Layanan Fisioterapi Ada di RSUD Pakuhaji

Rumah Sakit Umum Daerah Pakuhaji atau RSUD Pakuhaji merupakan salah satu rumah sakit yang baru yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten. Meskipun baru berdiri pada awal tahun 2018, rumah sakit ini terbilang memiliki fasilitas layanan yang memadai.

Jika dilihat dari akun Instagram RSUD Pakuhaji, di sana terlihat ada beberapa layanan yang dapat diakses oleh masyarakat. Adapun fasilitas layanan kesehatan yang dimaksud, seperti IGD 24 jam, laboratorium, poli obgyn, poli anak, poli gigi, poli mata, dan poli bedah.

Berikutnya, terdapat pula fasilitas layanan poli penyakit dalam, poli kulit dan kelamin, poli jiwa, poli orthopedi, poli paru, poli syaraf, poli medical check up atau sering disebut MCU, dan poli fisioterapi.

Apabila berkaca pada fasilitas tersebut, maka tidak keliru jika kita beranggapan RSUD Pakuhaji sudah cukup mumpuni dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya warga di Kabupaten Tangerang.

Namun demikian, salah satu hal yang menarik untuk dibahas dari rumah sakit daerah tersebut adalah layanan poli fisioterapi. Secara umum, kita mengetahui fisioterapi adalah suatu terapi fisik yang dilakukan dengan berbagai prosedur saat melakukan pemeriksaan, menangani, dan mengevaluasi perkembangan pasien.

Akan tetapi, selain pengobatan, fisioterapi juga bisa digunakan untuk pencegahan, dalam hal ini mencegah cacat fisik. Selain hal itu, terapi ini bisa juga diterapkan untuk mengurangi risiko cedera dan gangguan pergerakan yang mungkin saja terjadi di kemudian hari.

Saat melakukan fisioterapi, pasien akan didampingi oleh fisioterapis. Adapun yang perlu diperhatikan, biasanya dokter akan menyarankan pasiennya melakukan fisioterapi apabila mendapati kondisi-kondisi tertentu. 

Kondisi yang dimaksud adalah apabila terjadinya gangguan pada tulang belakang pada pasien. Gangguan ini, akan mengakibatkan pasien merasakan nyeri di sekitar leher, bahu, atau punggung.

Meski demikian, umumnya seseorang yang disarankan untuk menjalani fisioterapi adalah pasien yang habis patah tulang. Tuntunya, fisioterapi dalam kondisi ini dibutuhkan untuk memaksimalkan proses penanganan. 

Lebih lanjut, dalam melakukan fisioterapi, masih ada pula kondisi-kondisi lainnya, yang mana pembaca bisa langsung mengomunikasikannya dengan dokter terkait, atau bila di sekitar Kabupaten Tangerang, bisa datang langsung ke RSUD Pakuhaji.

Masih berkaitan dengan fisioterapi, ada baiknya pasien yang hendak melakukannya mengetahui dulu apa-apa saja yang harus dilakukan sebelum dan sesudah fisioterapi. Dalam praktiknya, sebelum melakukan terapi fisik pasien akan menjalani serangkaian pemeriksaan lebih dulu dengan dokter spesialis fisioterapi. 

Dalam tahap tersebut, pasien dianjurkan untuk memenuhi ketentuan yang disampaikan oleh dokter. Sebab, dalam melakukan fisioterapi juga harus mengikuti prosedur dengan ketat. Saat melakukannya pun, tidak bisa dilakukan sembarangan, khususnya durasi saat menjalankan fisioterapi, yang biasanya sekitar 30-60 menit sekali sesi.

Meskipun sudah menjalankan fisioterapi, pasien tidak bisa serta merta hilang kontak begitu saja dengan dokter. Sebab, pascasesi pertama dilakukan, pasien harus berkomunikasi dengan fisioterapisnya guna melakukan evaluasi dari program yang telah dijalankan.

Hal tersebut dibutuhkan karena apabila berdasarkan hasil evaluasi dokter menyatakan fisioterapi harus kembali dilakukan, maka tentunya itu perlu dijalankan pasien demi memaksimalkan pemulihan. Di sisi lain, komunikasi dengan dokter menjadi penting guna meminimalisir risiko-risiko yang bisa ditimbulkan dalam fisioterapi.

Dari penjelasan di atas, diharapkan dapat memberikan informasi kepada pembaca tentang fisioterapi. Namun demikian, artikel ini tidak bisa begitu saja dijadikan rujukan karena berkomunikasi langsung dengan dokter terkait adalah hal yang disarankan.

Tentunya, dengan penjelasan mengenai fisioterapi, paling tidak masyarakat di Kabupaten Tangerang yang tinggal di sekitar RSUD Pakuhaji patut bersyukur karena rumah sakit itu memiliki layanan fisioterapi. Sebab, bagaimanapun juga fisioterapi adalah salah satu pelayanan yang penting untuk diberikan kepada pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *