Macam-macam Tes Pemeriksaan Kesehatan di Prodia Banjar Baru

Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk berbagai tujuan, seperti upaya pencegahan, diagnosa, maupun evaluasi metode pengobatan. Di Banjar Baru, Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di Prodia Banjar Baru.

Jenis pemeriksaan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan Anda. Selain pemeriksaan kesehatan, Prodia juga menyediakan berbagai layanan laboratorium lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan keperluan.

Apa saja cakupan pemeriksaan di Prodia Banjar Baru?

Laboratorium klinik Prodia menyediakan banyak sekali layanan untuk pemeriksaan kesehatan. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Tes osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi kelainan pada tulang yang bisa memengaruhi pria maupun wanita. Kondisi ini semakin mungkin berkembang seiring bertambahnya usia. 

Untuk mendeteksi osteoporosis, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara mendalam. Di laboratorium klinik Prodia, tersedia tes yang bisa mendukung diagnosa osteoporosis.

Secara khusus, tes osteoporosis dianjurkan untuk dilakukan secara rutin bagi Anda yang sudah mencapai usia 65 tahun. Tapi, bisa saja dokter menyarankan untuk melakukan tes ini lebih cepat jika mencurigai adanya kondisi medis tertentu. 

  • Elektrokardiografi

Elektrokardiografi merupakan pemeriksaan yang memanfaatkan gelombang listrik dari aktivitas otot jantung. Alat elektrokardiogram akan merekam gelombang listrik tersebut dan menvisualisasikannya, sehingga Anda mendapat gambaran mengenai aktivitas jantung Anda. 

Pemeriksaan ini mungkin tidak selalu dilakukan saat Anda akan melakukan medical check up. Tapi, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ini di Prodia Banjar Baru apabila hasilnya dibutuhkan untuk diagnosa kondisi jantung Anda. 

  • Skrining kanker prostat

Seiring bertambahnya usia, pria rentan mengalami kanker prostat. Oleh sebab itu, pemeriksaan jenis ini juga bisa dilakukan saat pemeriksaan kesehatan secara umum, khususnya pada pria. 

Biasanya, jenis tes ini dianjurkan bagi pria yang sudah melewati usia 40 atau 50 tahun. Akan tetapi, untuk melakukannya, Anda harus mendapat rujukan dari dokter.

Oleh sebab itu, skrining kanker prostat di Prodia Banjar Baru tidak bisa dilakukan secara sembaran. Anda harus berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda sebelum melakukannya.

  • Tes diabetes

Tes diabetes juga penting dilakukan bagi pria dan wanita seiring bertambahnya usia. Tes ini juga sangat dianjurkan secara khusus bagi Anda yang memiliki riwayat genetik penyakit diabetes.

Saat akan melakukan tes diabetes di Prodia Banjar Baru, Anda mungkin harus menjalani puasa. Durasi puasa bisa saja berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kebijakan dari pihak laboratorium klinik.

Biasanya, tes diabetes dilakukan jika Anda memiliki kondisi tekanan darah tinggi, obesitas, serta kadar kolesterol yang tinggi. 

  • Tes deteksi kanker

Anda juga bisa melakukan tes deteksi kanker di Prodia Banjar Baru. Tes ini mencakup deteksi terhadap berbagai jenis kanker, seperti kanker serviks pada wanita ataupun kanker kolon dan paru-paru.

Pemeriksaan untuk kanker biasanya melibatkan tes pencitraan berupa CT Scan. Tes ini sering dilakukan pada orang berusia 55-80 tahun.

Untuk tes deteksi kanker paru-paru, meskipun Anda belum berusia 55 tahun, Anda tetap dianjurkan untuk mengambil tes ini jika memiliki kebiasaan merokok.

Itulah beberapa jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan di laboratorium klinik Prodia. Masih ada banyak jenis pemeriksaan lainnya yang tersedia di laboratorium klinik tersebut.

Anda bisa melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter Anda untuk menentukan jenis pemeriksaan yang perlu dijalani. Setelah itu, barulah Anda mengunjungi Prodia Banjar Baru untuk melakukan pemeriksaan dan hasilnya bisa dibawa kembali saat berkonsultasi dengan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *