Bayi 6 Bulan Susah Makan

Bayi 6 Bulan Susah Makan

Mencapai usia 6 bulan, seharusnya bayi sudah mulai mengenal makanan padat atau yang dikenal dengan istilah MPASI. Namun, bagaimana jika bayi 6 bulan susah makan?

Usia 6 bulan adalah titik perkembangan penting bagi si bayi, khususnya dalam perkembangan konsumsi makanan mereka. Di usia ini, bayi mulai belajar mengonsumsi makanan bertekstur.

Artinya, seharusnya si kecil makan dengan lahap dan banyak di usia ini. Lalu, apa tanda-tanda bayi 6 bulan susah makan dan bagaimana mengatasinya?

Makanan apa yang bisa diberikan untuk bayi 6 bulan?

Penting untuk dipahami bahwa di usia 6 bulan, ASI atau susu formula masih jadi sumber nutrisi utama untuk si bayi. MPASI memang sudah boleh diberikan, tapi perannya hanya sebagai suplemen.

Biasanya makanan pertama bayi berupa sereal, lalu beranjak ke makanan lunak seperti puree (MPASI). Namun, sebisa mungkin berikan sereal bayi terlebih dahulu.

Sereal mengandung zat besi tinggi yang dibutuhkan bayi di usia ini. Selain itu, sereal bisa jadi jembatan yang bagus dari ASI atau susu formula menuju MPASI.

  • Jangan campurkan ASI dengan sereal bayi pada beberapa percobaan pertama.
  • ASI Anda terlalu berharga, jadi coba campurkan sereal dengan air hangat biasa.
  • Ketika bayi terbukti bisa makan sereal, baru campurkanlah ASI di dalamnya
  • Awalnya buat sereal sedikit cair, jika bayi bisa menerimanya, kentalkan sereal secara bertahap sampai mencapai konsistensi seperti oatmeal
  • Berikan sereal sedikit-sedikit. Ketika bayi Anda tampak lahap, tambah porsinya
  • Ketika bayi bisa mengonsumsi sereal rutin sehari sekali dalam sepakan, tingkatkan jadi dua kali sehari selama 1-2 pekan
  • Setelah bayi terbiasa makan sereal 2 kali sehari dalam 2 pekan, Anda bisa meningkatkannya jadi MPASI
  • Sayuran kuning atau oranye bagus untuk bayi, Anda bisa juga memberikan pisang atau alpukat
  • Ketika Anda mengenalkan makanan baru yang ditolak si bayi, coba berikan dalam tiga hari beruntun sebelum menggantinya

Jika Anda merasa bayi 6 bulan susah makan, coba ikuti tips di atas untuk membentuk pola makan si kecil.

Makanan apa saja yang harus dihindari bayi 6 bulan?

Saat sudah mencapai usia 6 bulan, seharusnya bayi sudah lebih bebas mengonsumsi makanan. Hanya sedikit makanan yang harus dihindari seperti:

  • Madu

Madu dapat membuat bayi keracunan makanan. Tunggu hingga usia 12 bulan jika ingin memberikan madu untuk anak Anda.

  • Susu sapi

Bayi seharusnya belum boleh minum susu sapi di usia 6 bulan. Namun, begitu konsumsi MPASI mereka lancar, Anda bisa memberikan yoghurt atau keju lunak.

  • Bahaya tersedak

Anda bisa memberikan berbagai jenis MPASI, termasuk wortel yang dilembutkan dan dimasak. Namun, jangan sampai memberikan wortel dalam potongan besar yang bisa membuat bayi tersedak.

  • Batasi konsumsi ikan

Jangan sembarangan memberikan ikan, khususnya yang mengandung merkuri tinggi. Konsultasi dengan dokter anak untuk memilih jenis ikan yang aman.

Bagaimana jadwal makan bayi 6 bulan?

American Association of Pediatrics merekomendasikan usia 6 bulan sebagai usia yang tepat untuk memulai MPASI. Meski begitu, kemungkinan bayi 6 bulan susah makan tetap ada.

Jika Anda mulai memberikan MPASI terlalu awal, bisa jadi si bayi akan meninggalkan ASI dan dampaknya tidak baik bagi ASI Anda. Selain itu, bayi tidak bisa mendapatkan pasokan protein, lemak, dan nutrisi lain yang terdapat di ASI.

Di sisi lain, jika terlambat memberikan MPASI, bisa jadi ada masalah makan lainnya yang akan terjadi. Anda harus mengenali si kecil untuk menentukan kesempatan ini.

Yang paling penting, Anda tidak boleh terburu-buru memberikan MPASI untuk si bayi. MPASI harus diberikan secara bertahap, dibarengi dengan ASI atau susu formula, dan biasanya diawali dengan sereal bayi.

Di usia 6 bulan, bayi mungkin masih mengonsumsi ASI atau susu formula 6-8 kali sehari. Berikut jadwal makan bayi 6 bulan sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

06.00-07.00: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

09.00-10.00: Puree buah, sebanyak 2-3 sendok makan.

12.00-12.30: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

14.00-15.00: Puree buah, sebanyak 2-3 sendok makan.

17.30-18.00: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

20.00-21.00: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

Catatan

Kecuali alasan yang kuat, jangan berikan jus buah untuk bayi 6 bulan. Bahkan jus murni 100% pun mengandung banyak gula.

Anda menyadari bahwa di usia 6 bulan tidak banyak larangan makanan. Seharusnya ini memudahkan Anda untuk memberi makan si bayi.

Namun, jika Anda merasa bayi 6 bulan masih susah makan, segera hubungi dokter anak untuk pengecekan sepenuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *