Mengenal Spesialisasi dan Fasilitas di Klinik Mata Nusantara

Klinik Mata Nusantara atau KMN EyeCare merupakan penyedia layanan kesehatan mata yang telah berdiri sejak tahun 2004. Klinik ini didirikan oleh Dr. Sjakon G. Tahija, Sp.M dan merupakan bagian dari ANJ HealthCare.

Saat ini, terdapat lima cabang KMN EyeCare yang telah didirikan, masing-masing berlokasi di Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk, dan Semarang.

Spesialisasi di Klinik Mata Nusantara

Sebagian besar dokter mata di KMN EyeCare telah menjalani pelatihan berstandar internasional. Para dokter mata tersebut terbagi ke dalam berbagai bidang spesialisasi yang tersedia di KMN EyeCare. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Retina

Di KMN EyeCare, diagnosa gangguan pada retina dilakukan menggunakan teknologi mumpuni, seperti ultrasonografi, optical coherence tomography (OCT), fluorescine angiography (FFA), dan indocyanine green angiography (ICG).

Salah satu pengobatan yang tersedia berupa photodynamic theraphy (PDT) atau laser dingin. Saat ini, KMN EyeCare menjadi satu-satunya rumah sakit mata atau klinik mata di Indonesia yang menyediakan layanan PDT.

  • Katarak

Katarak telah menjadi penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. KMN EyeCare menyediakan layanan operasi katarak dengan berlandaskan pada standar internasional.

Sebanyak 95% operasi katarak di klinik ini menggunakan metode fakoemulsifikasi. Setelah itu, pasien akan dipasangkan lensa tanam untuk mengembalikan fungsi penglihatan. Lensa tanam di KMN EyeCare adalah lensa tanam berkualitas tinggi, salah satunya lensa acrysof.  

  • Glaukoma

Glaukoma biasanya ditandai dengan peningkatan tekanan pada bola mata. Di KMN EyeCare, diagnosa kondisi glaukoma dilakukan dengan beberapa metode pemeriksaan, yaitu tonometer, pakimetri, perimetri, tomografi koherensi optik, dan pencitraan saraf optik atau foto saraf optik.

Sementara, layanan upaya pengendalian glaukoma menggunakan obat tetes mata, laser untuk pengobatan glaukoma, serta operasi glaukoma.

  • Lasik

Lasik dilakukan untuk meningkatkan penglihatan pasien menjadi lebih baik. Lasik di KMN EyeCare dilakukan tanpa menggunakan sayatan sama sekali, melainkan menggunakan teknologi laser yang telah disetujui oleh FDA.

Di KMN EyeCare, langkah-langkah tindakan klasik dilakukan dengan pertama-tama pemetaan kornea secara 3D (3D corneal mapping), penciptaan flap personal, lalu koreksi penglihatan personal.

  • Mata juling

Mata juling atau strabismus dapat diatasi dengan berbagai cara, seperti pemakaian penutup mata, latihan mata, hingga operasi mata. Di KMN EyeCare, metode pengobatan mata juling disesuaikan dengan kondisi setiap pasien.

Apabila pasien harus melakukan operasi, biaya operasi akan sangat beragam, tergantung dnegan kondisi masing-masing pasien.

Fasilitas medis dan non medis di Klinik Mata Nusantara

KMN EyeCare memberikan layanan kesehatan mata yang berstandar internasional. Layanan kesehatan diberikan oleh para petugas medis yang telah mendapatkan sertifikasi dan profesional di bidangnya.

Klinik ini menyediakan beragam fasilitas untuk pasiennya, baik fasilitas medis maupun non medis. Fasilitas tersebut meliputi:

  • Call center
  • Ruang tunggu dengan snack bar, playground, dan WiFi
  • Optik kacamata dan lensa kontak
  • Laboratorium dan farmasi
  • Peralatan diagnostik dan operasi
  • Sistem perjanjian dengan dokter yang sistematis
  • Musholla
  • Klinik Diabetes Nusantara
  • Kerja sama dengan perusahaan asuransi, bank, fintech, dan rumah sakit

Selain itu, KMN EyeCare juga menyediakan layanan konsultasi online. Konsultasi online dilakukan melalui aplikasi Zoom. Setiap pasien diharapkan untuk menggunakan nama asli dan memiliki jaringan internet yang baik.

Layanan konsultasi online di Klinik Mata Nusantara berdurasi maksimal 15 menit per pasien. Sebelumnya, pasien harus terlebih dahulu melakukan jadwal konsultasi dan melakukan perubahan jadwal paling lambat H-2 sebelum waktu yang telah dijadwalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *