Fakta dan Efek Samping Skim Milk

Meski rendah lemak, nutrisi skim milk lebih rendah dibandingkan dengan susu murni

Skim milk merupakan produk susu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan kalori dan lemak melalui diet yang Anda terapkan.

Susu ini termasuk jenis rendah lemak serta mengandung protein yang tinggi namun rendah kalori dan lemak sehingga aman dikonsumsi.

Adapun manfaat dari susu skim ini adalah bisa mengatur dan mengendalikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, mampu membentuk otot lebih cepat daripada susu kedelai, sumber karbohidrat yang tepat meski rendah kalori, serta mampu menyehatkan jantung.

Susu skim ini pun dalam kehidupan sehari-hari kerap disamakan dengan low fat karena berasal dari jenis yang sama.

Meski begitu ternyata terdapat perbedaan di antara keduanya seperti dari kandungan lemak dan tekstur.

Perlu diketahui bahwa kandungan lemak low fat ternyata masih lebih tinggi daripada susu skim. Begitu juga dengan tekstur low fat yang masih creamy.

Nah, dari sekian manfaat tersebut ternyata susu skim juga mempunyai dampak negatif atau efek samping. Apa saja itu? Simak di bawah ini!

Vitamin sulit larut dalam air 

Inilah efek samping pertama dari susu skim. Kenyataannya tubuh sangat membutuhkan vitamin yang berfungsi untuk mengenalkan tubuh dari beragam macam serangan penyakit.

Vitamin juga berperan penting dalam perkembangan tulang dan gigi, dan perawatan kulit. Tentu saja Anda akan sangat kerepotan jika kekurangan vitamin dalam tubuh hanya karena susu skim mencegah pelarutan tersebut.

Karena itu, sebelum membeli pertimbangkan terlebih dahulu produk ini sebab kekurangan vitamin dalam lemak sangat berdampak negatif terutama di masa pertumbuhan.

Mengandung zat berbahaya

Kadar lemak yang diturunkan dan dihilangkan dalam susu skim sebenarnya tidak selamanya baik.

Hal ini karena lemak yang dijadikan bubuk tersebut menggunakan kolesterol teroksidasi dan karsinogen saat dibuat.

Kolestrol yang sudah dioksidasi bisa membuat plak di pembuluh darah arteri menumpuk sementara itu lemak pada susu murni bisa dianggap lebih bagus karena berfungsi sebagai antioksidan.

Adanya gula perasa dan tambahan

Tanpa disadari skim milk karena rasanya yang hambar akibat penghilangan lemak tentunya membuatnya bisa jadi kurang disukai konsumen.

Akibatnya, untuk mengakali hal tersebut banyak produsen susu menambahkan gula supaya susu ini tetap mempunyai rasa.

Hal yang demikian akan membuat kandungan kalori dalam susu malah semakin lebih tinggi daripada susu biasa, dan hal ini bisa menyebabkan naiknya kolesterol.

Kurang mengenyangkan

Anda mungkin berharap dengan mengonsumsi susu skim bisa membuat Anda kenyang begitu lama sehingga Anda tidak akan berupaya menyantap makanan lagi.

Namun itu salah besar sebab pengurangan dan penghilangan lemak pada susu skim malah membuat Anda kurang kenyang, dan akibatnya Anda ingin makan lagi dan lagi.

Ini karena lemak sendiri yang mengandung hormon koleksitokinin yang bisa menyebabkan rasa kenyang setelah meminum.

Jika rasa kurang kenyang dibiarkan terus-menerus sehingga Anda ingin menyantap tanpa henti hal yang demikian akan membuat berat badan Anda naik tiba-tiba.

Menimbulkan efek yo-yo pada diet

Efek samping yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa susu skim bisa menimbulkan efek yo-yo bagi Anda yang sedang diet.

Ini karena efek dari konsumsi berlebihan yang awalnya berat badan Anda berkurang lalu naik karena sudah bosan.

Menambah gula darah

Penting bagi diabetasi atau orang-orang yang rawan diabetes untuk tidak mengonsumsi skim milk karena bisa menambah gula darah akibat adanya gula tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *