Cara Mengobati Sariawan Penyebab Lidah Bayi Putih

Cara Mengobati Sariawan Penyebab Lidah Bayi Putih

Lidah bayi putih bisa diakibatkan karena dua hal, yaitu sisa susu dan sariawan. Sariawan yang menyebabkan lidah bayi putih ini biasanya karena adanya infeksi jamur Candida albicans. Sariawan tersebut merupakan infeksi karena jamur mulut yang paling umum terjadi pada bayi. Meski hal ini tidak menyebabkan hal yang serius, tetapi sariawan karena infeksi jamur Candida albicans bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit pada bayi.

Pengobatan Sariawan pada Bayi

Setelah mendapatkan atau memiliki diagnosis, Anda bisa mengobati sariawan pada bayi yang menyebabkan lidah bayi putih. Berikut pilihan pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk merawat sariawan pada bayi.

Perawatan medis

Untuk sariawan yang dialami oleh bayi, dokter dapat meresepkan obat antijamur (yang berbentuk tetes atau gel) yang mengandung nistatin, yang harus disebarkan di lidah dan di dalam mulut beberapa kali sehari selama 10 hari. 

Pengobatan menggunakan obat over-the-counter

Jika sariawan pada bayi memengaruhi area popok atau kulit kepala bayi Anda, Anda mungkin dapat menggunakan obat antijamur over-the-counter atau yang dijual bebas. Oleh karena itu, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu agar bayi Anda mendapatkan obat yang tepat.

Dokter juga bisa memberikan rekomendasi untuk untuk menambahkan Lactobacilli (bakteri probiotik) ke dalam makanan bayi, jika bayi Anda sudah lebih besar. Lactobacilli bertindak seperti bakteri “baik” untuk membantu membasmi jamur. Anda dapat membeli probiotik sebagai suplemen makanan, tetapi pastikan untuk memilih merek ternama dan memiliki kualitas terbaik yang cocok untuk bayi.

Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sariawan pada Bayi

Pengobatan rumahan untuk mengobati sariawan yang menyebabkan lidah bayi putih sering disebut sebagai obat ajaib. Tetapi, penggunaan pengobatan rumahan harus hati-hati. Oleh karena itu, gunakan pengobatan rumahan sebagai perawatan pelengkap saja, dan bukan sebagai pengobatan primer atau utama.

Bubuk Soda Kue

Gunakan sekitar setengah sendok teh soda kue ke dalam secangkir air mendidih yang telah didinginkan. Lalu pakailah cotton bud bersih untuk menyeka larutan di dalam mulut bayi Anda.

Tea Tree Oil

Gunakan 1 atau 2 tetes minyak tea tree atau tea tree oil ke dalam setengah cangkir air mendidih dan telah didinginkan. Aplikasikan menggunakan dengan cotton bud bersih.

Gentian Violet

Gentian violet sangat efektif melawan Candida albicans. Gunakan cotton bud bersih untuk mengoleskan larutan Gentian violet ini di mulut bayi Anda. Oleskan sekali dalam sehari sebelum menyusui, selama 4 hingga 7 hari. 

Minyak Kelapa Murni (VCO)

Minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur, terutama sekarang setelah spesies Candida yang resistan terhadap obat bermunculan.

Cara Mencegah Sariawan Penyebab Lidah Bayi Putih

Candida albicans merupakan jamur yang sangat menular. Hal ini karena Candida albicans merupakan jamur dimorfik, yang berarti jamur tersebut dapat berubah menjadi ragi atau jamur tergantung suhunya. Candida albicans dapat mudah menyebar, bertahan hidup dan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, pastikan Anda dan bayi sama-sama dijaga kebersihannya agar Candida albicans tidak berpindah dari mulut bayi ke puting lalu kembali ke mulutnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pencegahan umum berikut yang bisa membantu Anda.

  • Selalu disiplin untuk mencuci tangan, membersihkan mainan dan mencuci dot bayi.
  • Bersihkan dan cucilah handuk, pakaian dan bra yang mungkin bersentuhan atau terkena kontak dengan Candida albicans. Anda juga bisa mencuci dengan air panas.
  • Jika Anda memompa ASI, segera simpan ASI hasil pompa di lemari es sebelum dikonsumsi bayi Anda untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  • Jangan lupa untuk selalu mensterilkan pompa ASI dan komponennya sebelum Anda tidur.
  • Pastikan payudara Anda kering setelah menyusui.
  • Hindari menggunakan bantalan menyusui sekali pakai, dan ingatlah untuk mengganti bantalan menyusui saat basah.

Meski sariawan yang menyebabkan lidah bayi putih bukan merupakan masalah serius, tetapi hal ini pasti menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi. Sariawan dapat menyebabkan rasa sakit yang menusuk sehingga menghalangi kesenangan bayi Anda untuk menyusu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *