Jangan Sembrono, Ini Panduan Memilih Obat Tetes Mata yang Bagus

Panduan memilih obat tetes mata yang bagus. Anda mungkin memandang obat tetes mata sebagai solusi untuk mengatasi sejumlah penyakit mata. Namun, sebenarnya Anda tidak boleh memilih sembarangan obat tetes mata.

Jika digunakan dengan tepat dan mengandung komposisi yang tepat, obat tetes mata dapat menjadi perawatan bagus terhadap beberapa kondisi mata.

Obat tetes mata yang bagus antara lain Rohto, Cendo, Insto, Braito, hingga Visine

Salah satu kondisi yang sering terjadi adalah mata kering. Hampir semua orang pernah mengalami mata kering, khususnya mereka yang bekerja di depan komputer terus-menerus.

Mata kering dapat diatasi dengan tetes mata yang tepat, tapi tidak boleh salah. Untuk itu, kali ini SehatQ memberikan panduan singkat memilih obat tetes mata yang bagus. Yuk disimak!

Penyebab masalah mata kering

Pada umumnya, kasus mata kering adalah yang paling sering terjadi. Masalah ini mungkin mudah menyerang banyak orang, khususnya karena kondisi lingkungan. Ada beberapa penyebab mata kering, di antaranya:

  • Penggunaan AC atau heater yang tidak sesuai dengan kondisi
  • Proses penuaan alami, khususnya setelah menopause
  • Efek samping obat-obatan tertentu seperti Antihistamine
  • Penyakit yang memengaruhi kemampuan memproduksi air mata, seperti sindrom Sjogren, rheumatoid arthritis, dan penyakit pembuluh darah kolagen
  • Masalah yang membuat kelopak mata tidak menutup sebagaimana mestinya

Untuk mengatasi mata kering, umumnya Anda hanya membutuhkan obat tetes mata yang tepat dan sesuai dengan kondisi mata Anda. Lalu bagaimana caranya memilih obat tetes mata yang tepat?

Untuk itu, setidaknya ada 4 panduan umum dalam memilih dan menentukan obat tetes mata. Yuk disimak selengkapnya!

1. Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih obat tetes mata?

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih obat tetes mata adalah: Apakah Anda benar membutuhkannya?

Apa Anda diserang alergi? Apakah mata kemerahan bertahan lebih dari tiga hari? Apakah Anda hanya membutuhkan pelumas dalam mata?

Sebagian besar masalah mata merah dapat disembuhkan dengan obat tetes mata yang terjual bebas, tapi jika kondisinya buruk, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis lanjutan.

Dokter mata akan memberikan anjuran penggunaan obat tetes mata yang tepat, seberapa sering penggunaannya.

Karena itu, jika Anda tidak yakin dengan pilihan obat tetes mata yang tersedia, coba konsultasikan dengan dokter mata Anda.

2. Obat tetes mata untuk mata kering, mata merah, dan mata gatal

Mata kering atau mata merah adalah masalah umum yang sering terjadi pada pengguna obat tetes mata.

Ada banyak faktor risiko, seperti lingkungan yang tidak bersih, penggunaan komputer yang terlalu lama, dan mata lelah berkepanjangan dapat jadi penyebab mata kering.

Ada banyak pilihan obat tetes mata yang dapat membantu memperbaiki mata kering tersebut. Sebaiknya tentukan pilihan dengan mengamati kandungan di dalamnya.

Untuk mata gatal atau merah yang disebabkan reaksi alergi , ada banyak obat tetes mata yang mengandung antihistamin dan elemen pereda lainnya.

Obat tetes mata jenis ini tidak hanya meredakan kemerahan, tapi juga mencegah mata gatal dan berair akibat alergi.

3. Obat tetes mata pada kondisi serius

Konjungtivitis atau pink eye adalah kondisi penyakit mata menular yang harus ditangani dengan segera. Anda bisa menemui dokter untuk mendapatkan resep obat mata yang tepat.

Kasus pink eye cukup serius, sebagian besar obat tetes mata yang bisa Anda dapatkan secara bebas tidak akan membantu. Karena itu, obat yang diresepkan dokter seharusnya lebih bermanfaat.

Lalu, untuk beberapa kondisi mata serius lainnya, ada resep khusus yang dirancang untuk meredakan gejala sakit mata. Misalnya pada kasus glaukoma, ada obat tetes mata yang khusus membantu mengurangi tekanan pada mata.

Lalu pada kondisi lain seperti Uveitis, ada obat tetes mata yang dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Bicara dengan dokter mata

Jika obat tetes mata yang tersedia bebas tidak dapat menghilangkan gejala Anda, sebaiknya Anda segera bicara dengan dokter. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan:

  • Apa penyebab masalah mata saya?
  • Obat tetes mata yang tersedia bebas, apakah ada yang direkomendasikan untuk saya?
  • Menurut Anda, apakah saya mendapatkan manfaat lebih dari obat tetes mata resep?
  • Berapa biaya obat tetes mata resep?
  • Bagaimana cara memberikan obat tetes mata yang benar?
  • Saya memakai lensa kontak, obat tetes mata apa yang cocok?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *