Lebih Efektif, CDC Anjurkan Pemakaian Masker Dobel

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) kini resmi merekomendasikan penggunaan masker dobel atau dua masker sekaligus. Sejak pandemi COVID-19, masker menjadi barang wajib yang harus selalu digunakan untuk menghindari penularan virus. Awalnya, masker yang dianjurkan hanya satu buah saja, baik masker bedah, masker KN95, atau masker kain dengan bahan yang ditentukan. Namun, untuk meningkatkan perlindungan diri yang lebih efektif, masyarakat dihimbau untuk memakai masker dobel, yaitu masker medis sekali pakai yang dilapisi masker kain.

Benarkah Masker Dobel Lebih Efektif?

Hasil penelitian oleh CDC menyebutkan bahwa menggunakan masker dobel dapat mengurangi penularan partikel pembawa virus secara signifikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan masker medis, masker kain, serta pengaruh jika masker tersebut diikat dan tidak. Hasil dari percobaan pertama yang hanya menggunakan masker medis tidak diikat bisa mencegah 56,1% partikel dan masker kain mencegah 51,4% partikel. Kemudian, dilakukan kombinasi masker dobel, yaitu masker kain melapisi masker medis bisa mencegah hingga 85,4% partikel.

Percobaan kedua dilakukan dengan penggunaan masker medis yang talinya diikat bisa mencegah 77,0% partikel. Kemudian percobaan dilakukan dengan dua orang. Satu orang tidak memakai masker, dan satu orang lagi menggunakan masker dobel antara masker medis dengan masker kain. Hasilnya, dapat memblokir 83,0% partikel dan jika kedua orang menggunakan masker dobel dengan benar bisa menghalangi hingga 95% partikel.

Masker medis biasanya kurang pas ketika digunakan dan terkadang membuat celah disamping kanan-kiri wajah. Akibatnya, udara yang dihirup bisa membawa partikel yang tidak tersaring. Oleh karena itu gunakan masker kain yang berfungsi sebagai penjepit sehingga mencegah kebocoran udara. Hasilnya, pengguna masker dobel bisa mendapat perlindungan lebih efektif juga melindungi orang-orang di sekitar dengan lebih baik. Namun, agar bisa mendapat perlindungan yang efektif, Ada cara memakai masker dobel yang tepat, yaitu:

Gunakan Masker Medis Lebih Dulu

Gunakan masker medis sebagai lapisan pertama untuk masker dobel. Ada beberapa cara menggunakan masker medis yang benar. Pertama, posisikan garis kawat di atas hidung. Kemudian kaitkan tali pada telinga. Tarik masker ke bawah untuk menutup mulut hingga dagu. Tekan bagian kawat agar bentuknya pas mengikuti lekuk hidung sehingga masker tertutup rapat dan tidak ada celah.

Gunakan Masker Kain di Atasnya

Setelah menggunakan masker medis sekali pakai, Anda bisa melapisinya dengan masker kain untuk mencegah kebocoran udara dan meningkatkan perlindungan. Selain itu, masker kain juga berfungsi sebagai penjepit untuk mengamankan masker medis yang longgar. Pastikan bahwa tidak ada celah yang bisa dialiri udara, mulai dari bagian area atas masker dan sisi kanan-kiri. Perhatikan juga bahan dari masker kain yang digunakan. Jika masker dobel terlalu tebal justru akan membuat Anda kesulitan bernapas.

Masker Dobel yang Tidak Dianjurkan

Penggunaan masker dobel yang tidak dianjurkan CDC yaitu melapisi masker medis dengan masker medis lainnya, masker medis sekali pakai tidak bisa menutupi area wajah secara maksimal. Oleh karena itu, menggunakan masker medis lebih dari satu tidak dapat menambah perlindungan dari virus. CDC juga tidak menyarankan menggunakan masker dobel untuk masker KN95 atau masker respirator N95 karena satu lapis masker tersebut sudah cukup efektif sehingga tidak perlu dilapisi dengan masker lainnya.Selain menggunakan masker dobel, pencegahan virus juga wajib dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan di air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari kerumunan, dan tetap di rumah. Anda juga harus memperkuat daya tahan tubuh dengan asupan makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, dan lengkapi dengan vitamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *