Apakah Wardah Blush On Cocok untuk Kulit Sensitif?

Apakah Wardah blush on cocok untuk kulit sensitif? Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang cukup unik, karena tidak semua bahan produk dapat digunakan pada kulit tersebut. 

Sehingga, bagi pemiliknya pasti harus memilih makeup yang sesuai dengan jenis kulitnya agar mengurangi risiko terjadinya efek samping. 

Wardah Blush On, cocok untuk kulit sensitif?

Perusahaan kosmetik dan perawatan kulit Wardah mengeluarkan banyak sekali jenis produk dengan berbagai kandungan alami dan juga bersertifikat halal. Salah satunya adalah Wardah blush on yang memiliki banyak seri yang dapat disesuaikan dengan warna kulit Anda.

Beberapa jenis blush on dari Wardah kini banyak diminati, sebut saja Wardah Blush on Seri A yang memiliki tone kombinasi warna cokelat dan coral yang cocok bagi pemilik kulit wajah sawo matang yang cukup umum di Indonesia.

Sayangnya, pihak Wardah belum memberi keterangan apakah produk tersebut aman untuk kulit sensitif. Namun beberapa blogger kecantikan menyebut bahwa Wardah blush on cenderung aman untuk digunakan pada kulit sensitif karena memiliki kandungan microcoated particle. 

Risiko penggunaan blush on pada kulit sensitif

Ada banyak alasan mengapa banyak pemilik kulit sensitif sangat terlihat pilih-pilih soal urusan produk makeup dan perawatan kulit wajah, termasuk saat akan menggunakan Wardah blush on tersebut.

Blush on atau perona pipi memang memberikan complexion yang bagus pada riasan wajah kita, namun pada kulit yang sensitif dan rentan berjerawat justru bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, dan bahkan breakout. 

Tapi tidak serta-merta karena memiliki kulit sensitif maka Anda harus melewatkan penggunaan blush on. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat tetap menggunakannya, salah satunya memilih produk blush on yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif.

Tips menggunakan makeup pada kulit sensitif

Agar pemilik kulit sensitif tetap dapat menggunakan blush on dan produk makeup lainnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Kenali jenis kulit sensitif apa yang dimiliki

Kulit sensitif ada tiga jenis berbeda, dan tentu saja tiap jenis memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. Ketiganya antara lain sensitif alami, kulit reaktif, dan rentan berjerawat. 

Penyebabnya juga berbeda-beda, ada yang secara alami memang lahir dengan kondisi kulit sensitif, ada juga yang dipengaruhi oleh penggunaan produk tertentu, atau karena reaksi cuaca serta makanan.

Sangat penting untuk mengenali jenis kulit sensitif apa yang Anda miliki untuk dapat mengetahui produk mana yang akan cocok untuk Anda gunakan. 

2. Selalu perhatikan bahan yang terkandung

Tidak semua riasan menampilkan label aman bagi kulit sensitif, oleh karena itu Anda harus memahami kandungan yang terdapat di dalamnya. Bila ada yang berpotensi memicu reaksi pada kulit, maka sebaiknya hindari penggunaan produk tersebut.

Salah satu bahan yang paling penting untuk dihindari adalah pewangi/parfum/fragrance, yang tentunya sudah dikenal baik oleh para pemilik kulit sensitif sebagai mengiritasi kulit sensitif. Bahan lainnya, seperti alkohol pengering, ekstrak citrus dan witch hazel, serta minyak esensial. 

Kemudian pengawet bernama methylisothiazolinone dan methylcholorisothiazoline serta bahan tabir surya sintetis bernama avobenzone dan octinoxate.

3. Selalu persiapkan wajah sebelum pakai makeup

Menggunakan makeup tidak lepas dengan persiapan yang baik, termasuk juga pada pemilik kulit sensitif. Dengan melakukan persiapan, Anda dapat memastikan makeup akan diaplikasikan dengan baik.

Persiapan bagi pemilik kulit sensitif sebenarnya tidak jauh beda dengan jenis kulit lainnya, yakni mencuci wajah dengan sabun khusus, menggunakan pelembap, dilanjutkan dengan primer. Tidak perlu menghindari penggunaan foundation, namun tetap perhatikan cara pengaplikasiannya agar tidak menimbulkan risiko. 

4. Perhatikan cara mengaplikasikan makeup

Mengaplikasikan makeup dengan benar dan baik adalah langkah penting dalam menjaga kulit sensitif Anda. Kunci terbaik adalah mengaplikasikannya tidak terlalu tebal di kulit wajah.

Selain itu, pastikan alat-alat yang digunakan seperti beauty blender dan brush tetap bersih setiap kali Anda mengaplikaskan makeup. 

5. Tutup dengan setting spray

Langkah kecil namun penting untuk tidak dilewatkan, adalah menggunakan setting spray di akhir riasan Anda. Tidak hanya membuat makeup bertahan lama, namun juga membuat wajah Anda berkilau sehat ketika diaplikasikan dengan benar.

Untuk kulit sensitif, sebaiknya gunakan setting spray dengan bahan yang alami untuk memberikan kilau alami. Juga dengan bahan yang lebih ramah untuk kulit Anda.

6. Jangan lupa membersihkan wajah sebelum tidur

Tidak lengkap jika melewatkan rutinitas malam hari, di mana tentunya Anda harus menghapus seluruh makeup Anda secara menyeluruh. Jangan pernah tidur dalam kondisi sedang menggunakan makeup atau tidak membersihkannya secara menyeluruh karena bisa menyebabkan kemerahan, kulit mengelupas, dan pori-pori tersumbat.

Untuk rutinitas malam hari, Anda bisa menggunakan metode yang lebih kompleks dibandingkan saat di pagi hari. Dengan begitu kulit Anda akan terlindungi secara maksimal dan beregenerasi dengan baik ketika Anda tidur.

Dengan mengenali jenis kulit Anda, tentu akan sangat mudah untuk memilih blush on yang tepat. Makeup seperti Wardah blush on, sebaiknya menjadi cara untuk mengetahui kondisi kulit Anda dan merawatnya dengan nyaman. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *