7 Jenis Sponge dan Peruntukannya

Aplikator yang dapat Anda gunakan untuk memulaskan makeup secara merata di wajah bukan hanya brush atau kuas. Saat ini, penggunaan sponge pun tengah populer dijadikan pilihan sebagai aplikator perias wajah. Penggunaan sponge dianggap lebih simpel dan mampu menghasilkan tampilan riasan yang flawless. 

Apakah Anda termasuk orang yang mulai beralih ke sponge untuk merias? Selama ini, jenis sponge apa yang Anda gunakan. Sama seperti brush, jenis-jenis sponge ada banyak dengan fungsi yang memiliki keunggulan masing-masing. 

Berikut ini adalah beberapa jenis sponge yang paling umum dipakai. Jadi, selama ini Anda terbiasa memakai yang mana? 

  1. Beauty Blender Makeup Sponge 

Ini dia sponge yang paling banyak digunakan dengan popularitas paling tinggi. Beauty blender makeup sponge merupakan sponge yang sengaja dirancang untuk mengaplikasikan dan memadukan produk krim atau riasan cair apapun ke kulit. Hasil akhir dari penggunaan sponge jenis ini adalah tampilan yang halus dan tanpa pori. Sponge untuk makeup ini akan sangatr efektif digunakan untuk mengaplikasikan alas bedak, concealer, krim BB, serum, sampai pelembab.

  1. Wedge Shaped Makeup Sponge 

Wedge shaped makeup sponge merupakan jenis sponge lebih kecil dengan ukuran seperti biji. Kemampuan sponge ini dalam meratakan riasan tidak kalah dibandingkan beauty blender makeup sponge. Hanya saja, penggunaan wedge shaped makeup sponge lebih diarahkan untuk memperbaiki riasan yang dirasa kurang memuaskan. Dari segi bentuk sendiri, sponge riasan yang satu ini memiliki tepi dan bagian bawah yang rata. Dengan model tersebut, Anda dapat benar-benar menjangkau setiap tepi kontur wajah. 

  1. Pretty Puff Makeup Sponge 

Pelaku profesional kecantikan kerap menggunakan pretty puff makeup sponge untuk memulas wajah. Beberapa pendapat menyatakan, sponge yang berbentuk seperti tetesan air mata ini merupakan jenis sponge terbaik untuk merias. Model tetesan air mata bisa mempermudah menjangkau area wajah yang sulit diratakan. Sementara itu, tepi yang datar dari sponge ini berguna untuk menekan, menepuk, dan mendorong riasan ke dalam kulit. Sponge ini juga memiliki busa hidrofilik pancy yang mewah sehingga produk makeup benar-benar menempel di wajah Anda, bukan ke sponge.

  1. Contouring Sponge 

Jenis sponge ini ideal untuk membentuk dan menyorot. Sesuai namanya, contouring sponge memang ditujukan untuk membentuk kontur wajah agar lebih terlihat. Bentuk contouring sponge sangat mirip dengan beauty blender. Namun, model sponge ini memiliki sedikit robekan dengan bentuk keseluruhan yang menyerupai telur. 

  1. Sponge Silikon 

Jenis sponge ini cocok digunakan untuk perias amatir yang masih pemula. Sponge silikon berbentuk mirip sisipan bra silikon yang lentur. Jenis sponge ini biasanya berbentuk pipih dengan ujung membulat. Sponge silikon digunakan untuk mengaplikasikan alas bedak cair atau krim. Keunggulan dari jenis sponge ini adalah kemampuannya untuk tidak menyerap satu gram pun produk kecantikan idaman Anda. Apa artinya? Tidak ada produk yang terbuang. 

  1. Sponge Mikrofiber 

Sponge mikrofiber memiliki keunggulan dari sisi tektur. Ketika mengaplikasikan makeup menggunakan sponge ini, sapuannya akan terasa sangat lembut di kulit. Jenis sponge mickofiber cocok untuk mengaplikasikan produk makeup berbentuk bubuk, seperti bedak tabur. Bahkan sponge jenis ini lebih efektif diandingkan Anda menggunakan brush.

  1.  Cellulose Cleansing Sponge 

Lupakan cara jadul biasa untuk membersihkan kulit Anda dengan busa wajah dan scrub. Selain untuk meratakan makeup, ada pula sponge yang khusus untuk membersihkan. Cellulose cleansing sponge berasal dari pulp tumbuhan alami. Sponge ini ini lembut dan dapat digunakan dari kedua sisi. Mereka digunakan untuk membersihkan riasan dan juga membersihkan kulit secara mendalam.

Dari macam-macam jenis sponge di atas, model apa saja yang Anda miliki? Yuk, lengkapi koleksi sponge Anda supaya proses merias semakin mudah dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *