Mengenal Penyakit Acute Necrotizing Encephalopathy (ANE)

Memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit merupakan satu diantara hal yang diimpikan setiap orang. Menjaga pola hidup yang sehat dan teratur merupakan cara mudah untuk mencegah terjadinya hal – hal yang diinginkan pada tubuh kita. Saat ini, seiring dengan pola hidup seseorang, banyak ditemukan beberapa penyakit baru. Bahkan, diantara penyakit tersebut merupakan penyakit baru yang berbahaya dengan resiko kematian cukup tinggi seperti Acute Necrotizing Encephalopathy.

Acute Necrotizing Encephalopathy atau Ensefalopati Nekrotikans Akut merupakan penyakit baru yang merusak sistem kerja otak seseorang. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit langka yang berbahaya, diawali dengan ditemukannya virus pada otak seseorang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai penyakit tersebut, simak penjelasan pada artikel berikut ini.

Apa itu Acute Necrotizing Encephalopathy (ANE)?

Encephalopathy atau dalam Istilah Indonesia disebut Ensefalopati merupakan kelainan yang menyerang sistem kerja otak manusia, sehingga tidak mampu bekerja secara optimal. Hal itu disebabkan karena adanya kerusakan pada otak.

Secara umum, penyakit ANE atau Acute Necrotizing Encephalopathy sebagian besar dirasakan oleh anak – anak maupun usia remaja.

Namun, tidak menutup kemungkinan, orang dewasa sangat rentan terkena penyakit yang diawali oleh sebuah virus tersebut.

Gejala dan Penyebab ANE

Sama halnya dengan penyakit lainnya, ANE atau penyakit yang merusak sistem kerja otak. Penderita akan mengalami gejala penyakit ANE mulai dari kondisi mental pada diri seseorang berubah secara continue. 

Perubahan tersebut seperti hilangnya konsentrasi pada otak, serta adanya gangguan pada sistem gerak seseorang yang semua itu dikendalikan oleh otak.

Selain gejala diatas, beberapa hal berikut juga menjadi penyebab seseorang terindikasi mengalami kerusakan pada otak:

  • Otak mengalami kekurangan oksigen
  • Adanya gangguan pada elektrolit
  • Tekanan darah yang senantiasa mengalami perubahan, baik tinggi maupun rendah.
  • Ketergantungan pada obat – obatan yang berlebihan
  • Adanya gangguan pada hati

Seberapa Bahayanya Penyakit pada Otak Tersebut?

Sistem saraf manusia merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami gangguan. Otak manusia merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang memiliki peranan penting dalam mengatur sistem gerak tubuh seseorang.

Apabila otak mengalami kerusakan, sepertinya terjadinya penyakit Acute Necrotizing Encephalopathy secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem saraf pusat tersebut.

Bahaya lain yang akan terjadi apabila seorang mengalami ANE, yaitu tidak adanya keseimbangan pada tubuh. Karena sistem saraf yang memiliki peran vital (otak) telah terjangkit virus berbahaya.

Penyembuhan pada Penderita

Pengobatan Acute Necrotizing Encephalopathy tergantung dari kondisi klinis pasien. dilakukan berdasarkan keadaan pasien yang bersangkutan.

Namun, untuk saat ini, dalam dunia medis, belum ditemukan penyembuhan secara khusus kepada pasien penderita ANE.

Setidaknya, para dokter telah memberikan tiga bentuk penyembuhan kepada penderita ANE, antara lain:

  • Pengobatan Simptomatik

Pengobatan simptomatik menggunakan obat antiepilepsi dengan tujuan untuk melakukan pencegahan pada kejang yang dialami penderita Acute Necrotizing Encephalopathy. Obat antiepilepsi yang dipakai dalam terapi ini seperti TNF Alfa, dengan kandungan immunoglobulin, plasmapharesis dan glukokortikoidnya.

  • Pengobatan Hipotermia

Metode penyembuhan Hipotermia diberikan dengan melakukan penurunan pada suhu tubuh, tujuannya agar otak tidak mengalami kerusakan secara menyeluruh. 

Secara umum, pengobatan ini hanya diberikan kepada penderita dengan bawaan penyakit dalam yang dimilikinya.

  • Terapi Penunjang

Penyembuhan dengan metode memiliki tujuan yaitu, agar tetap terjaganya fungsi tubuh dengan baik. 

Terapi penunjang hanya diperuntukkan kepada penderita dengan tingkat kesadaran sangat rendah, seperti koma. Sehingga sirkulasi tubuh pada penderita tersebut bisa berjalan dengan normal.

Pengenalan mengenai penyakit Acute Necrotizing Encephalopathy seperti diatas, setidaknya akan sangat membantu Anda agar lebih bersikap protektif dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan sistem saraf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *