Obat Cantengan Alami yang Aman Digunakan

Cantengan atau kondisi ujung jari bengkak disertai memerah bisa terjadi karena beberapa hal, seperti infeksi bakteri, kuku menabrak benda tumpul, kuku patah, atau pemotongan kuku dilakukan secara tidak rapi dan terlalu pendek. Kondisi itu memang tidak menyenangkan karena bisa mengganggu aktivitas kita. Akan tetapi, kondisi tersebut bisa diatasi, salah satunya adalah menggunakan obat cantengan alami. 

Sebagai informasi, obat cantengan alami ini bukanlah satu-satunya obat yang bisa mengatasi cantengan. Sebab, dari beberapa sumber dikatakan bahwa sampai saat ini, obat cantengan juga bisa ditemukan di toko obat. Hanya saja, jika anda ingin mengatasi cantengan secara alami, artikel ini bisa anda baca karena bakal merekomendasikan obat cantengan alami. 

obat cantengan di apotek

Air hangat 

Mengobati cantengan dengan mudah adalah dengan merendam kaki pakai air hangat. Namun demikian, sebelum merendam kaki, anda pastikan dulu kalau air sudah dicampur dengan sedikit garam. Nah setelah itu, anda bisa merendam kaki selama lima belas sampai dengan dua puluh menit. 

Cara tersebut dilakukan karena punya manfaat untuk mengangkat bakteri pada sela-sama kuku anda. Jika anda mengalami cantengan, cara ini dapat digunakan sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari. 

Lidah buaya 

Gel dari lidah buaya bisa digunakan pula sebagai obat cantengan alami. Diketahui, dalam gel lidah buaya ada kandungan antibakteri, antiseptik, polyphenol, dan antioksidan. Lantaran empat kandungan tersebut, gel lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk meredakan inflamasi yang diakibatkan cantengan. 

Bila anda ingin menggunakan gel lidah buaya, anda cukup mengoleskan gel pada area yang mengalami cantengan. Akan tetapi, setelah dioleskan jangan lupa untuk ditutup menggunakan perban, ya. 

Kunyit 

Yap, kunyit alias bumbu dapur ini ternyata dapat anda gunakan sebagai obat cantengan. Pasalnya, bahan nan sering dijadikan bumbu makanan ini mengandung antiinflamasi. Oleh sebab itu, kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan sampai rasa sakit akibat cantengan. 

Adapun bila anda ingin menggunakan kunyit, langkah yang dilakukan cukup mudah. Pertama anda perlu parut kunyit secukupnya. Setelah itu, anda hangatkan larutan tersebut sebelum menggunakannya dengan mengoleskan di bagian yang mengalami cantengan. Beberapa sumber menyatakan, cara ini dapat anda lakukan sebanyak dua kali dalam sehari. 

Baking soda 

Bahan yang cukup sering digunakan untuk membuat adonan kue ini ternyata dapat digunakan sebagai obat cantengan. Hal itu karena baking soda dapat mengubah tingkat pH pada kulit. Ketika tingkat pH pada kulit ini bisa diubah, maka pertumbuhan bakteri secara otomatis bisa diminimalisir atau dikurangi. 

Adapun langkah penggunaannya adalah anda cukup mengambil satu sendok teh baking soda dan teteskan air sebelum dioleskan ke bagian yang sedang cantengan. Dirangkum dari beberapa sumber, pemakaian baking soda sebagai obat cantengan dapat anda lakukan sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai obat cantengan alami. Tentu cara di atas bisa anda gunakan sebagai alternatif pengobatan. Akan tetapi, apabila anda merasa ragu, anda bisa menggunakan obat cantengan yang banyak dijual di apotek. Dari beberapa obat tersebut, sebagian ada yang bisa digunakan tanpa resep dokter dan lainnya memerlukan resep dokter. Namun, penggunaan obat yang dijual di apotek juga perlu dilakukan secara hati-hati karena ada obat yang bisa menimbulkan efek samping. 

Akhir kata, baik obat cantengan alami atau obat yang didapat di apotek, langkah terbaik adalah melakukan pencegahan. Cara mencegah cantengan sangat mudah, yaitu dengan menghindari semua penyebab yang dapat bikin kondisi tersebut muncul di ujung jari kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *