Kunyah Promag Tablet Untuk Atasi Sakit Maag

Promag tablet merupakan salah satu obat paling familiar untuk mengatasi gejala maag. Obat ini berfungsi untuk meredakan gejala maag berupa nyeri di ulu hati, perut kembung, dan mual.

Namun, tahukah kamu cara tepat mengkonsumsi promag tablet ini? Apakah harus dikunyah terlebih dahulu atau langsung ditelan? 

Tentang Promag Tablet 

Promag tablet mengandung formula hydrotalcite yang berfungsi untuk melindungi lambung dan merangsang produksi mukus guna melapisi dinding lambung agar terhindar dari infeksi atau luka yang disebabkan oleh asam lambung. 

Selain itu, promag tablet juga mengandung magnesium hydroxide yang bertugas menetralkan asam lambung. Ada juga simethicone yang berfungsi mengurangi gelembung gas berlebih di dalam lambung sehingga dapat mengurangi rasa kembung di perut. 

Dosis Konsumsi Promag Tablet 

Untuk meredakan sakit maag, Anda disarankan untuk mengonsumsi 1-2 tablet Promag Tablet sebanyak 3-4 kali sehari. Makanlah Promag Tablet segera setelah Anda merasakan gejala atau 1-2 sebelum makan dan sebelum tidur. 

Mengapa Harus Dikunyah Bukan Ditelan? 

Seperti kebanyakan obat maag tablet lainnya, Promag Tablet memang disarankan untuk dikonsumsi dengan cara dikunyah. Hal ini karena memang bentuk obatnya yang berupa tablet kunyah. 

Promag Tablet memang disarankan untuk dikunyah sebelum ditelan. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pencernaan obat tersebut sebelum sampai ke lambung. Dengan mengunyahnya lebih dulu, Anda telah menghancurkan Promag Tablet hingga menjadi sangat kecil sehingga lebih mudah untuk bereaksi saat sudah mencapai lambung. 

Berbeda jika Anda hanya menelannya tanpa mengunyah. Promag Tablet akan mencapai lambung jauh lebih cepat dibandingkan dengan mengunyahnya lebih dulu. Hanya saja, obat ini tidak akan langsung bekerja untuk menetralisir asam lambung melainkan harus memecah diri hingga menjadi bagian-bagian kecil. Oleh karena itu, Promag Maag disarankan dikonsumsi dengan cara dikunyah terlebih dahulu, baru ditelan dan minum air. 

Dampak dari Langsung Menelan Obat Tanpa Mengunyah 

Sejauh ini belum ditemukan dampak berbahaya dari mengonsumsi Promag Tablet dengan cara ditelan langsung tanpa dikunyah. Hanya saja efektivitasnya dalam menetralisir asam lambung akan berkurang. Dalam proses penyembuhannya pun akan memakan waktu lebih lama karena obat harus dicerna terlebih dulu sebelum bisa bekerja untuk meredakan gejala. 

Cara Atasi Maag Selain Dengan Obat

Jika maag yang Anda alami masih berada di level ringan, Anda bisa mengatasinya dengan mulai memberlakukan hidup sehat. Anda mulai memperbaiki pola makan dengan mengurangi makanan pedas, berlemak, dan bersantan, menghindari minuman bersoda dan berkafein, tidak langsung berbaring setelah makan, dan tidak langsung makan dalam porsi besar melainkan sedikit tapi sering. 

Selain itu, Anda juga perlu mengurangi bahkan berhenti dari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol yang dapat melemahkan otot sfingter dan mengikis lapisan lambung. Anda juga perlu melatih pikiran agar tidak mudah stres. 

Kapan Harus ke Dokter? 

Jika gejala maag Anda tidak kunjung membaik bahkan setelah Anda mengonsumsi Promag Tablet maupun menerapkan gaya hidup sehat, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Terlebih, jika Anda mengalami gejala berikut. 

  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba 
  • Hilang nafsu akan 
  • Sulit menelan makanan 
  • Sesak napas 
  • Nyeri dada 
  • Tubuh terasa lemas 
  • Tinja berwarna hitam 

Meskipun Promag Tablet adalah obat yang dijual bebas di pasaran, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya dalam jangka panjang. Segeralah periksakan diri Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Gunakan aplikasi kesehatan keluarga, SehatQ untuk mendapat rekomendasi dokter terbaik maupun melakukan booking konsultasi dokter dengan mudah tanpa antre. Unduh aplikasinya sekarang juga melalui Google Play Store dan App Store!

Sumber: 

https://toko.sehatq.com/produk/promag-tablet-3-strip-12-tablet
https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-maag-dan-cara-mengatasinya
https://hellosehat.com/pencernaan/maag/obat-maag-harus-dikunyah/
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/obat-maag-tidak-dikunyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *