Manfaat Persahabatan untuk Kesejahteraan Hidup

Persahabatan dapat memperkaya hidup Anda dalam banyak hal. Dalam persahabatan pasti ada yang membingungkan, menantang dan terkadang bahkan membuat Anda mempertanyakan apa sebenarnya hubungan persahabatan tersebut. Tapi sebenarnya persahabatan penting untuk kesejahteraan Anda. Lalu apa manfaat persahabatan?

Pada dasarnya teman baik mengajari Anda tentang diri Anda dan menantang Anda untuk menjadi lebih baik. Teman mendorong Anda untuk terus maju di saat-saat sulit dan merayakan kesuksesan bersama Anda. Tapi sebenarnya teman lebih dari sekedar itu; mereka juga berdampak positif pada kesehatan Anda. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa persahabatan sama pentingnya untuk kesejahteraan Anda seperti makan dengan sehat dan berolahraga. 

Jadi bagaimana manfaat persahabatan yang bisa berkontribusi pada kesejahteraan Anda? Berikut manfaat persahabatan yang mungkin tidak Anda sadari:

1. Kekuatan mental dan fisik

Salah satu manfaat persahabatan yang sering dilupakan adalah bagaimana hal itu dapat memainkan peran penting dalam menjaga pikiran dan tubuh Anda kuat. Memiliki persahabatan yang solid dalam hidup Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, dan juga membantu Anda membuat pilihan gaya hidup yang lebih baik yang membuat Anda tetap kuat. Persahabatan membantu Anda mengatasi stres dan memungkinkan Anda pulih dari masalah kesehatan dan penyakit lebih cepat. Menghabiskan waktu dengan teman-teman yang positif bahkan dapat mengubah pandangan Anda menjadi lebih baik; artinya Anda lebih bahagia saat memilih menghabiskan waktu dengan orang-orang bahagia.

2. Kualitas hidup

Percaya atau tidak, persahabatan memiliki kekuatan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Menghabiskan waktu bersama teman mengisi hidup Anda dengan percakapan yang menyenangkan, dukungan, hati, dan banyak tawa. Memiliki banyak teman baik meningkatkan umur panjang bahkan lebih dari sekedar berhubungan dengan kerabat dan keluarga. Studi bahkan menunjukkan bahwa berhubungan secara mendalam dengan orang lain sebenarnya mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. 

3. Perilaku sosial

Komponen dasar dari hubungan apa pun, dari rekan kerja hingga pernikahan, semuanya didirikan dalam persahabatan. Orang-orang yang Anda bawa ke dalam hidup akan menunjukkan kepada Anda bagaimana berinteraksi dengan orang lain, bagaimana memaafkan, tertawa dan melakukan percakapan. Teman membantu Anda berinteraksi dengan hampir semua orang dan Anda belajar bagaimana berinteraksi dengan berbagai jenis orang karena teman tersebut. Terutama dari mereka yang memiliki pandangan berbeda tentang dunia. Biasanya teman membantu keluar dari zona nyaman sambil tetap memberikan ruang emosional yang aman bagi kita untuk menjadi diri sendiri.

4. Bantuan dan dukungan

Meskipun masa-masa sulit tidak selalu berlangsung terus menerus, proses melalui sesuatu yang mengubah hidup atau sulit terkadang bisa membuat Anda kewalahan. Untungnya, di sinilah teman ahli dalam membantu kita mendorong dan menerangi jalan kita selama proses tersebut. Teman tidak bisa menyembuhkan kesepian, tetapi mereka bisa berperan besar dalam mendukung saat Anda sangat membutuhkannya. Persahabatan juga memberikan manfaat agar Anda belajar bagaimana menerima kebaikan dan juga penting untuk meminta bantuan dibutuhkan. Dalam banyak situasi, persahabatan mengajari kita banyak hal tentang diri kita sendiri, dan sering kali hal itu membuat kita menyadari betapa pentingnya memiliki seseorang yang mengenal dan memahami Anda.

Saat kita melanjutkan ke usia 40-an dan seterusnya, kita belajar untuk menghadapi pasang surut dalam hidup, dan sekali lagi teman memberikan papan suara dan tempat untuk tumbuh. Persahabatan adalah kunci kesuksesan Anda dengan semua hubungan Anda dan hal itu dapat membantu menciptakan tujuan hidup.

Ada banyak manfaat persahabatan untuk kehidupan, selain dukungan, kesehatan mental dan kualitas hidup, persahabatan yang baik bisa menjadi salah satu hal terindah dalam hidup Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *