Pentingnya Vaksin Flu, Kembangkan Antibodi pada Anak-Anak

“Proteksi anak Anda dengan melakukan vaksin flu setiap tahunnya. Itu bertujuan mengembangkan antibodi tubuh anak pada musim flu.”

Vaksin flu bisa meningkatkan kesehatan Anda hingga mengoptimalkan antibodi pada musim flu. Sebab, penyakit flu bisa mengejutkan Anda dengan intensitasnya sehingga mengalami sakit berhari-hari bahkan mengakibatkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Berdasar data American Lung Association, 3.000 hingga 49.000 orang Amerika meninggal disebabkan penyakit flu setiap tahunnya. Karena itulah, vaksin flu sangat dibutuhkan bagi anak bayi hingga orang dewasa berdasar usia dan faktor tertentu.

Bagaimana cara kerja vaksin flu?

Untuk mencegah flu, Anda bisa mendapatkan dosis untuk vaksin flu tahunan agar meningkatkan kesehatan Anda. Sebab, pemakaian vaksin flu bisa mengembangkan antibodi terhadap beberapa jenis virus influenza hingga membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi parah.

Strain virus influenza sangat banyak dan terus bermutasi serta berubah. Karena itu pula, vaksin flu musiman diubah setiap tahun untuk mengikuti tiga jenis virus umum yang kerap terjadi. Infeksi yang dialami cenderung memuncak pada musim hujan sehingga sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi tersebut pada musim kemarau sebelumnya.

Mengapa anak-anak membutuhkan vaksin flu?

Pemakaian vaksin flu sangat dibutuhkan anak-anak untuk mengurangi risiko penyakit flu. Sebab, hal itu terbukti bisa menyelamatkan nyawa anak-anak karena efek samping yang dirasa tidak separah orang-orang yang belum melakukan vaksinasi tersebut.

Tak hanya itu, vaksin flu pada anak-anak juga bisa mengurangi risiko tinggi terkena komplikasi flu yang serius. Terutama jika anak Anda berusia kurang dari 5 tahun atau pada usia berapa pun dengan kondisi kronis tertentu seperti asma dan diabetes.

Berdasar data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), jutaan anak sakit flu setiap tahun dan ribuan dirawat di rumah sakit. Sejak 2010, terdapat sekitar 130 hingga 1.200 anak-anak di bawah 18 tahun yang meninggal karena flu setiap tahun.

Karena itulah, banyak para ahli ataupun dokter yang menyarankan bahwa anak-anak sebaiknya mendapatkan vaksin flu setiap tahun pada musim gugur mulai usia di atas 6 bulan.

Sebagai informasi, anak yang berusia 6 bulan hingga 8 tahun kemungkinan memerlukan 2 dosis vaksin flu untuk perlindungan terbaik mereka. CDC juga merekomendasikan vaksin flu dilakukan saat musim gugur atau sekitar September hingga Oktober sebelum flu menyebar pada sekeliling Anda.

Sebagai informasi, anak-anak berusia 6 bulan hingga 8 tahun mendapatkan vaksin flu untuk pertama kalinya. Mereka yang sebelumnya hanya mendapatkan satu dosis vaksin flu harus mendapatkan dua dosis vaksin flu untuk mengoptimalkan kinerja vaksin.  

Pahami gejala flu agar segera tertangani

Flu merupakan virus yang menyebar dengan cepat dalam beberapa cara. Salah satunya, Anda dapat tertular virus dari orang di dekat Anda yang menderita flu dan bersin saat berbicara atau berinteraksi bersama.

Virus tersebut juga dapat hidup pada benda mati selama 2 hingga 8 jam. Bahakan, apabila seseorang dengan virus menyentuh benda atau permukaan umum seperti gagang pintu, Anda bisa cepat tertular jika menyentuh benda atau permukaan yang sama tersebut.

Hal itu juga berlaku pada Anda yang memiliki virus pada tubuh Anda karena virus bisa masuk ke tubuh apabila Anda menyentuh mulut, mata hingga hidung. Karena itu, dibutuhkan vaksin flu untuk melawan virus tersebut.

Namun, kebanyakan orang yang terkena flu bisa sembuh dalam beberapa hari hingga kurang dari dua minggu. Meski begitu, pahamilah gejala flu berikut ini:

–        Demam

–        Panas dingin

–        Batuk

–        Sakit tenggorokan

–        Hidung berair dan tersumbat

–        Sakit kepala

–        Muntah

–        Diare

Apabila Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera atasi dengan cara yang tepat. Namun, bila mengakibatkan efek yang yang serius, segeralah hubungi dokter Anda.

Karena itu, untuk membantu mengatasi serta mengurangi segala kemungkinan buruk yang terjadi pada musim flu, sebaiknya laksanakanlah vaksin flu setiap tahun agar mendapatkan antibodi yang optimal bagi kesehatan tubuh Anda maupun si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *