Langkah Atasi Gejala Batuk untuk Si Kecil

Anak-anak bisa sangat rentan terkena penyakit batuk serta flu. Virus serta belum kuatnya imun anak bisa jadi penyebab penyakit ini dapat rentan terjadi pada anak. Saat sudah terkena batuk, orangtua pasti akan kewalahan dan berusaha agar anak bisa cepat sembuh dari penyakit ini.

Meski bukan penyakit yang membutuhkan penanganan khusus, jika tidak diatasi dengan benar, batuk dapat menyerang anak dalam waktu yang lama lho, moms.. inilah pentingnya bagi para orangtua untuk mengetahui cara yang tepat agar bisa sembuhkan batuk pada si kecil.

1. Istirahat yang cukup

Memastikan anak tercukupi kebutuhan jam tidurnya adalah hal yang penting agar tubuh anak dapat cepat pulih dari sakit. 9-13 jam per hari adalah waktu yang dibutuhkan anak agar anak tercukupi waktu tidurnya. Kemudian, pastikan anak tidak melakukan aktivitas berat apapun selama masa pemulihan dari sakit agar tubuh anak bisa lebih cepat pulih.

2. Berikan obat batuk

Dengan rutin menggunakan obat batuk yang sesuai, pelan-pelan gejala batuk yang diderita anak dapat bisa diatasi. Salah satu obat batuk anak yang dapat Anda coba adalah OBH Combi anak batuk plus flu. Obat ini adalah salah satu obat batuk yang memang dikhususkan untuk anak. Beberapa manfaat OBH Combi anak batuk plus flu adalah meredakan batuk, meringankan gejala flu akibat batuk, mengurangi sakit kepala dan hidung tersumbat, meringankan gejala bersin-bersin, serta membantu menurunkan demam. Gunakan 2 sendok takar obat sebanyak 3-4 kali sehari pada anak usia 6-12 tahun. Dan 1 sendok takar obat sebanyak 3-4 kali sehari pada anak usia 2-5 tahun. 

3. Berikan cairan yang banyak

Memberikan anak cairan yang banyak agar tubuhnya tidak sempat dehidrasi adalah hal yang tak kalah penting. Sebab, saat anak terkena dehidrasi, kemungkinan batuk semakin parah akan mudah terjadi. Akan lebih baik jika anak terus mengkonsumsi air hangat saat batuk, karena air hangat dapat membantu melegakan tenggorokan serta mengencerkan lendir. Jika anak enggan minum air putih hangat, orang tua bisa mengakalinya dengan memberikan sup hangat pada anak. Keduanya sama-sama dapat membantu melegakan tenggorokan dan plusnya, sekaligus menghangatkan tubuh.

4. Hindari makanan yang dapat pemicu batuk lebih parah

Jangan berikan anak makanan yang mengandung banyak minyak karena dapat memicu keluhan batuk. kemudian hindari juga makanan manis, makanan pedas, serta minuman dingin yang dapat membuat batuk bisa terjadi atau bahkan lebih parah. 

4. Gunakan humidifier

Udara yang lembab dapat meminimalisir terjadinya saluran pernapasan yang kering terjadi pada anak. Tanpa disadari, saat saluran pernapasan kering anak akan semakin mudah mengalami berbagai keluhan seperti sakit tenggorokan serta batuk. Anda dapat menggunakan humidifier pada kamar anak saat anak hendak beristirahat untuk mengatasi hal ini. 

5. Tinggikan bantal 

Memastikan kepala anak lebih tinggi dari pada badan saat tertidur dapat membuat anak lebih mudah bernafas, terlebih saat anak sedang mengalami masalah pernapasan. Anda dapat memposisikan anak senyaman mungkin dengan memberikan bantal double di kepalanya. 

6. Berikan ramuan herbal

Tak ada salahnya mulai mencoba memberikan ramuan herbal pada anak. Salah satu minuman herbal yang dapat meringankan gejala batuk dan pilek adalah air madu hangat dengan lemon, teh dengan madu, serta teh dengan jahe. Minuman ini dipercaya sangat baik bagi penyakit dengan masalah pernapasan seperti batuk.

7. Perbanyak makan buah

Buah yang kaya akan nutrisi dapat membantu proses penyembuhan penyakit menjadi lebih cepat. Salah satu buah yang banyak direkomendasikan untuk pemulihan setelah sakit adalah vitamin C. Anda dapat memberikan anak buah dengan kandungan vitamin C seperti pepaya, jeruk, jambu biji, anggur, kiwi, hingga strawberry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *