Bagaimana Cara Mencegah Radang Secara Alami Tanpa Dexclosan?

Hampir semua orang pasti menderita radang pernapasan, dan hal tersebut sungguh mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga Anda perlu minum Dexclosan.

Akan tetapi Dexclosan sendiri adalah obat keras yang penggunaan resepnya harus sesuai ketentuan medis dan diawasi oleh tenaga kesehatan karena dampak negatif yang ditimbulkannya jika digunakan sembarangan.

Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan bahan alami atau melakukan pencegahan sebelum terkena radang.

Dexclosan tablet untuk mengatasi alergi yang memerlukan terapi dengan obat kortikosteroid

Anda bisa melakukan pencegahan-pencegahan sebagai berikut:

  • Perbanyak minum cairan terutama air hangat. Jika pada anak segera berikan ASI secukupnya hingga 2 tahun
  • Jauhi diri dari asap rokok
  • Lakukan vaksinasi sebagai cara paling efektif
  • Cuci tangan menggunakan sabun
  • Cegah polusi di lingkungan rumah tangga
  • Untuk ibu hamil segera lakukan pencegahan HIV yang bisa berakibat ISPA dan memengaruhi janin
  • Pilih obat yang aman dan sudah teruji secara klinis serta memiliki izin edar resmi dari BPOM
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Konsumsi vitamin C
  • Olahraga teratur
  • Istirahat yang cukup

Selain mencegah berikut adalah bahan-bahan alami di rumah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati radang tanpa harus mengonsumsi Dexclosan.

Air Garam

Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Sebuah studi menyatakan  bahwa berkumur dengan air garam mampu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam. 

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Namun ingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

Cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan.

Madu

Bahan alami yang satu ini juga mudah didapat. Anda bisa mencampurnya dengan teh atau diminum langsung.

Madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Berdasarkan sebuah studi pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), madu mempunyai efektivitas dalam meredakan batuk. Karena khasiatnya ini, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan antibakteri dalam bentuk senyawa bernama allicin yang dilepaskan saat dihancurkan.

Sehingga cara terbaik dan efektif untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan adalah dengan mengunyahnya langsung.

Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menghisapnya selama 15 menit.

Jika tidak sanggup untuk memakannya secara mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus.

Sup Ayam Hangat

Sup ayam hangat bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Menikmati sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat mengingat makanan ini mudah ditelan meski tenggorokan sakit sekalipun.

Dengan mengonsumsi makanan cair, seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat tetap terpenuhi, sekaligus mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

Teh hangat

Teh hangat dari jenis apa pun, baik herbal maupun non herba dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Salah satunya  karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. 

Supaya optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh sehingga tenggorokan sembuh dari sakit.

Akar manis 

Nama populernya adalah Licorice. Obat alami satu ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lendir sehingga dapat melegakan saluran pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan akar manis ke dalam teh hangat.

Namun perlu diingat, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan licorice sebagai obat alami pengganti Dexclosan karena dikhawatirkan dapat berdampak pada bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *