Apakah Mie Shirataki Bisa Digunakan untuk Diet?

Mie Shirataki

Berbagai jenis mie dijual di pasaran, namun sudahkah pernah mendengar atau mengetahui mie shirataki? salah satu jenis mie yang khas dengan warna putih agak bening. Mie ini diklaim bisa membantu dan mendukung program diet penurunan berat badan, dan karena klaim tersebut banyak orang yang penasaran mencari tahu kebenarannya.

Mie jenis ini terbuat dari akar tanaman konjac atau konyaku yang umumnya tumbuh di Jepang, China dan beberapa negara di Asia Tenggara. Selain diolah menjadi mi, akar tanaman ini juga kerap dibuat menjadi tahu, makanan ringan, makanan pengganti nasi hingga obat-obatan tradisional. Lantas bagaimana kebenaran mengenai fungsinya sebagai berat badan.

Fakta Mie Shirataki

Sempat menyerupai bihun, warna mie ini cenderung putih bening dengan tekstur yang kenyal saat sudah direbus. Mie jenis ini kerap disebut dengan mie ajaib karena dipercaya dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh. Fakta mengenai mie ini yakni dapat digunakan untuk menurunkan berat badan alias untuk diet.

Hal ini karena akar tanaman konjac kaya akan kandungan glukomanan, yang merupakan serat makanan alamie yang dapat menyerap air dalam jumlah besar. Dalam sebuah penelitian, konsumsi glukomanan selama 4 sampai 8 minggu telah terbukti dapat menurunkan sekitar 1,5 -2,5 kg berat badan.

Meski demikian, dalam penelitian ini responden tidak mengonsumsi glukosamin dalam bentuk mie ini, melainkan suplemen. Mie ini hanya terdiri dari 97 persen air dan tiga persen sehingga membuat mie ini sangat rendah kalori. Glukomanan dapat menghambat proses pencemaran makanan di dalam tubuh, sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama.

Glukomanan juga dapat menurunkan kadar hormon ghrelin, hormon yang bertugas untuk mengirimkan sinyal lapar ke otak. Sehingga nafsu makan bisa berkurang, tak heran bila mie ini dijuluki mie ajaib bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. 

Manfaat Lain

Di samping membantu menurunkan berat badan, mie jenis ini juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu terdapat beberapa manfaat lain ketika mengonsumsi mie ini tentunya secara aturan yang tepat dan rutin, berikut manfaat lain tersebut.

  1. Kadar Gula Darah

Mengandung sedikit karbohidrat sederhana yang sering kali menjadi pantangan bagi penderita diabetes, glukoman dalam mie ini akan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat dari makanan lain, sehingga mencegah kenaikan kadar darah.

  1. Kadar Kolesterol

Glukoman meningkatkan pembuangan kolesterol lewat tinja, sehingga kolesterol yang diserap kembali ke aliran darah menjadi lebih sedikit. Beberapa penelitan menyatakan bahwa glukomanan mampu menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 16 mg/dL dan trigliserida sebanyak 11 mg/dL.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Massalah pencernaan tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, untuk mengatasi kondisi ini mie shirataki bisa dimanfaatkan. Glukomanan pada mie ini dapat bertindak sebagai prebiotik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, menjaga keseimbangan bakteri baik, usus akan senantiasa terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

Bagi yang sedang berjuang menurunkan berat badan dan memiliki berat badan ideal, seseorang bisa rutin mengonsumsi mie ini. Selain dalam bentuk mie, shirataki juga bisa ditemukan dalam bentuk nasi. Di samping itu, seseorang juga tetap membutuhkan konsumsi makanan bergizi lainnya, terutama sumber protein.

Selain itu juga harus rutin melakukan olahraga, perbanyak minum air putih, beristirahat dengan cukup serta membatasi konsumsi makanan cepat saji dan berhenti minuman beralkohol. Sehingga khasiat mie ini dalam menurunkan berat badan bisa didapat secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *