Kandungan Nutrisi dan Manfaat Strawberry untuk Kulit

Bagi Anda yang menyukai buah, pasti tidaklah asing dengan buah Strawberry. Biasanya, strawberry dikonsumsi mentah dan segar. Bahkan, buah beri tersebut juga dapat digunakan dalam berbagai selai, jeli, hingga makanan penutup lainnya.

Manfaat Strawberry juga banyak apabila dikonsumsi dengan benar. Salah satu manfaatnya ialah bagus untuk kesehatan kulit Anda. Selain manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui nutrisi yang terkandung dalam buah strawberry sebagai berikut ini. 

Apa saja nutrisi yang terkandung dalam Strawberry? 

Dalam strawberry, terdapat sumber vitamin C serta mangan yang sangat baik. Tak hanya itu, ada pula kandungan jumlah folat atau vitamin B9 serta potasium yang layak. 

Buah merah yang asam manis ini sangat kaya akan antioksidan serta senyawa tanaman, yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kontrol gula darah. 

Lebih lanjut, berikut ini kandungan nutrisi dalam strawberry yang perlu Anda ketahui. 

Strawberry terdiri dari 91% air dan 7,7% karbohidrat. Selain itu, buah tersebut juga mengandung 0,3% lemak serta 0,7%  protein. 

Ada pula nutrisi dalam 3,5 ons atau 100 gram strawberry mentah ialah sebagai berikut.

  • Kalori 32%
  • Air 91% 
  • Protein 0,7 gram 
  • Karbohidrat 7,7 gram 
  • Gula 4.9 gram 
  • Serat 2 gram 
  • Lemak 0,3 gram 

1. Karbohidrat 

Kandungan air dalam strawberry yang segar sangat tinggi sehingga kandungan karbohidrat totalnya sangat rendah. Yakni, kurang dari 8 gram karbohidrat per 3,5 ons atau 100 gram. Ada pula kandungan karbohidrat bersih yang dapat dicerna kurang dari 6 gram dalam ukuran porsi yang sama. 

Karbohidrat strawberry ini sebagian besar berasal dari gula sederhana seperti fruktosa dan glukosa. Namun, buah tersebut juga mengandung serat dalam jumlah yang cukup. 

 Strawberry juga memiliki skor indeks glikemik 40, yang relatif rendah sehingga tidak mengakibatkan lonjakan besar kadar gula darah. Dengan begitu, buah tersebut dianggap aman untuk penderita diabetes. 

2.  Serat 

Dalam kandungan strawberry terdapat sekitar 26% serat. Ada pula seporsi 3,5 ons atau 100 gram strawberry menyediakan 2 gram serat, baik yang larut maupun yang tidak larut. 

Sebagaimana diketahui, serat makanan penting untuk memberi makan bakteri ramah di usus Anda serta meningkatkan kesehatan pencernaan.  Hal itu juga berguna untuk menurunkan berat badan dan dapat membantu mencegah banyak penyakit berbahaya. 

3. Vitamin dan Mineral

Ada pula kandungan vitamin serta mineral yang paling melimpah dalam strawberry. Berikut ini kandungan vitamin dan mineral yang perlu Anda ketahui. 

  • Vitamin C. Strawberry merupakan buah yang mengandung sumber vitamin C baik atau antioksidan yang diperlukan untuk kekebalan tubuh serta kesehatan kulit Anda.
  • Mangan. Elemen pelacak ini kerap ditemukan dalam jumlah tinggi dalam biji-bijian, kacang polong, buah-buahan, hingga sayuran yang penting untuk banyak proses dalam tubuh Anda.
  • Folat (Vitamin B9). Salah satu vitamin B seperti folat ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. Selain itu, vitamin tersebut juga penting bagi wanita hamil serta orang dewasa yang lebih tua.
  • Kalium. Mineral yang satu ini terlibat dalam banyak fungsi penting tubuh seperti mengatur tekanan darah.
  • Selain itu, pada tingkat lebih rendah, strawberry juga menyediakan zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, hingga vitamin K, E, dan B6. 

Manfaat Strawberry bagi kesehatan kulit Anda

Stroberi mengandung vitamin C. Versi stabil dan larut dalam air dari vitamin yang dikenal sebagai sodium ascorbyl phosphate (SAP) ini dikenal dapat mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan strawberry juga bisa mengatasi jerawat. 

Karena stroberi kaya akan vitamin C, dan vitamin C dikenal dengan kualitas anti-peradangannya, ada kemungkinan stroberi dapat membantu mengurangi beberapa peradangan yang terkait dengan jerawat. 

Beberapa penelitian kecil Trusted Source telah menunjukkan hasil yang menjanjikan pada SAP yang mempengaruhi jerawat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat strawberry.

  • Masker wajah stroberi 

Sebagian banyak orang lebih menyukai untuk mengambil sebotol strawberry dari kulkas serta membuat masker wajah mereka sendiri. Biasanya, itu dilakukan dengan menumbuk stroberi dan mencampurnya dengan yogurt atau madu. Beberapa mungkin lebih suka mencampur susu atau krim. Jangam lupa, pastikan untuk membilas secara menyeluruh setelah Anda menerapkan masker tersebut.

  • Lulur stroberi 

Dengan mencampurkan beberapa strawberry tumbuk dan sedikit gula, Anda dapat membuat scrub wajah yang cukup bagus di dapur Anda sendiri. Anda juga dapat mencoba menambahkan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun untuk membuatnya sedikit lebih halus. 

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, ketahuilah bahwa pengelupasan gula dapat merusak kulit, mengakibatkan iritasi dan peradangan. Anda juga dapat membeli produk komersial yang mengandung stroberi, seperti pembersih wajah pengelupasan stroberi dari berbagai produk skincare lainnya.

  • Jus stroberi 

Vitamin C, antioksidan, serta serat dapat Anda dapatkan dengan dengan meneguk segelas jus strawberry. Caranya, masukkan stroberi segar, sedikit gula, serta sedikit jus lemon atau jeruk nipis ke dalam blender Anda, lalu buatlah sendiri di rumah sebagai konsumsi makanan sehat Anda.

Itulah berbagai kandungan nutrisi baik dalam buah strawberry. Selain nutrisinya, anda juga bisa mendapatkan salah satu manfaat strawberry berupa kesehatan kulit yang tiada duanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *