Hati-hati Efek Samping Cendo Tetes Mata Catarlent

Obat Cendo tetes mata Catarlent adalah obat yang kerap digunakan untuk mengurangi sejumlah gejala yang muncul akibat katarak. Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang umumnya disebabkan oleh usia. 

Seperti semua jenis obat lainnya, obat tetes mata satu ini juga memiliki efek samping yang bisa jadi tidak diinginkan.  Selain itu, apakah memang benar obat tetes mata bisa atasi katarak?

Efek samping Cendo Tetes Mata Catarlent

Cendo tetes mata Catarlent mengandung bahan aktif kalsium iodida. Kalsium iodida sangat efektif untuk membantu mengurangi gejala pada keluhan di bagian mata, termasuk katarak.

Obat tetes mata ini mampu mencegah kekeruhan dan juga pendarah pada cairan di antara lensa mata dan retina (vitreous body).  Selain itu juga membantu mengatasi kekeruhan pada lensa mata yang merupakan gejala awal dari katarak.

Sejumlah efek samping yang  bisa timbul, seperti:

  • Peningkatan produksi air mata
  • Efek samping sistemik seperti peningkatan hormon tiroid (hipertiroid) atau timbulnya jerawat
  • Iritasi dan sensasi panas seperti terbakar

Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa obat tetes mata yang mengandung kalsium iodida bisa menyebabkan peradangan di kulit. Jika Anda tidak sengaja menghirupnya bisa berisiko menyebabkan kerusakan di sistem pernapasan maupun saraf, dan bahkan hingga gagal ginjal. 

Paparan atau penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan di fungsi paru, contohnya pneumoconiosis. Kondisi ini ditandai dengan sesak napas, reaksi alergi lokal, dan nyeri sendi. 

Penyebab katarak

Katarak merupakan kondisi penyakit dengan ciri khas bagian mata tertutup oleh selaput bening yang pada akhirnya bisa merusak pandangan kita. Penyakit mata ini terjadi saat protein yang mengkristal di mata pecah dan kemudian menumpuk.

Katarak bisa terjadi pada satu maupun kedua mata, namun tentu tidak menular satu sama lain. Beberapa gejala lainnya adalah pandangan warna yang memudar, rabun senja, dan gangguan penglihatan. 

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan katarak selain kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan penyakit mata lainnya, seperti cedera dan operasi mata atau kerusakan akibat paparan sinar matahari. Namun sebagian besar katarak terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

Ada tiga jenis katarak, yaitu:

  • Nuclear Sclerotic Cataract: terjadi saat zona nukleus pusat, tiba-tiba lensa mata mengeras dan menguning
  • Cortical Cataracts: jenis ini merupakan bagian tubuh yang umum terjadi pada pengidap diabetes
  • Posterior Subcapsular Cataracts: terjadi di bagian mata, terbentuknya area berkabut di bagian permukaan posterior.

Apakah bisa mengatasi katarak dengan obat tetes mata?

Menggunakan obat seperti Cendo tetes mata Catarlent untuk mengatasi katarak sebenarnya sudah lama dilakukan. Namun, sebuah penelitian menyebutkan bahwa obat tersebut lebih cocok untuk melawan infeksi dan iritasi setelah operasi katarak.

Operasi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi katarak. Selain itu, obat-obatan atau prosedur lain juga bisa membantu mengatasi gejala dari katarak.

Meskipun demikian, menggunakan obat seperti Cendo tetes mata masih tergolong aman. Namun perlu diketahui untuk bisa membelinya tetap dibutuhkan surat resep atau anjuran dari dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *