Gestamag dan Cara Alami Atasi Maag

Maag merupakan jenis keluhan kesehatan yang hampir bisa dialami oleh semua orang, mulai dari anak kecil sampai orang tua. Pemberian obat pereda nyeri asam lambung, seperti Gestamag, biasanya dipilih agar keluhan kesehatan ini cepat mereda. 

Gestamag memang bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah naiknya asam lambung sampai pada kondisi tukak usus. Akan tetapi, obat ini tidak boleh digunakan lebih dari 2 minggu berturut-turut. Cara-cara alami untuk mengatasi maag menjadi lebih disarankan karena dipercaya lebih minim risiko. 

Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala naiknya asam lambung yang Anda alami. Nyatanya, banyak cara unik yang mungkin tidak pernah Anda sangka bisa mengatasi maag dengan cepat. 

Kunyah Permen Karet 

Beberapa penelitian menunjukkan, mengunyah permen karet mengurangi keasaman di kerongkongan. Ini karena mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur yang membantu membersihkan kerongkongan dari asam. Anda juga bisa melakukan kegiatan mengunyah permen karet untuk meredakan gejala nyeri asam lambung. Namun, kegiatan ini tidak bisa untuk menuntaskan masalah maag dari akarnya. 

Meditasi atau Menenangkan Diri 

Gejala maag bisa saja terjadi bukan dari makanan atau minuman. Kondisi stres yang berlebihan juga dapat menjadi pemicu. Maka saat gejala tersebut menghampiri Anda, cobalah untuk menenangkan diri. Semakin panik anak, semakin parah gejala yang bisa Anda rasakan. Cara menenangkan diri bisa dengan melakukan meditasi ataupun pengaturan napas. Anda juga bisa membantu menenangkan diri dengan mengonsumsi obat maag seperti Gestamag untuk memberi stimulasi pada pikiran bahwa Anda baik-baik saja. 

Eksplor Obat Herbal 

Selain bisa menggunakan obat-obatan yang telah diracik khusus dengan bahan aktif tertentu, seperti Gestamag, pengobatan gejala maag juga bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan herbal yang lebih alami. Beberapa bahan herbal yang diklaim bisa meredakan masalah pencernaan, tidak terkecuali gejala maag, antara lain cuka apel, jus lidah buaya, dan kunyit. Anda pernah mencoba salah satu di antaranya? 

Ganti Pakaian yang Lebih Longgar 

Pakaian ketat, seperti ikat pinggang, jeans, atau pakaian pas lainnya di sekitar perut dan pinggang, dapat memberi tekanan pada perut. Tekanan yang dikenal sebagai tekanan intragastrik ini bisa membuat gejala maag yang Anda alami semakin parah. Cobalah untuk segera mengganti pakaian ke model yang lebih longgar ketika mulai merasakan adanya gejala naik asam lambung. 

Ubah Posisi Tidur 

Gejala maag sering terjadi ketika seseorang tidur. Ketika Anda mengalaminya, jangan terburu-buru panik. Anda bisa mengatasinya dengan mengubah posisi tidur Anda. Cobalah mengubah posisi tidur Anda menjadi miring ke sisi kiri untuk mengatasi rasa mulas dan sesak. Jika belum efektif, tinggikan posisi bantal Anda sekitar 4—5 sentimeter untuk mengurangi gejala naiknya asam lambung yang Anda rasakan. 

Cobalah Teh Herbal 

Menyeruput teh herbal ketika mengalami gejala maag bisa juga menjadi solusi selain menggunakan obat maag seperti Gestamag. Pasalnya, beberapa jenis teh herbal tidak mengandung kafein dan dapat mengurangi produksi asam lambung. Beberapa teh herbal yang direkomendasikan untuk mengatasi gejala maag, antara lain chamomile, licorice, maupun teh buah. Selain tidak mengandung kafein, menyeruput teh herbal juga bisa meredakan tingkat kecemasan sehingga produksi asam lambung tidak bertambah tajam. 

Banyak bukan pilihan untuk mengatasi gejala maag? Mau menggunakan obat seperti Gestamag atau memilih bahan herbal semua tergantung pilihan Anda. Namun, jika kondisinya tidak kunjung membaik, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *