Informasi Komposisi Etabion Vitamin dan Mineral Serta Kegunaannya

Etabion Vitamin dan Mineral merupakan suplemen vitamin dan mineral yang biasanya diberikan dokter kepada wanita hamil. Hal ini karena Etabion mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan sangat baik bagi ibu hamil, mulai dari vitamin B12, zat besi, hingga asam folat. 

Namun, Etabion sebenarnya merupakan obat untuk penderita anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Artikel berikut akan menjelaskan komposisi, kegunaan, dosis, dan efek samping penggunaan Etabion Vitamin dan Mineral

Kandungan dan komposisi Etabion Vitamin dan Mineral

Etabion merupakan suplemen vitamin dan mineral sediaan kapsul. Setiap kapsulnya mengandung bahan aktif antara lain:

  • Ferro fumarat 

Ferro fumarat adalah salah satu jenis zat besi yang diformulasikan untuk mencegah dan mengatasi defisiensi zat besi. 

  • Asam askorbat 

Asam askorbat adalah senyawa yang terisolasi dalam vitamin C, tapi keduanya sering dianggap sama. Asam askorbat bermanfaat sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta menurunkan darah tinggi.

  • Asam folat 

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat (vitamin B9). Asam folat berkhasiat untuk mendukung kehamilan yang sehat, mencegah cacat lahir, meningkatkan kesehatan otak,  menurunkan risiko jantung, serta mengelola gejala depresi.  

  • Vitamin B12 

Vitamin B12 (cobalamin) merupakan vitamin esensial yang tak bisa diproduksi secara alami di dalam tubuh, sehingga harus didapatkan melalui konsumsi sumber vitamin B12.

Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, produksi DNA, mencegah cacat lahir, mendukung kesehatan mata, sumber energi, serta memperbaiki suasana hati dan gejala depresi. 

  • Cupric sulfate anydrate  

Cupric sulfate anydrate merupakan senyawa anorganik yang menggabungkan tembaga dan sulfat. Dalam bidang medis, senyawa ini berkhasiat untuk menangani kram, gangguan fungsi ginjal, gangguan peredarah darah, rematik, dan pembengkakan. 

  • Mangan sulfat monohidrat

Mangane sulfat monohidrat atau manganese adalah mineral esensial yang meski dibutuhkan dalam jumlah kecil namun sangat penting untuk membangun tulang, menyembuhkan luka, aktivasi enzim, dan lainnya. 

Manfaat dan kegunaan

Etabion Vitamin dan Mineral berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada penderita atau mereka yang berisiko terkena anemia karena kekurangan zat besi, sehingga bisa mencegah dari anemia. 

Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya juga bisa membantu mempercepat proses pemulihan pasca sakit. Selain itu Etabion juga berkhasiat untuk:

  1. Membantu pembentukan darah merah
  2. Menjaga fungsi otak dan sistem saraf, terutama pada janin ibu hamil
  3. Membantu penyerapan zat besi
  4. Mencegah bayi terlahir cacat
  5. Mencegah keguguran

Dosis penggunaan dan aturan pakai

Konsumsi 1 kapsul Etabion per hari setelah makan, usahakan minum di waktu yang sama setiap hari. Jika ada dosis yang terlewat, segera minum jika waktunya belum terlewat. 

Namun, jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya maka gunakan seperti dosis biasa. Jangan minum dua dosis pada waktu minum berikutnya karena dapat menyebabkan keracunan obat. 

Setelah meminum obat, Anda mungkin merasakan perut tidak nyaman yang akan membaik seiring waktu. Efek samping lainnya adalah:

  • Feses berubah warna menjadi hitam akibat kandungan zat besi (tidak berbahaya)
  • Sembelit
  • Diare
  • Mual
  • Muntah

Jika setelah meminum obat Anda merasakan kantuk, pusing, gangguan penglihatan dan pernapasan, jantung berdebar, dan gejala lain yang mempengaruhi kesadaran atau kemampuan mengemudi dan mengoperasikan mesin, maka hindari diri dari aktivitas tersebut. 

Apabila efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter. Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. 

Sebelum menggunakan Etabion Vitamin dan Mineral, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Awas, jangan sembarang pakai Etabion untuk anemia karena obat ini tidak untuk penderita anemia selain defisiensi zat besi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *