5 Tips Aman Jika Harus Periksa Gigi saat Pandemi Covid-19

Selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang takut atau khawatir jika harus periksa gigi saat pandemi. Sebenarnya, sekarang bahkan sudah bisa melakukan konsultasi secara online, lho.

Jadi, ada layanan teledental medicine atau disebut juga teledentistry, yaitu konsultasi kesehatan gigi dan mulut secara online yang sudah disediakan masing-masing fasilitas kesehatan. 

Layanan ini memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mendiagnosis, mencegah, mengobati, bahkan mengevaluasi kesehatan gigi dan mulut pasien. Akan tetapi, jika dalam kondisi darurat, sebaiknya memang pasien mendatangi dokter gigi atau bahkan ke rumah sakit untuk mencegah agar kondisinya tidak menjadi semakin parah. 

Kondisi yang Membutuhkan Pemeriksaan Gigi

Jika kondisi sudah darurat, mau tidak mau tentu Anda harus periksa gigi saat pandemi secara langsung ke klinik kesehatan gigi. Kondisi darurat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Terasa nyeri parah pada gusi, gusi, atau nyeri di tulang belakang
  • Muncul perdarahan yang tidak kunjung berhenti
  • Gigi palsu yang tidak lagi berfungsi dengan baik
  • Perawatan gigi pasien yang menjalani pengobatan kanker
  • Trauma sehingga memengaruhi kemampuan seseorang saat bernapas
  • Terasa nyeri dan terjadi pembengkakan di area mulut
  • Adanya jaringan yang harus segera dilakukan biopsi
  • Rasa nyeri karena kawat gigi sehingga harus dilakukan pengaturan ulang
  • Perawatan setelah operasi yang tidak bisa dilakukan sendiri

Tips Aman untuk Periksa Gigi saat Pandemi

Banyak orang yang mungkin mempertanyakan apakan aman untuk periksa gigi saat pandemi seperti sekarang ini. Sebab, penularan Covid-19 melalui percikan atau droplet yang mengandung virus Covid-19 bisa terhirup ketika melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Oleh sebab itulah, masyarakat disarankan mengunjungi dokter gigi hanya apabila ada kasus-kasus yang darurat. Jika Anda atau orang di sekitar Anda membutuhkan pertolongan medis yang berhubungan dengan gigi, maka ada beberapa tips aman yang bisa diterapkan ketika periksa gigi saat pandemi.

  1. Buat Janji Terlebih Dahulu dengan Dokter

Pertama yang perlu dilakukan adalah membuat janji temu dengan dokter gigi jika memang Anda harus melakukan kunjungan langsung dan kondisi yang mendesak.

Pentingnya membuat janji pemeriksaan dengan dokter ini adalah untuk mencegah agar tidak terjadi kerumunan di faskes. Hal ini juga berguna untuk menghindari Anda agar tidak menunggu antrean terlalu lama. 

  1. Mematuhi Protokol Kesehatan secara Ketat

Sebelum pergi ke dokter atau selama berada di sana, pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan secara berkala atau mengguankan hand sanitizer. Hal ini  untuk memastikan agar semua sama-sama terlindungi.

  1. Pilihlah Klinik Gigi yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Di tengah kondisi wabah seperti ini, sebaiknya memilih klinik atau faskes yang memberikan jaminan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Biasanya di klinik pemeriksaan gigi tersebut akan dilengkapi dengan perlengkapan protokol kesehatan yang memadai, seperti alat pelindung diri (APD) untuk pasien serta sandal khusus. Biasanya juga pasien akan berkumur dulu dengan cairan antiseptik setidaknya selama 30 detik. Dengan begitu bakteri yang terdapat di bagian dalam mulut akan mati.

  1. Memilih Faskes yang Punya Sarana Prasarana Memadai

Sebelum memeriksakan gigi ke klinik tertentu, tips selanjutnya adalah memilih faskes yang mempunyai sarana dan prasarana yang cukup memadai, seperti misalnya adanya vacuum aerosol yang fungsinya mengurangi aerosol yang mengandung kuman yang bertebaran di udara. 

Pilih juga klinik kesehatan gigi yang rutin melakukan disinfektan ruangan, termasuk ruang pemeriksaan. Sehingga ruangan yang Anda masuki untuk pemeriksaan sudah steril.

  1. Langsung Bersihkan Diri Setelah dari Dokter Gigi

Setelah Anda melakukan pemeriksaan dari dokter gigi, pastikan untuk membersihkan diri dan jangans sampai melakukan kontak dengan anggota keluarga sebelum Anda benar-benar bersih. Bersihkan juga semua benda yang terpapar udara, seperti tas, baju, handphone, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *