Ceteme Cito Tablet, Obat Antihistamin untuk Atasi Alergi

Salah satu jenis obat yang paling efektif untuk mengatasi reaksi alergi adalah antihistamin. Antihistamin merupakan obat yang memblokir histamin, yaitu zat kimia yang diproduksi tubuh saat Anda mengalami alergi. Obat antihistamin yang bisa Anda coba adalah Ceteme Cito. 

Obat ini hadir dalam bentuk tablet. Sebagai golongan obat jenis antihistamin, obat ini terbukti efektif untuk meredakan gejala alergi, baik itu bersin-bersin, hidung tersumbat, mata berair, maupun kulit gatal-gatal.

Perhatian saat menggunakan Ceteme Cito

Obat alergi yang satu ini bisa digunakan oleh penderita dewasa maupun anak-anak. Akan tetapi, pastikan Anda menggunakan obat dengan cara yang bijak. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengonsumsi obat ini:

  • Dosis pemakaian

Meskipun bisa diberikan pada penderita dewasa maupun anak-anak, dosisnya tentu berbeda. Untuk dewasa, dosis yang dianjurkan adalah 1 tablet setiap 3-4 kali dalam sehari. 

Sementara, dosis untuk anak-anak juga dibedakan menjadi dosis anak-anak usia lebih dewasa serta yang berusia lebih muda. Bagi anak usia 2-6 tahun, dosis yang dianjurkan adalah ¼ tablet setiap 3-4 kali dalam sehari.

Kemudian, untuk anak-anak usia 6-12 tahun, dosisnya adalah ½ tablet setiap 3-4 kali dalam sehari. Anak berusia di atas 12 tahun bisa mengonsumsi obat ini mengikuti dosis untuk orang dewasa.

  • Risiko efek samping

Sama seperti obat lain pada umumnya, obat Ceteme Cito juga memiliki risiko efek samping. Hanya saja, efek samping ini cenderung ringan dan bisa membaik dengan sendirinya.

Efek samping utama dari penggunaan obat ini adalah mulut kering. Selain itu, obat ini juga bisa membuat Anda merasa mengantuk dan pandangan menjadi kabur.

Oleh sebab itu, pengguna tidak dianjurkan untuk berkendara setelah mengonsumsi obat alergi ini. 

  • Cara penyimpanan

Selain cara penggunaan, cara penyimpanan obat pun harus Anda perhatikan. Cara penyimpanan yang keliru akan berdampak pada kualitas obat. 

Pastikan Anda menyimpan obat Ceteme Cito di tempat yang sejuk dan kering. Jangan simpan obat di area rumah yang mudah terjangkau oleh cahaya matahari. 

Jauhkan juga obat ini dari jangkauan anak-anak. Hal ini penting agar menghindari kemungkinan anak menemukan obat secara tidak sengaja dan menyalahgunakannya. 

Bagaimana obat antihistamin bekerja?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, antihistamin bekerja dengan memblokir histamin. Histamin ini merupakan kandungan kimiawi yang diproduksi secara alami oleh tubuh ketika terpapar oleh alergen atau pemicu alergi. 

Pemicu alergen ini bisa berbeda-beda pada setiap penderita. Bisa saja, tubuh seseorang membentuk histamin saat terpapar oleh debu tungau atau serbuk sari. Namun, selain kedua hal itu, bisa juga ada zat-zat lain yang memicu alergi. 

Ketika tubuh memproduksi histamin, Anda rentan mengalami pembengkakan di saluran pernapasan. Inilah yang membuat Anda mengalami hidung tersumbat serta bersin-bersin. Ditambah lagi, muncul reaksi alergi lainnya akibat tekanan dari histamin, seperti gatal-gatal di mulut atau kulit. 

Mengonsumsi obat antihistamin seperti Ceteme Cito bisa membantu memblokir produksi histamin tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan merasakan reaksi alergi. 

Perlu diperhatikan, obat ini tidak dianjurkan bagi Anda yang mengalami hipersensitif terhadap kandungan tertentu di dalam obat. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda memperhatikan daftar komposisi yang tertera di label kemasan obat.

Untuk memastikan Anda mengonsumsi obat Ceteme Cito dengan cara yang aman, Anda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *