Cara Memilih Sampo Bayi yang Tepat untuk Anak

Memiliki bayi membutuhkan banyak usaha untuk mempersiapkan banyak hal. Ada banyak produk perawatan tubuh yang khusus diperlukan oleh bayi. Hal ini karena bayi masih memiliki jenis kulit yang tipis dan sensitif. Oleh karena itu, dalam memilih produk perawatan tubuh harus hati-hati agar mendapatkan produk yang tepat dan bermanfaat untuk bayi, salah satunya adalah sampo bayi.

Pertimbangan Memilih Sampo Bayi

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diketahui ketika memilih sampo bayi yang tepat untuk anak Anda, seperti berikut ini.

Kondisi Kulit

Faktor pertama yang harus diperhatikan ketika akan membeli produk sampo bayi adalah dengan mengetahui kondisi kulit bayi. Bayi baru lahir pada umumnya memiliki kulit yang paling sehat dan sempurna. Karena itu, pastikan memilih sampo bayi yang alami atau senatural mungkin. Namun, ada beberapa kasus di mana ada faktor genetik yang berperan, contohnya mengetahui ketika bayi Anda mewarisi beberapa kondisi kulit yang umum di keluarga, contohnya eksim.Jika bayi memiliki kulit kering dan eksim, Anda dapat memilih sampo bayi biasa dengan salep pelembap.

Bebas Alkohol

Selalu pastikan bahwa sampo bayi yang Anda pilih bebas dari kandungan alkohol. Sampo dewasa biasanya terasa sangat menyegarkan setelah digunakan dan cepat kering. Alasan mengapa sampo pada orang dewasa cepat membuat kering adalah karena adanya unsur alkohol. Kandungan alkohol ini tidak cocok untuk kulit bayi karena dapat menimbulkan kekeringan pada kulit dan memperburuk kesehatan kulit.

Produk untuk bayi pada umumnya tidak boleh mengandung alkohol, meskipun beberapa produk ada yang masih menggunakan alkohol. Kulit bayi belum sepenuhnya berkembang untuk beradaptasi apalagi terhadap paparan alkohol.Oleh karena itu, pastikan sampo bayi tidak mengandung alkohol atau setidaknya persentase alkoholnya kecil sehingga tidak berpengaruh besar pada cara kerja sampo.

pH Netral

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sampo bayi adalah tingkat pH sampo. Pastikan sampo bayi tidak bersifat asam atau basa. Oleh karena itu, pilihlah untuk membeli sampo bayi yang memiliki pH netral. pH netral artinya range pada skala asam basa adalah pH 7. Bila pH berkisar antara 1 sampai 6 maka sampo bayi tersebut bersifat asam, sedangkan ketika pH 8 sampai 14 maka bersifat basa.

Kulit bayi biasanya mendekati pH 7 dalam keadaan normal. Oleh karena itu, sebaiknya tetap jaga kesehatan kulit bayi Anda agar tidak menyebabkan timbulnya kondisi aneh yang akan mengubah kesehatan kulit bayi. Sampo yang basa dan asam dengan kadar yang ekstrim juga dapat menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi dan lecet. 

Parfum

Kandungan parfum merupakan salah satu pertimbangan penting ketika Anda akan membeli sampo bayi. Pastikan sampo bayi yang Anda pilih bebas dari bahan pewangi. Pewangi yang terkandung dalam berbagai produk perawatan kulit bayi dapat mengandung unsur berbahaya yang dapat menimbulkan masalah pada kulit bayi Anda. Hal ini karena kebanyakan orang tua ingin bayi mereka memiliki bau atau wangi yang manis, jadi pada umumnya mereka menggunakan sampo bayi dengan wewangian alami.

Untuk Anda yang bingung memilih sampo bayi, Anda bisa mencoba Pure Baby Shampoo Freshy. Sampo bayi ini dapat menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala bayi. Tak hanya itu, sampo bayi ini telah diformulasikan khusus tanpa tambahan SLS (sodium lauryl sulphate) dan sudah teruji hypoallergenic. Dengan kandungan kemiri, seledri dan aloe vera, sampo bayi ini membantu rambut bayi menjadi halus, lembut, lebat dan tetap sehat. Anda bisa mendapatkan sampo bayi ini dengan harga Rp 45.091 untuk kemasan isi 230 ml.

Sampo bayi sangat beragam dan pada umumnya memiliki aroma yang manis dan menyenangkan. Untuk menghindari timbulnya iritasi pada kulit bayi, Anda harus tetap memilih sampo bayi yang tidak mengandung bahan penyebab alergi seperti paraben dan ftalat, formaldehida, parfum yang mengiritasi, pewarna, sulfat dan alkohol. Ketika digunakan, jangan lupa untuk menjauhkan sampo bayi dari mata bayi karena matanya sangat sensitif. Anda juga bisa memilih sampo bayi yang memiliki formula tidak perih di mata, atau dengan memiringkan kepala si kecil ketika membilas sampo dari kepalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *