Manfaat Minum Lemon Hangat di Pagi Hari, Bisa Cegah Gangguan Pencernaan

Meski di Indonesia air lemon kalah populer dari teh dan kopi, manfaat minum lemon tak kalah dibandingkan kedua minuman berkafein tersebut. Bahkan di banyak negara air lemon sudah menjadi minuman populer pengganti teh dan kopi di pagi hari.

Artikel berikut akan membahas manfaat minum air lemon dan mitos seputar khasiat lemon bagi tubuh.

Nutrisi pada lemon

Kandungan vitamin C pada satu buah lemon perasan dapat memenuhi sekitar 21% kebutuhan nutrisi harian tubuh (DV). Seperti yang diketahui, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Menurut United States Department for Agriculture, satu buah lemon peras (48 gram) juga mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 10,6 kalori
  • 18,6 mg vitamin C (21% DV)
  • 9,6 mcg folat (2% DV)
  • 49,4 mg kalium (1% DV)
  • 0,01 mg vitamin B-1 (1% DV)
  • 0,01 mg vitamin B-2 (1% DV)
  • 0,06 mg vitamin B-5 (1% DV)

Meski air lemon memiliki lebih sedikit nutrisi, hidangan ini mengandung 2 kali lebih sedikit gula dan kalori dibandingkan dengan setengah jus jeruk (43 g).

Manfaat minum air lemon

Berikut manfaat minum lemon perasan bagi kesehatan tubuh:

  1. Sebagai sumber antioksidan

Selain vitamin C, air lemon juga mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Antioksidan merupakan senyawa yang mencegah kerusakan sel tubuh, dan membersihkan radikal bebas yang menumpuk. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari risiko berbagai kondisi kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker.

  1. Mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon bisa memecah batu ginjal. Beberapa penelitian menunjukkan potensi manfaat minum air lemon perasan dalam mengobati batu ginjal, baik dengan mengkombinasikannya dengan terapi konvensional atau dilakukan sebagai pengobatan alternatif.

Tidak hanya itu, minum air lemon akan membantu tubuh membuang serpihan batu ginjal yang telah hancur.

  1. Mencegah dehidrasi

Meningkatkan asupan air membuat tubuh terhindar dari risiko dehidrasi. Dehidrasi akan membuat fungsi tubuh terganggu.

Menurut Food and Nutrition Board, dalam pedoman umum wanita harus mendapatkan minimal 2 liter air per hari dan sekitar 4 liter air per hari bagi laki-laki dewasa. Ini termasuk cairan yang berasal dari minuman atau makanan.

Menambahkan lemon ke dalam botol air Anda akan menambahkan perasa alami yang lezat sehingga memungkinkan Anda untuk meminum lebih banyak air dibandingkan sebelumnya.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin C pada lemon bertindak dalam meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi kerusakan kulit akibat paparan matahari, menjaga kelembaban kulit, serta bertindak sebagai anti-aging.

Pada uji coba laboratorium, minuman dengan bahan dasar jeruk membantu mencegah perkembangan keriput pada tikus yang tidak berbulu.

  1. Mencegah sembelit

Meminum air lemon hangat 15-30 menit sebelum sarapan dapat meredakan gejala gangguan pencernaan. Air lemon hangat akan membantu pergerakan sistem pencernaan ketika diminum dalam kondisi perut kosong, sehingga mencegah sembelit.

Catatan

Anda bisa mendapat manfaat minum lemon dengan cara memeras buahnya menjadi jus atau memasukkan irisan lemon ke dalam segelas air. Anda juga bisa membuat minuman lemon dan madu yang lebih nikmat. Selain itu siapapun bisa meminumnya.

Satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah asam dalam lemon dapat merusak enamel gigi sehingga membuat gigi lebih rentan berlubang. Meminum air lemon dalam jangka panjang tanpa disertai perawatan gigi yang baik akan membuat gigi Anda lebih cepat rusak.

Minum minuman asam melalui sedotan dapat melindungi gigi. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membilas mulut setelah minum air lemon. Hindari menyikat gigi setelah minum minuman asam karena enamel gigi dalam kondisi lunak dan sikat gigi akan membuatnya rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *