Kondisi yang Bisa Sebabkan Sakit Tangan Sebelah Kanan

Tangan yang terasa sakit sungguh tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas. Pasalnya banyak hal yang dilakukan dengan tangan, tentunya rasa sakit ini akan menghambat berbagai kegiatan yang seharusnya dilakukan.

Rasa sakit ini bisa menjadi sakit tangan sebelah kanan, sakit tangan sebelah kiri atau di keduanya. Ini juga bisa terjadi di bagian atas atau bahu, lengan, siku, atau pergelangan. Tentunya ini bisa menjadi tanda atau gejala dari beberapa kondisi. Berikut ini ada beberapa kondisi yang bisa sebabkan sakit tangan sebelah kanan. 

Ada beberapa kemungkinan penyebab telapak tangan sakit
  1. Penyakit rotator cuff

Rotator cuff adalah sekelompok otot dan tendon yang menjaga atau mengelilingi tulang lengan atas Anda (humerus) di bahu soket atau sendi putar bahu. Jaringan rotator cuff dapat menjadi sakit karena penggunaan yang berlebihan atau karena cedera. Contohnya adalah kondisi:

  • Tendinitis, di mana tendon rotator cuff menjadi teriritasi dan meradang
  • Bursitis, peradangan pada bursa, kantung berisi cairan yang membantu rotator cuff untuk bergerak bebas
  • Impingement, pembengkakan dan nyeri di bagian tulang belikat yang disebut akromion karena bergesekan dengan jaringan rotator cuff
  1. Rotator cuff robek

Sakit di tangan sebelah kanan atas juga bisa terjadi ketika satu atau lebih tendon di rotator cuff robek. Ini bisa jadi karena keausan sendi sebagian atau seluruhnya yang terjadi seiring waktu atau bisa juga disebabkan karena cedera.

  1. Dislokasi bahu

Dislokasi bahu dapat terjadi ketika bagian atas humerus muncul keluar dari soket di bahu yang sering terjadi karena cedera olahraga, kecelakaan mobil, dan jatuh.

  1. Tulang selangka patah 

Rasa sakit atau nyeri di tangan juga bisa disebabkan oleh tulang selangka (klavikula) yang patah Sebuah tulang selangka patah. Tulang selangka sendiri berfungsi sebagai penghubung antara bahu dan tulang dada (sternum). Penyebab dari patahnya tulang selangka banyak terjadi karena jatuh atau kecelakaan mobil. 

  1. Fraktur lengan atas

Fraktur atau patah tulang lengan atas bisa menyebabkan nyeri. Ini terjadi ketika ada kerusakan pada humerus yang biasanya terjadi di dekat bahu atau di sepanjang batang (tengah) tulang. Jatuh atau kecelakaan mobil juga sering menjadi penyebabnya.

  1. Bahu beku

Kondisi bahu beku atau frozen shoulder adalah ketika bahu Anda menegang dan terasa sakit tanpa diketahui penyebabnya. Peradangan sering diyakini memiliki peran dalam menyebabkannya. Keadaan ini sering mereda secara bertahap dengan sendirinya. 

  1. Tendinitis kalsifikasi

Tendinitis kalsifikasi adalah kondisi di mana timbunan kalsium menumpuk di dalam atau di sekitar rotator cuff dan menyebabkan gejala yang mirip dengan bahu beku. 

  1. Tendinitis 

Tendinitis adalah peradangan atau iritasi pada tendon, tali berserat tebal yang menempelkan otot ke tulang yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di luar sendi. Ini biasa disebut juga dengan bahu perenang.

  1. Bahu keseleo 

Bahu keseleo terjadi ketika ligamen di bahu Anda memegang atau robek, biasanya pada salah satu ligamen bahu Anda. Keseleo sering terjadi karena cedera olahraga, jatuh, atau kecelakaan.

  1. Osteoartritis bahu

Osteoarthritis bahu adalah ketika jaringan sendi di bahu Anda mengalami keausan, hal ini kurang umum dibanding dengan arthritis lutut atau pinggul. Meski begitu, dampak dari arthritis bahu cukup signifikan pada mereka yang memilikinya.

  1. Artritis reumatoid bahu (RA)

Artritis reumatoid bahu merupakan kondisi di mana sistem kekebalan Anda menyerang persendian Anda, terutama di bahu. Orang dengan RA dapat mengalami gangguan fungsi bahu yang signifikan.

  1. Neuritis brakialis

Neuritis brakialis adalah peradangan pada saraf brachialis, saraf yang mengirim sinyal ke sistem saraf pusat dari bahu dan lengan Anda. Penyebabnya banyak dikatakan karena infeksi, dan biasanya mempengaruhi sisi dominan Anda yang mana menyebabkan nyeri dan kelemahan.

  1. Cedera pleksus brakialis

Pleksus brakialis adalah sekelompok saraf yang mengontrol gerakan di lengan dan tangan Anda, saat rusak fungsinya pun akan terpengaruh. Cedera pleksus brakialis umumnya disebabkan oleh jatuh dan kecelakaan.

  1. Sindrom outlet toraks atau Thoracic outlet syndrome (TOS)

Sindrom outlet toraks adalah sekelompok kondisi yang terjadi ketika saraf atau pembuluh darah di sekitar tulang selangka dan tulang rusuk pertama tertekan, yang bisa disebabkan oleh cedera dan gerakan berulang.

Rasa sakit tangan sebelah kanan bisa terjadi oleh banyak hal, baik itu karena penyakit, seperti infeksi atau peradangan, dan bisa juga karena aktivitas fisik dan cedera, baik itu kecelakaan atau jatuh. Ini juga bisa terjadi karena ada tulang atau otot yang robek atau patah. 

Jika sakit tangan sebelah kanan tak kunjung hilang, segera periksakan ke dokter untuk diagnosa dengan tepat mengetahui apa penyebabnya. Setelah itu, dokter dan Anda bisa berdiskusi untuk mengambil langkah perawatan yang tepat. 

Temukan lebih banyak informasi seputar sakit tangan sebelah kanan di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter melalui chat secara online di aplikasi SehatQ dan Forum SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang di App Store dan Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *