Manfaat serta Kandungan Ferospat Effervescent Tablet

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya gizi. Selain itu, suplemen juga penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan zat besi. Salah satu suplemen yang direkomendasikan ialah Ferospat Effervescent Tablet. 

Karena itu, agar nutrisi ibu hamil dan menyusui terpenuhi, Anda perlu mengetahui kandungan suplemen yang dibutuhkan tersebut aman dan kaya manfaat. Berikut ini kandungan serta manfaatnya. 

Apa saja kandungan dalam Ferospat Effervescent Tablet? 

Ferospat Effervescent Tablet memiliki banyak manfaat, terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Di antaranya, memenuhi kebutuhan zat besi untuk wanita hamil dan menyusui. 

Tak hanya itu, suplemen tersebut juga berfungs meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan saraf dan sel tubuh wanita hamil. Yang paling penting, suplemen tersebut juga bertugas mencegah risiko anemia kekurangan zat besi. 

Suplemen Ferospat Effervescent mengandung ferric pyrophosphate 14 mg, mikroenkapsulasi yang setara dengan zat besi 14 mg, vitamin C 50 mg, asam folat 0,5 mg, vitamin B12 7,5 mcg, mangan sulfat 10 mcg, hingga kupri sulfat 100 mg. 

Berikut ini beberapa pengertian serta manfaat dari kandungan suplemen tersebut. 

1. Ferric pyrophosphate merupakan produk pengganti besi. Zat besi membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen melalui darah ke jaringan dan organ. 

Tidak hanya untuk ibu hamil dan menyusui, ferric pyrophosphate digunakan untuk mengobati kekurangan zat besi pada orang dengan penyakit ginjal kronis yang menjalani dialisis. Ferric pyrophosphate juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini. 

2. Mangan adalah trace mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Meski begitu, kebutuhannya hanya dalam jumlah kecil bagi tubuh manusia. 

Luar biasanya, mangan sulfat berkontribusi pada banyak fungsi tubuh. Termasuk metabolisme asam amino, kolesterol, karbohidrat, hingga glukosa. Peran lainnya ialah berfungsi dalam pembentukan tulang hingga mengurangi peradangan. 

Apa manfaat yang didapat dalam mangan sulfat? 

– Memberikan antioksidan karena antioksidan itulah yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Atau bisa juga disebut dengan molekul yang menghancurkan sel-sel dalam tubuh.

– Mendukung kesehatan tulang. Kandungan mangat sulfat bisa meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang akan kuat. Lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan nutrisi lain seperti kalsium dan vitamin D.

– Menurunkan gula darah. Untuk penderita diabetes, mangan dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

– Menyembuhkan luka karena mangan sulfat berfungsi membantu pembentukan bekuan darah.  

3. Folat dan asam folat adalah bentuk vitamin B9 yang digunakan untuk defisiensi dan untuk mencegah komplikasi kehamilan. Banyak makanan mengandung folat atau asam folat ditambahkan. Selain itu, asam folat berguna untuk mencegah serta mengobati kadar folat darah rendah serta kadar homosistein darah tinggi. Orang yang sedang hamil atau mungkin hamil mengonsumsi asam folat untuk mencegah cacat lahir yang serius seperti spina bifida. 

Bagaimana aturan pakai dan dosisnya? 

Bagi Anda yang akan mengonsumsi Ferospat Effervescent Tablet sebaiknya perlu resep dokter agar penggunaannya tepat. Biasanya, dosis yang dibutuhkan ialah 1 tablet effervescent sebanyak 1 kali per hari. 

Untuk aturan pemakaiannya, larutkan tablet Ferospat Effervescent Tablet ke dalam segelas air. Kemudian, tunggulah hingga larut sempurna. Setelah itu, minumlah larutan tersebut hingga habis.

Agar obat tetap bekerja efektif, simpanlah suplemen tersebut di tempat yang tepat. Misalnya, pada tempat yang sejuk nan tetap kering serta terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. 

Perhatikan sebelum mengonsumsi obat

Disarankan untuk tidak mengonsumsi Ferospat Effervescent Tablet bersama suplemen kalsium. Lebih lanjut Hentikan pemakaiannya apabila terjadi reaksi alergi.

Yang paling penting, bagi Anda yang menderita diabetes melitus atau pasien dengan gangguan fungsi ginjal dan hati akut tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

Ada pula efek samping yang dihasilkan dari obat tersebut. Di antaranya, susah buang air besar, feses berwarna agak gelap, mual dan muntah, hingga kram perut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *