Berkenalan dengan De Quervain Syndrome, Nyeri Pada Ibu Jari

Apakah anda pernah merasakan nyeri pada ibu jari dan pergelangan tangan? Jika iya bisa jadi anda menderita penyakit De Quervain Syndrome. Lalu apa sebenarnya penyakit ini dan apakah berbahaya untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya tentang informasi penyakit ini, pastikan perhatikan ulasan berikut:

Pengertian Penyakit De Quervain Syndrome

De Quervain Syndrome atau dikenal juga dengan Tenosynovitis De Quervain merupakan kondisi nyeri yang terjadi pada sisi ibu jari dan pergelangan tangan. Gejalanya antara lain munculnya rasa sakit dan nyeri ketika memutar pergelangan tangan atau saat menggenggam.

Penyakit ini dapat terjadi ketika selubung tendon di pangkal ibu jari mengalami peradangan. Tendon sendiri merupakan jaringan ikat yang menghubungkan antara otot dan tulang yang berfungsi untuk memudahkan tulang saat bergerak. Saat mengalami peradangan, tendon akan membengkak dan menimbulkan rasa sakit ketika digerakkan.

Faktor Risiko Penyakit De Quervain Syndrome

Sampai saat ini, penyebab utama dari penyakit De Quervain belum diketahui secara pasti. Akan tetapi ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit pada ibu jari dan pergelangan tangan ini. Semua aktivitas yang menggunakan gerakan tangan atau pergelangan tangan yang dilakukan secara berulang bisa memperburuk gejala penyakit ini. 

Beberapa aktivitas yang bisa menjadi meningkatkan risiko penyakit  ini antara lain seperti bermain golf, olahraga raket, sampai berkebun. Aktivitas seperti ini bisa memicu dan memperburuk gejala penyakit tersebut.

Tidak hanya itu, orang yang memiliki cedera langsung pada pergelangan tangan atau tendon juga memiliki risiko mengalami penyakit De Quervain Syndrome. Orang yang memiliki riwayat peradangan seperti rheumatoid arthritis juga berisiko menderita penyakit De Quervain.

Cara Mengatasi Penyakit De Quervain Syndrome

Cara mengatasi dan mengobati penyakit De Quervain tergantung dari tingkat peradangan yang dialami oleh pasien. Pada dasarnya, pengobatan penyakit ini bertujuan untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa nyeri pada pergelangan tangan sekaligus mencegahnya untuk kambuh kembali.

Pengobatan penyakit De Quervain akan berjalan dengan lebih optimal jika anda melakukan pengobatan lebih awal. Ada beberapa jenis pengobatan yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini antara lain seperti berikut :

  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi peradangan
  • Memberikan suntikan steroid ke selubung yang melindungi tendon
  • Memasang balet atau bidai untuk mengurangi gerakan pada area ibu jari  dan pergelangan tangan selama 4 – 6 minggu
  • Melakukan terapi fisik untuk membuat otot jari dan pergelangan tangan lebih rileks
  • Melakukan tindakan operasi jika gejala yang dirasakan sudah cukup parah sehingga tidak bisa diatasi dengan cara di atas

Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, penyakit De Quervain Syndrome juga bisa diredakan dengan dengan perawatan yang dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa perawatan rumahan yang bisa digunakan untuk meredakan penyakit tersebut :

  • Kompres dengan air dingin pada area yang mengalami peradangan
  • Mengurangi kegiatan yang bisa memperburuk kondisi pergelangan tangan serta nyeri pada ibu jari
  • Menggunakan bidai sesuai anjuran dokter
  • Melakukan latihan pergerakan tangan ringan secara rutin

Meskipun terlihat sepele, nyeri pada area ibu jari dan pergelangan tangan bisa berbahaya jika tidak segera ditangani dengan tepat. Jika anda merasakan gejala penyakit De Quervain Syndrome seperti di atas, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan keadaan dan mendapatkan penganan terbaik sebelum penyakit menjadi lebih parah. Yang terpenting, batasi aktivitas yang bisa membuat ibu jari dan pergelangan tangan anda menjadi bermasalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *