7 Hal Terduga Ini Sebabkan Kuku Kering

Banyak orang masih abai pada kesehatan kukunya. Padahal jika sudah terkena kuku kering, berbagai masalah pun rentan Anda hadapi dan menjadi hal menyebalkan. Sebagai contoh ketika Anda menderita kuku kering dan kuku menjadi mudah rapuh, Anda pun akan gampang merasa kesakitan ketika memegang sesuatu. 

Penyebab kuku kering sangat beraneka ragam. Mulai dari usia yang bertambah sampai perawatan kanker seperti kemoterapi sangat mudah membuat kuku Anda kehilangan kelembapannya dan menjadi kering serta rapuh. 

Selain penyebab yang memang berhubungan dengan genetik dan kondisi kesehatan seseorang, ternyata banyak juga kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu munculnya masalah kering. Apa saja itu? Cek kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat bagi kuku di bawah ini.

  1. Terlalu Banyak Memakai Handsanitizer 

Pada musim pandemic seperti ini, handsanitizer yang umumnya memiliki kandungan alkohol di atas 70 persen kerap menjadi andalan banyak orang untuk membersihkan tangan. Tanpa disadari, paparan alkohol dengan konsentrasi tinggi tersebut nyatanya sangat mudah mengambil kelembapan kulit maupun kuku dan membuat Anda mengalami kekeringan dan kerapuhan kuku. 

  1. Sering Mencuci Tangan 

Mungkin Anda mengira kucuran air bisa mehidrasi kulit dan kuku serta menjaga kelembapannya. Padahal jika kucurannya terlalu banyak dan sering, ancaman kulit dan kuku keringlah yang justru mengintai. Ditambah lagi jika Anda selalu menggunakan sabun antiseptik untuk mencuci tangan, peluang mengalami kulit dan kuku kering akan semakin besar.

  1. Mengelap Tangan Sehabis Mencuci 

Apa yang Anda lakukan setelah mencuci tangan? Umumnya orang-orang akan mengelap tangan sampai kering. Mulai kurangi kebiasaan tersebut apabila Anda tidak ingin mengalami kuku kering. Kebiasaan mengelap tangan akan membuat gerakan menggosok yang bisa mengikis pelembap alami pada kuku. 

  1. Memakai Kuteks 

Memakai kuteks memang bisa membuat kuku tampak cantik dan kepercayaan diri meningkat. Namun, tahukah Anda kebiasaan memakai kuteks justru dapat merusak kuku karena membuatnya kering dan rapuh? Ini karena banyaknya kandungan kimia pada kuteks. Selain itu ketika menghapus kuteks, Anda akan menggunakna alkohol yang akan membuat kulit semakin kering. 

  1. Terlalu Banyak Mengetik 

Terlalu banyak mengetik ternyata bisa membuat kuku kering! Ini terjadi jika kuku Anda terlalu panjang dan memicu gesekan ketika Anda sedang mengetik di ponsel maupun laptop. Jadi, biasakanlah memotong kuku apabila Anda memiliki kegiatan yang mengharuskan Anda untuk banyak berinterasi dengan tombol ponsel maupun laptop. Semakin panjang kuku Anda, semakin rentan Anda akan mengalami kekeringan dan kerapuhan kulit dari kebiasaan ini. 

  1. Malas Makan Daging 

Dari sisi kesehatan, kuku kering terjadi karena tubuh kekerungan zat besi maupun vitamin. Orang-orang yang anemia pun cenderung lebih muda mengalami kuku kering daripada yang tidak. Salah satu penyebab munculnya masalah kesehatan seperti anemia sendiri karena sedikitnya asupan protein, khususnya daging merah, yang Anda konsumsi.

  1. Menggigiti Kuku 

Banyak orang yang tidak sadar menggigiti kukunya ketika merasa gugup. Sebagian lain menggigiti kuku karena malas menggunting kuku menggunakan alat. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kuku. Ini memungkinkan iritasi terjadi sehingga membuat kuku menjadi kering dan rapuh. 

  1. Mencuci Tanpa Sarung Tangan 

Biasakanlah mencuci piring menggunakan sarung tangan. Ini untuk mencegah terpaparnya kuku dengan bahan kimia yang terlalu banyak. Orang-orang yang terbiasa mencuci piring tanpa perlindungan sarung tangan terbukti lebih sering mengalami masalah kuku kering. Anda tidak ingin seperti itu juga, bukan?

Mulai sekarang yuk mulai mengurangi kebiasaan yang menyebabkan kulit kering. Sebaliknya, Anda juga harus menjaga kelembapan kuku dengan memakai krim kuku untuk semakin meminimalkan potensi kuku kering. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *