Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Menyusui

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Menyusui

Kebutuhan kalsium ibu menyusui adalah salah satu hal yang telah menjadi perhatian dalam dunia kesehatan. Alasan terbesarnya adalah banyaknya kalsium yang disekresikan ke dalam ASI dan digunakan oleh bayi untuk pertumbuhan tulang yang lebih kuat. Bahkan, proses ini sebanding dengan kecepatan cahaya, alias terjadi dengan cepat, sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja.

Jika Anda tidak mempertahankan asupan kalsium yang cukup melalui makanan, Anda mungkin saja berisiko tinggi mengalami osteoporosis di kemudian hari. Cari tahu lebih banyak seberapa penting kalsium untuk ibu menyusui di dalam artikel berikut ini.

4 Alasan kebutuhan kalsium ibu menyusui harus terpenuhi

Berikut ini 4 alasan utama mengapa Anda harus memperhatikan kebutuhan kalsium dalam makanan Anda saat menyusui:

  1. Terjadi peningkatan kebutuhan kalsium

Sebagian besar wanita yang menyusui fokus sekali dengan buah hatinya, hingga lupa bahwa dirinya sendiri juga harus diperhatikan. Tidak sedikit ibu menyusui yang mengabaikan asupan kalsium dalam makanannya, rata-rata hanya mengonsumsi sekitar 400 mg kalsium selama hamil dan menyusui. Padahal, kebutuhan kalsium ibu menyusui sekitar 1.200 mg per hari. Selain itu, mendapatkan kalsium yang cukup dari makanan lebih baik daripada suplemen, karena tubuh Anda mampu menyerapnya dengan lebih baik.

  1. Kehilangan banyak kalsium pasca persalinan

Tahukah Anda? Seorang wanita dapat kehilangan kalsium empat kali lebih tinggi selama 9 bulan menyusui dibandingkan 9 bulan kehamilan. Ini karena kebutuhan kalsium si Kecil juga ikut meningkat seiring bertambahnya usia untuk proses pertumbuhan tulangnya yang lebih kuat. Anda harus mencegah hilangnya kepadatan mineral tulang Anda sendiri dengan menjaga asupan kalsium selama menyusui.

  1. Kehilangan kalsium setiap hari

Ibu menyusui akan memberikan ASI untuk makanan bayinya setiap beberapa jam setiap hari. Hal ini membuatnya rentan kehilangan kalsium dalam jumlah banyak setiap hari. Seorang ibu menyusui cenderung akan kehilangan 200 – 300 mg kalsium setiap hari pada saat menyusui. Inilah mengapa kebutuhan kalsium ibu menyusui harus dipenuhi dengan baik dari makanan sehari-hari.

  1. Memenuhi kebutuhan kalsium bayi

Bayi Anda terus membutuhkan kalsium untuk perkembangan tulang dan giginya menjadi lebih kuat, terutama dalam enam bulan pertama. Jika tidak terpenuhi dengan baik, maka bayi akan rentan mengalami kelainan tulang. Hampir 99% penyusun tulang dan gigi adalah kalsium. Selama enam bulan pertama, bayi Anda membutuhkan 200 – 300 mg kalsium setiap hari dari ASI. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memenuhi kebutuhan kalsium bayi dan tubuh Anda melalui diet.

Efektifkah memenuhi kebutuhan kalsium dari produk susu?

Susu memang dapat menyediakan kalsium dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, sebagian besar ibu menyusui, produk susu bukanlah sumber kalsium terbaik. Hal ini terjadi karena susu telah menjadi makanan nomor satu penyebab bayi kolik. 

Ada beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu menyusui, meliputi:

  • 4 buah ara (buah tin) setara dengan 124 mg kalsium. 
  • Satu sendok makan molase blackstrap dapat memenuhi 20% kebutuhan kalsium harian Anda. Selain itu, molase blackstrap kaya zat besi dan dapat membantu pemulihan setelah melahirkan.
  • Satu cangkir collard greens matang dapat menyediakan 357 mg kalsium.
  • Satu cangkir lobak hijau dapat memberikan Anda 249 mg kalsium.

Beberapa makanan lainnya juga bisa Anda konsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium saat menyusui, yaitu yoghurt, keju, serta jus jeruk dan tofu yang diperkaya kalsium. 

Catatan

Ingatlah, kebutuhan kalsium ibu menyusui harus dipenuhi dengan baik untuk mencegah serangan osteoporosis di masa mendatang. Konsultasikan juga dengan dokter jika Anda ingin memenuhinya dari suplemen kalsium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *