Fakta Seputar Bayi Tujuh Bulan

Fakta Seputar Bayi Tujuh Bulan

Melihat perkembangan dan pertumbuhan buah hati merupakan momen yang dinanti oleh para orang tua. Tentu saja, orang tua ingin anaknya mendapatkan yang terbaik agar perkembangannya menjadi lebih optimal dan maksimal. Penting untuk selalu diingat bahwa setiap anak memiliki keunikannya sendiri dan berkembang dalam lajunya masing-masing. Mungkin dalam beberapa kasus perkembangan anak Anda tampak “tertinggal” dibandingkan dengan anak lain. Hal ini tidak perlu menyebabkan kekhawatiran. Anda hanya perlu tahu “milestone” apa yang anak perlu capai pada usia-usia tertentu. Apabila Anda sedang mencari tahu informasi seputar seharusnya seorang anak bisa melakukan apa saja saat usia bayi tujuh bulan, artikel ini akan menjawab rasa ingin tahu Anda. 

Yang perlu Anda tahu seputar bayi tujuh bulan

Saat usia bayi tujuh bulan, Anda mungkin akan melihat anak banyak bergerak saat ia digendong, merespon saat dipanggil namanya, duduk tegak tanpa bantuan, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain, dan mulai mengembangkan kesadaran akan lingkungan di sekitarnya. Dengan banyaknya keterampilan baru tersebut, Anda juga akan melihat bahwa bayi tujuh bulan lebih gesit dan giat. Bayi tujuh bulan biasanya juga lebih sadar dengan lingkungan sekitar dan sering menunjukkan tanda-tanda kecemasan saat berpisah dengan orang tua. 

Sementara itu, apabila kita membicarakan tentang pertumbuhan fisik bayi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rata-rata bayi tujuh bulan berjenis kelamin laki-laki akan memiliki tinggi 69,2 cm, sementara bayi perempuan usia 7 bulan memiliki rata-rata tinggi 67,3 cm. Dari usia 6 hingga 12 bulan, bayi biasanya tumbuh 1 cm setiap bulannya. Sementara saat bayi tujuh bulan, berat badan laki-laki rata-rata adalah 8,6 kg dan perempuan adalah 7,9 kg. 

Milestone

Yang dimaksud dengan milestone adalah rangkaian tahapan perkembangan dan pertumbuhan bayi, misalnya bayi akan merangkak atau mulai “teething” saat usia 7 bulan merupakan salah satu milestone penting yang banyak orang tidak ingin lewatkan. Namun, bukan berarti semua bayi akan merangkak saat usia bayi tujuh bulan. Faktanya, Anda tidak perlu khawatir apabila bayi Anda belum merangkak. Banyak anak merangkak di kemudian hari. Begitu halnya dengan “teething”. Bagi sebagian anak, tumbuh gigi membutuhkan waktu yang berbeda. 

Setelah Anak tumbuh gigi, Anda perlu menyikatnya dua kali setiap hari menggunakan pasta gigi non-fluoride dan sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus. Untuk membantu bayi tujuh bulan mencapai “milestone” mereka, Anda bisa menggunakan bahasa isyarat pada bayi sehingga mereka memiliki cara untuk berkomunikasi, menyanyikan lagu yang berfokus pada suara-suara spesifik, tawarkan buku sensorik sehingga mereka dapat menyentuh dan menjelajahi lingkungan di sekitar mereka, dan berikan mainan “building block” agar anak dapat mengembangkan keterampilan keseimbangan dan duduk dalam posisi yang tegak. 

Bayi tujuh bulan juga memiliki pola tidurnya sendiri. Mereka rata-rata akan tidur selama 14 jam setiap harinya. Biasanya, waktu tidur bayi terbagi dalam tidur malam yang panjang dan 2-3 kali tidur siang selama 3-4 jam total. Meskipun kebanyakan bayi tidur pada malam hari saat bayi tujuh bulan, merupakan sebuah kondisi yang normal apabila bayi terbangun pada malam hari. Anda mungkin juga akan menemukan bayi tidur kurang lelap terutama pada saat mereka mengalami “milestone” perkembangan seperti teething, kecemasan karena perpisahan, duduk, dan mengoceh. Bayi tujuh bulan menjadi lebih mandiri dan mulai menjelajah dunia di sekitarnya. Masa perkembangan ini dapat menjadi momen menarik yang orang tua tidak ingin lewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *