Mengenal Hormon Tiroksin yang Ada di Tubuh

Mengenal Hormon Tiroksin yang Ada di Tubuh

Hormon tiroksin atau juga disebut dengan istilah T4 merupakan salah satu hormon yang penting di dalam tubuh manusia, hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Sehingga, kadar dan fungsi hormon tiroksin perlu dijaga agar tetap normal dan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik serta normal, inilah pentingnya mengetahui hasil FT4.

FT4 merupakan pemeriksaan laboratorium yang termasuk memeriksa kadar hormon tiroid, hormon ini adalah salah satu dari dua jenis hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid di dalam leher. Jenis hormon tiroid yang lain adalah triiodotironin atau T3, kedua jenis hormon ini produksinya diatur oleh hormon perangsang tiroid atau TSH yang dihasilkan otak.

Fungsi Hormon Tiroksin

Sebelum mengetahui bagaimana hasil FT4, ada baiknya memahami beberapa fungsi hormon tiroksin untuk kesehatan tubuh. Hal ini akan membuat seseorang lebih peduli dengan kadar hormon tiroksin di dalam tubuh, sehingga nantinya seseorang bisa memilih antisipasi yang tepat ketika dalam kondisi tidak memungkinkan.

  1. Mengatur Metabolisme Tubuh

Proses pembentukan energi dan suhu panas alami tubuh oleh seluruh sel serta jaringan disebut dengan metabolisme. Jika proses ini bermasalah, otomatis kinerja organ tubuh juga akan terganggu, karena itulah metabolisme harus diatur agar prosesnya tetap stabil. Hormon tiroksin, berperan untuk mengatur cepat lambat proses berlangsung.

  1. Memelihara Fungsi Jantung

Jantung bekerja tanpa henti untuk memompa darah dengan membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Organ dan jaringan tubuh membutuhkan lebih banyak aliran darah, dalam proses ini hormon tiroksin bekerja dengan memperkuat pompa jantung agar aliran darah tercukupi.

  1. Menjaga Fungsi Otak

Hormon tiroksin juga memiliki tugas untuk memastikan otak tetap terjaga, waspada dan sensitif terhadap keadaan sekitar serta rangsangan yang diterima oleh tubuh. Jika hormon tiroksin dan T3 berkurang, seseorang akan lebih mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi.

  1. Menjaga Fungsi Organ Reproduksi

Baik pria maupun perempuan, kinerja organ reproduksi mereka membutuhkan peran penting hormon tiroksin. Hormon ini membuat tubuh perempuan mengalami ovulasi dan menstruasi secara teratur setiap bulan. Sementara untuk pria, berperan dalam rangsangan yang mengatur proses pembentukan sperma.

  1. Merangsang Produksi Hormon Pertumbuhan

Hormon ini juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan otak janin di dalam kandungan sekaligus memastikan tumbuh kembang bayi berjalan lancar pasca dilahirkan. Untuk anak-anak, hormon ini membantu pembentukan hormon pertumbuhan yang berpengaruh pada ukuran dan berat badan hingga masalah pubertas.

Pemeriksaan Hormon Tiroksin

Untuk mengetahui hasil FT4 diperlukan pemeriksaan kadar hormon tiroid yang termasuk dalam pemeriksaan laboratorium. Tujuan pemeriksaan ini sebagai penunjang dokter dalam memastikan diagnosis atau kondisi medis, meskipun tidak menjadi acuan. Dokter perlu melihat kondisi klinis dari pasien, ada tidaknya keluhan yang dialami oleh pasien.

Gambaran dari kondisi TSH normal namun FT4 merupakan fase awal dari hipertiroid, yang mana dalam keadaan ini belum terjadi pengurangan produksi TSH atau kondisi langka Refetoff Syndrome. Apabila hasil dari pemeriksaan menunjukkan kenaikan sedikit  dari nilai di atas normal belum tentu, maka benar-benar terjadi hipertiroid.

Keluhan pasien hipertiroid di antaranya seperti berdebar-debar, mudah berkeringat padahal tidak melakukan aktivitas, tremor atau gemetaran, berat badan menurun hingga mengalami gangguan pernapasan. Konsumsi obat-obatan, sakit infeksi dan makanan tertentu bisa menyebabkan sedikit peningkatan pada FT4.

Segera lakukan pemeriksaan kepada dokter ahli penyakit dalam agar segera mendapat pengkajian lebih terhadap kondisi kesehatan. Setidaknya untuk mengetahui ada dan tidaknya gejala klinis hipertiroid melalui konsultasi atau wawancara yang disertai pemeriksaan fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *