Jenis-Jenis Insulin untuk Pengobatan Diabetes

Selain menjalani pengobatan diabetes, mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu Anda mengelola kadar gula. Pengobatan diabetes memang harus berjalan seiring dengan gaya hidup yang sehat untuk mencegah risiko penyakit komplikasi dari diabetes. 

Jenis-Jenis Pengobatan Diabetes

Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, namun Anda dapat mengontrol dan mencegah risiko bahaya akibat diabetes. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan diabetes sesuai dengan anjuran dan resep dokter. Ada beberapa jenis pengobatan diabetes berdasarkan jenis diabetes yang Anda alami, yaitu: 

1. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh gangguan sistem imun tubuh (autoimun), sehingga pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup atau tidak memproduksi insulin sama sekali. Selain kondisi medis, riwayat penyakit keluarga (genetik) juga menjadi faktor penyebab risiko diabetes tipe 1. 

Penderita diabetes tipe 1 membutuhkan asupan insulin seumur hidupnya, sehingga setiap harinya harus mengonsumsi obat-obatan. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan insulin, penderita diabetes 1 perlu mengonsumsi obat-obatan, injeksi insulin, dan pompa insulin untuk bertahan hidup. Selain itu, penderita diabetes 1 juga perlu memeriksa kadar gula darah setiap saat untuk memantau kadar gula darah dan memastikan dalam kadar yang normal. 

2. Diabetes tipe 2

Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang dewasa dan umumnya disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Penderita diabetes tipe 2 dapat memproduksi insulin secara cukup namun tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan penumpukan glukosa dalam gula darah.

Penderita diabetes tipe 2 membutuhkan obat diabetes untuk mengontrol gula darah dan disarankan untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Obat-obatan yang mungkin dikonsumsi untuk menjaga gula darah tetap stabil seperti:

  • SGLT2
  • Metformin
  • Meglitinides
  • Sulfonylureas
  • GLP-1
  • dan injeksi insulin jika diperlukan.

3. Diabetes gestasional

Penderita diabetes gestasional akan disarankan untuk mengontrol kadar gula terlebih dahulu dengan menjalankan diet sehat dan olahraga. Jika hal tersebut tidak berhasil maka dokter akan memberikan obat-obatan diabetes seperti insulin atau pil metformin yang aman dikonsumsi selama kehamilan. 

Jenis-Jenis Insulin

Insulin tidak dapat dikonsumsi secara oral untuk menurunkan gula darah karena enzim lambung dapat mengganggu kerja insulin. Seringkali insulin disuntikkan menggunakan jarum halus dan jarum suntik atau pena insulin.

Beberapa jenis insulin tersedia tersedia di apotek terdekat namun hanya bisa digunakan sesuai anjuran dokter. Setiap jenis insulin memiliki efek dan cara kerja yang berbeda mulai bekerja yang dikenal sebagai “onset”.

Sebagian besar jenis insulin dapat bekerja hingga puncaknya sehingga dapat menurunkan gula darah dengan cepat. Kemudian efek insulin akan hilang selama beberapa jam atau lebih. Berdasarkan kecepatan dan durasi kerjanya, insulin terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu: 

1. Rapid – Acting

Obat ini dikonsumsi bersamaan dengan makanan dan bekerja selama 1-5 jam.  Umumnya dikombinasikan dengan insulin long-acting.

  • Onset 15-30 menit
  • Peak 30-90 menit

2. Short – Acting 

Obat ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan insulin, dikonsumsi setelah makan 30-60 menit. Durasi kerja obat ini 2-8 jam.

  • Onset ½ – 1 jam 
  • Peak 2-5 jam 

3. Intermediate – Acting

Digunakan untuk memenuhi kebutuhan insulin selama setengah hari atau sepanjang malam dan biasa dikombinasikan dengan obat lain.

  • Onset 1-2 ½ jam
  • Peak 3 – 12 jam

Catatan

Ikuti saran dokter tentang kapan dan bagaimana cara menggunakan insulin. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin juga merekomendasikan insulin premix yang merupakan campuran dari dua jenis insulin. Beberapa jenis insulin harganya lebih mahal daripada yang lain, jadi bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan insulin jika Anda khawatir tentang biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *