Ini Manfaat Shaving Buat Wanita, Bisa Bikin Kinclong!

Manfaat shaving biasanya lebih banyak dirasakan oleh kaum pria, karena pria memiliki rambut wajah yang lebih banyak dibanding wanita. Namun, dari sisi kecantikan, wanita juga perlu melakukan shaving pada wajahnya, lho! 

Meskipun rambut yang muncul pada wajah wanita tidak sebanyak pria, melakukan shaving tetap disalahkan karena bisa membantu skincare meresap lebih dalam pada kulit. Berikut penjelasannya. 

Perlukah wanita melakukan shaving pada wajah?

Melakukan shaving bagi wanita bukanlah hal wajib yang harus dilakukan. Namun, kegiatan ini cukup disarankan jika kamu menginginkan perawatan wajah yang maksimal dan skincare terserap dengan baik pada wajah. 

Melakukan shaving pada wajah bisa dibilang merupakan salah satu perawatan kulit yang cukup populer di Jepang bernama kao sori, yang berarti mencukur wajah. Para wanita di Jepang biasanya mencukur bulu halus di wajahnya untuk mendapatkan kulit yang mulus serta untuk memaksimalkan skincare mereka. 

Manfaat shaving pada wajah

Saat pandemi dan terbatasnya melakukan kegiatan di luar rumah, tak sedikit wanita yang mulai melakukan dermaplaning, yakni mencukur bulu pada wajah wanita agar halus dan kinclong. Berikut beberapa manfaat shaving pada wajah yang harus kamu ketahui.

Agar wajah lembut dan halus

Shaving bisa menghilangkan rambut-rambut tipis yang muncul di pipi, dagu, dan sekitar area hidung. Dengan mencukur bulu halus di wajah, kamu bisa mendapatkan kulit yang lembut dan lebih halus.

Kulit lebih bersih

Melakukan shaving juga bermanfaat untuk membersihkan sel kulit mati dari permukaan wajah, sehingga wajah kamu akan terasa lebih bersih. Manfaat shaving pada wajah juga bisa mencegah terjadinya jerawat karena sel kulit mati sudah dibersihkan dengan baik, sehingga membuka jalan bagi sel-sel kulit baru.

Makeup jadi lebih menempel

Sebagai wanita, kadang kita merasa insecure karena makeup tidak bisa bertahan lama. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan rutin melakukan shaving. 

Teorinya, make up akan lebih mudah diaplikasikan pada wajah yang bersih, tidak ada rambut-rambut halus serta kotoran yang menempel. Dengan begitu make up-mu akan awet hingga seharian. 

Skincare lebih terserap dengan maksimal

Saat kamu mengaplikasikan skincare, mungkin kamu akan merasa bahwa skincare lebih terserap dengan baik pada kulit. Hal ini karena kulit dalam keadaan bersih dan tidak ada lapisan sel kulit mati yang tertinggal. 

Menurut dokter kulit dan ahli bedah dermatologi di Brown University, Tiffany Libby, MD, manfaat shaving pada wajah yakni untuk mempersiapkan kulit dalam mengaplikasikan produk skincare, sehingga akan diperoleh efektivitas yang maksimal karena akan meresap lebih dalam. 

Cara melakukan shaving yang benar dan aman

Agar kegiatan shaving yang kamu lakukan aman, berikut beberapa langkah melakukan shaving yang benar pada wajah. 

Bersihkan wajah

Langkah pertama yakni kamu harus membersihkan wajahmu terlebih dahulu agar proses shaving semakin mudah. Pastikan wajah dalam keadaan kering sebelum melakukan shaving, ya. 

Oleskan krim

Langkah kedua, kamu bisa mengoleskan krim terlebih dahulu agar pisau cukur bisa digunakan dengan nyaman sekaligus menjaga kulit terhidrasi dengan baik serta mengurangi iritasi pada kulit. 

Shaving secara hati-hati

Setelah semuanya dilakukan, kini saatnya kamu melakukan shaving. Pastikan kamu menggunakan pisau cukur sekali pakai ya untuk menghindari iritasi atau infeksi bakteri. 

Secara perlahan, tarik kulit dengan lembut dan cukur searah dengan pertumbuhan rambut. Sebaiknya jangan lakukan shaving secara terburu-buru dan lakukan dengan hati-hati tanpa tekanan. 

Lembapkan wajah setelah dishaving

Setelah proses shaving selesai, kini kamu bisa melebapkan wajah dengan serum atau cream yang kamu miliki. Kamu akan merasakan kulit jadi lebih lembut dan bersih. 

Itu dia beberapa manfaat shaving untuk kecantikan wanita. Hal ini bisa kamu coba di rumah aja, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *