeri sendi dan peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin yang terdapat pada kunyit dan rempah-rempah lainnya yang juga menjadi bahan pembuatan susu kunyit, seperti jahe dan kayu manis memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Bahkan, efek anti-inflamasi kurkumin ini sebanding dengan obat-obatan farmasi tanpa efek samping. 

Efek anti-inflamasi inilah yang dapat mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi susu kunyit juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker, sindrom metabolik, Alzheimer, dan penyakit jantung. 

  1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat kunyit selanjutnya berhubungan dengan otak. Minuman tradisional India ini dapat meningkatkan daya ingat serta fungsi otak. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa kurkumin dapat meningkatkan produksi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini berkaitan dengan pembentukan sel-sel baru di otak. Rendahnya tingkat BDNF pada seseorang sering kali dikaitkan dengan gangguan otak, salah satunya adalah penyakit Alzheimer.

Selain itu, bahan lain yang juga terdapat dalam susu kunyit, seperti kayu manis dapat mengurangi gejala penyakit Parkinson dan meningkatkan fungsi otak, sedangkan jahe dapat menjaga daya ingat sekaligus melindungi otak dari gangguan yang disebabkan oleh faktor usia. 

  1. Memperbaiki mood

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan kurkumin pada susu kunyit dapat memperbaiki suasana hati seseorang sehingga gejala depresi dapat mereda. 

Depresi juga dapat dikaitkan dengan rendahnya tingkat BDF. Berhubung  kurkumin dapat meningkatkan kadar BDNF sehingga dapat mengurangi gejala depresi. Dengan manfaat susu kunyit ini, Anda bisa mencoba meminumnya saat suasana hati sedang kurang baik. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung menduduki peringkat pertama sebagai penyebab utama kematian di dunia. Untuk mengurangi risiko sekaligus menjaga kesehatan jantung, Anda dapat mengonsumsi susu kunyit. 

Manfaat susu kunyit yang satu ini berasal dari kandungan kurkuminnya yang ternyata dapat meningkatkan fungsi lapisan endotel. Lapisan endotel adalah sebuah lapisan tunggal yang melapisi pembuluh darah dan juga menjaga kesehatan jantung. 

  1. Menjaga kestabilan kadar gula darah

Bahan-bahan untuk membuat susu kunyit  terutama jahe dan kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kayu manis pada susu ini juga dapat mengurangi resistensi insulin. Namun, perlu diingat bila ingin mendapatkan manfaat susu kunyit yang satu ini, sebaiknya Anda tidak menambahkan pemanis, seperti gula, madu, dan sirup. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *