Jangan Sampai Salah, Ini Dosis dan Aturan Pakai Glucosamine Mpl 500 mg

Apakah Anda pernah mendengar Glucosamine mpl 500 mg? Glucosamine sering disebut sebagai glukosamin, dimana zat alami tersebut ditemukan pada tulang rawan. Namun, zat tersebut juga bisa ditemukan pada suplemen herbal dari kulit kerang. Bentuknya pun berbeda-beda dan mempunyai beberapa macam.

Selain itu, setiap jenis dari glukosamin akan memberikan efek yang berbeda jika seseorang menggunakannya sebagai suplemen. Biasanya, obat ini digunakan untuk menjaga kesehatan pada sendi dan tulang rawan. Selain tersedia dalam bentuk suplemen herbal, ternyata glucosamine juga tersedia dalam bentuk krim atau oles.

Dosis Glucosamine Mpl 500 Mg untuk Orang Dewasa

Bagi Anda yang mengalami masalah persendian atau sering merasa nyeri dan kaku saat digerakkan, maka bisa mengonsumsi glucosamine mpl 500 mg. Namun, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Obat tersebut ada yang berbentuk tablet dan ada juga yang berbentuk kapsul.

Dosis yang diterapkan untuk orang dewasa osteoarthritis adalah 3 kali sehari dengan 1 tablet atau kapsul. Sebaiknya, obat tersebut dikonsumsi sesudah makan. Anda bisa mengonsumsinya sendiri atau bersamaan dengan 400 mg chondroitin sulfate yang diminum sebanyak 2-3 kali sehari. Suplemen herbal tersebut bisa digunakan selama tiga tahun.

Ada lagi dosis lainnya yang bisa Anda perhatikan, yakni mengonsumsi 750 mg atau sebanyak 2 kali sehari. Anda bisa meminumnya bersama dengan ekstra akar kunyit 500 mg yang diminum selama dua kali sehari. Jika dosis ini diterapkan, maka suplemen glucosamine bisa digunakan selama 6 minggu.

Sementara untuk orang dewasa biasa, dosisnya 1 kapsul atau tablet sehari sesudah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter. Bagi Anda yang mengalami alergi terhadap makanan laut, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi glucosamine.

Dosis Glucosamine untuk Anak-anak

Dalam beberapa kasus, terdapat anak-anak yang mengalami masalah pada persendian. Lalu, apakah obat ini aman untuk dikonsumsi pada anak? Ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Aturan Pakai Suplemen Glucosamine 

Setelah mengetahui dosis di atas, ada baiknya untuk mengetahui aturan pakai. Hal ini karena penggunaan yang salah bisa menimbulkan efek samping. Mulai dari mual, muntah, muncul ruam, sakit kepala, kelelahan, perut kembung, diare, sampai peningkatan enzim hati. 

Selain itu, ada hal yang harus diperhatikan saat ingin menyimpan atau menggunakan obat radang sendi. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan mengurangi masalah persendian.

  • Ada baiknya pembelian obat dengan resep dokter agar lebih jelas dosis dan aturan pakai yang tepat.
  • Jika menggunakan salah satu jenis glukosamin, ada baiknya untuk tidak mencampurkannya dengan formula glukosamin lain di waktu bersamaan. Hal ini karena bisa meningkatkan risiko terjadinya overdosis.
  • Konsumsi suplemen tersebut dalam jangka waktu 8 minggu secara rutin untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.
  • Jika Anda mengidap diabetes, ada baiknya untuk mengikuti arahan dokter. Hal ini karena pemeriksaan gula darah bisa ikut berpengaruh.
  • Dosis yang digunakan bergantung pada penggunaan dan jenis glukosamin.
  • Ada baiknya untuk menyimpan suplemen pada tempat yang berada di suhu ruangan atau di bawah 30° Celcius. Hindari dari sinar matahari dan pastikan berada di tempat kering.

Itulah ulasan tentang dosis dan aturan pakai dari glucosamine mpl 500 mg. Anda bisa mengatasi masalah persendian dengan mengonsumsi suplemen herbal glucosamine untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *