Kenali Cara Agar Tidak Mudah Baper

Cara agar tidak mudah baper

Terbawa perasaan atau disebut juga baper merupakan suatu perasaan di mana seseorang menjadi terbawa atau ikut mengalami suatu hal yang didengar maupun dilihatnya. Orang dalam kondisi ini biasanya selalu disalahkan untuk beberapa kondisi tertentu, seperti terlibat dalam hubungan asmara orang lain dan tak sedikit orang yang mencari cara agar tidak mudah baper.

Baper kerap kali melanda para wanita dengan rentang usia yang masih muda, namun juga tak menutup kemungkinan bahwa laki-laki memiliki sifat yang sama. Meskipun terdengar cukup aneh jika laki-laki juga ikut merasakan hal yang sama, agar tidak kaget dengan hal ini perlu untuk memahami apa saja penyebab seseorang baper dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Baper

Sebelum mengetahui cara agar tidak mudah baper, baiknya memahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab mengalami kondisi ini. Mulai dari faktor keseharian hingga sifat seseorang tersebut, jika sudah mengetahui penyebab munculnya baper maka orang tersebut akan lebih mudah untuk mengatasinya.

  1. Terlalu Percaya Diri

Percaya diri bagi seseorang memang penting, namun jika yang rasa ini muncul terlalu berlebihan maka membuat orang juga merasa yakin atau berharap terlalu tinggi dan jika kenyataan tak sesuai dengan harapan maka munculah baper.

  1. Harapan Palsu dari Orang Lain

Salah satunya dapat muncul dalam hubungan asmara, di mana orang lain dirasa telah memberi perhatian berlebih dan rasa kasih sayang, namun ternyata tidak lebih menganggap orang yang dikasih sayangi spesial di matanya.

  1. Teman Sekitar

Ketika sudah sekuat tenaga menjaga perasaan tetapi lingkungan pertemanan justru mendukung untuk terbawa perasaan, hal ini biasanya juga berlaku saat seseorang tengah berada dalam hubungan asmara.

  1. Drama Romansa

Manusia cenderung mengikuti hal-hal yang ditontonnya, termasuk ketika menyaksikan drama romansa yang didalamnya selalu dibumbui kisah romantis dengan intrik-intrik tak terduga, jika yang diharapkan tak sesuai dengan keinginan bisa membuat baper.

  1. Kurang Sibuk

Sama sekali tidak memiliki kesibukan dengan hal bermanfaat bisa membuat seseorang baper, ketika seseorang sibuk dengan pekerjaannya yang bermanfaat, tak akan ada waktu yang membuatnya terancam merasa baper.

  1. Punya Empati Besar

Seseorang yang memiliki rasa empati besar memiliki kemungkinan merasa baper yang tinggi, orang-orang ini akan merasakan apa yang dirasakan orang lain, bisa itu perasaan sedih maupun rasa bahagia.

  1. Kurang Percaya Diri

Rendahnya rasa percaya diri juga berdampak pada seseorang yang mudah merasakan baper, rasa kurang percaya diri ini bisa membuat seseorang merasa perlakuan mereka ke orang lain tidak menyenangkan.

Cara Agar Tidak Mudah Baper

  1. Bersikap Lebih Terbuka

Melatih untuk bersikap lebih terbuka, memahami bahwa manusia memiliki sifat-sifat yang berbeda, sikap atau kata-kata yang dianggap menyinggung bisa jadi bukan maksud yang dianggap. Sikap terbuka membuat seseorang lebih lebih bisa berlapang dada dan menerima perbedaan.

  1. Hindari Berpikir Keras

Jangan biasakan overthinking karena hal ini justru membuat seseorang mudah menjadi baper, terlebih dalam hubungan asmara. Jangan pernah menyimpulkan sesuatu tanpa alasan yang kuat, atau berburuk sangka kepada orang lain.

  1. Pakai Akal Sehat

Cara ini sangat disarankan terlebih jika seseorang sedang memiliki beban pikiran, gunakan akal sehat untuk menenangkan pikiran. Jika sudah tenang, seseorang akan lebih berhati-hati dalam mengambil tindakan.

  1. Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Alihkan pikiran yang negatif dengan melakukan hal yang menyenangkan, tentunya hal-hal positif seperti mendengarkan musik atau pergi berlibur ke tempat pariwisata dengan teman atau bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *