Begini Tips Melakukan Senam Zumba Bagi Para Pemula

Manfaat zumba sangat banyak, terutama bagi kesehatan tubuh. Kemungkinan sebagian orang masih merasa asing atau telah melakukannya, tetapi tidak mengetahui istilahnya. Peminat zuma setiap harinya semakin meningkat. Banyak kaum pemuda yang melakukan gerakan zumba, khususnya wanita. Apalagi gerakannya sangat energik dan menyenangkan.

Bahkan, ada yang menjadikannya sebuah komunitas khusus bagi yang ingin mengikuti zumba. Oleh karena ini, penting kiranya bagi Anda mengetahui informasi lengkap tentang zumba.

Apa Itu Zumba?

Zumba merupakan salah satu jenis olahraga yang menggerakkan seluruh bagian tubuh. Dengan banyaknya gerakan tersebut, maka sering kali disebut sebagai tarian atau dance.

Olahraga ini termasuk jenis senam aerobik, karena sebagian gerakannya berasal darinya. Untuk itu, mungkin Anda seringkali sulit membedakan antara keduanya.

Banyak yang menyukai zumba karena memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat zumba ialah lebih banyak membakar kalori. Selain itu, musik menyenangkan yang mengiringi bisa meningkatkan hormon endorfin.

Oleh karena itu, setelah melakukan gerakan zumba, manfaat zumba untuk kesehatan dapat terasa. Misalnya, Anda merasa lebih bugar, aktif, dan energik. Musik yang mengiringinya kebanyakan bergenre hip-hop.

Sejarah Zumba

Orang yang mengenalkan zumba pertama kali adalah Alberto Beto Perez. Asalnya dari Columbia, Amerika Selatan, yaitu pada tahun 2001. Kemudian, menjadi begitu populer sampai sekarang.

Oleh karena itu, kata zumba berasal dari bahasa Columbia, yaitu Zum-Zum dengan arti gerak cepat. Awal mula sejarahnya sangat unik, seperti hal yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Pada suatu hari, Beto hendak mengajar senam Aerobic, tetapi lupa tidak membawa CD. Meskipun begitu, latihan tetap berjalan dengan inisiatif dari idenya.

Kemudian, Beto mengambil semua CD yang ada di mobilnya. CD tersebut berisi genre latin, yaitu Salsa, Rumba, Meringue, sampai Reggaeton. Dengan musik tersebut, Beto melakukan improvisasi terhadap gerakannya.

Setelah kelas usai, ternyata gerakan campuran antara latin dan Aerobik itu mendapat sambutan baik. Semua muridnya suka dengan gerakan tersebut. Semenjak itu, gerakan zumba hadir dan banyak yang melakukannya.

Sedangkan, kedatangan gerakan tersebut di Indonesia bermula pada tahun 2009. Namun, baru populer pada tahun 2012 dan semakin banyak yang mengikuti kelas zumba.

Dengan tersebarnya ke berbagai penjuru dunia. Zumba menjadi semakin banyak jenisnya, seperti Samba, Aqua Zumba, Salsa, dan lainnya. Jadi, tidak mengherankan jika gerakannya pun beragam.

Tips Senam Zumba untuk Pemula

Meskipun manfaat zumba sangat banyak, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama bagi pemula, mengingat gerakannya yang cukup menguras energi.

1. Periksa Kesehatan Terlebih Dahulu

Senam zumba membutuhkan gerakan semua bagian tubuh. Jadi, jika Anda memiliki cidera pada tubuh bagian bawah. Misalnya, pada lutut atau pergelangan kaki, maka hal yang perlu dilakukan ialah konsultasi dengan dokter.

Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa dengan keadaan tersebut bisa aman atau tidak. Jika tidak memungkinkan, sebaiknya jangan mengikuti kelas zumba. Bisa juga dengan ikut kelas dengan intensitas rendah.

2. Mengukur Kemampuan Diri

Anda bisa mengukur gerakan zumba sesuai kemampuan. Sebab, jika menggunakan gerakan yang terlalu cepat, maka risiko cedera semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya memakai tempo yang pelan saja.

3. Mengikuti Kelas Zumba Bersertifikasi

Jika Anda hendak mengikuti kelas zumba, maka pilihlah yang sudah berpengalaman. Selain itu, kelas tersebut juga memiliki sertifikat yang menunjukkan kualitasnya. Pelatih kelas zumba bersertifikasi pasti sudah profesional dan bukan sembarang orang. Jadi, keamanannya juga semakin terjamin. Selain itu, manfaat zumba akan benar-benar Anda rasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *