Penuhi Kebutuhan Kalsium Tubuh Anak dan Ibu Hamil dengan Konsumsi Kalk

Kalsium merupakan unsur kimia yang penting bagi makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Saking pentingnya, bahkan ada suplemen makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium seseorang seperti Kalk. Anda bisa melihat bahwa begitu pentingnya keberadaan kalsium ini dan harus terpenuhi.

Seberapa penting sih kalsium bagi kesehatan tubuh? Nah, untuk itu akan dibahas secara lengkap di artikel ini.

Fungsi Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

Kalsium ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tulang saja, tapi juga bermanfaat bagi sistem peredaran darah, fungsi otot, transmisi saraf, produksi dan pelepasan hormon. 

Berikut manfaat kalsium bagi kesehatan lainnya:

  1. Menyehatkan tulang

Kalsium yang dimiliki tubuh setidaknya 99 persen tersimpan dalam gigi dan tulang. Wajar jika kalsium disebut bermanfaat dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. 

Kalsium juga berguna membantu memperkuat tulang hingga seseorang berusia 20-25 tahun. Setelahnya, kepadatan tulang akan menurun, namun kalsium juga yang akan menjaga sehingga proses hilangnya kepadatan tulang (osteoporosis) jadi lebih lambat. 

  1. Membantu proses pembekuan darah

Kalsium juga berperan dalam proses pembekuan darah. Proses ini memang rumit dan melibatkan beragam unsur kimia, salah satunya adalah kalsium. Unsur inilah yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah. 

Kalsium nantinya akan dibantu oleh vitamin K dan juga protein fibrinogen untuk menutup dan memulihkan luka. Perdarahan parah bisa terjadi jika kadar kalsium dan vitamin K tidak mencukupi. 

  1. Mengatur kontraksi otot

Kalsium juga berfungsi dalam proses kontraksi otot. Salah satu proses kontraksi otot adalah jantung berdetak. Proses ini didukung oleh adanya kalsium dalam tubuh. 

Saat saraf merangsang otot, maka kalsium akan dilepaskan. Sehingga protein dalam otot bisa berkontraksi. Otot selanjutnya akan rileks kembali ketika kalsium dipompa keluar dari otot. 

  1. Membantu perkembangan janin selama masa kehamilan

Kalsium bermanfaat baik bagi ibu hamil, salah satunya untuk memperkuat tulang dan gigi janin dalam kandungan. Kalsium juga membantu pembentukan jantung, otot, saraf janin agar selalu sehat.

Manfaat lain dari kalsium adalah untuk membantu dalam proses pembentukan detak jantung janin agar normal dan kemampuan pembekuan darah.

  1. Mencegah kanker usus besar

Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa adanya penurunan risiko kanker usus besar pada responden yang mengonsumsi kalsium secara cukup. 

Pria dan wanita yang dilibatkan dalam penelitian tersebut mengonsumsi lebih banyak kalsium, terbukti mengalami penurunan risiko kanker usus.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kalsium ternyata juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain dibutuhkan dalam proses pembekuan darah, kalsium juga membantu menjaga kerja otot jantung jadi lebih teratur. 

Kalsium akan mengontrol kontraksi sehingga darah akan dipompa ke seluruh tubuh. Kalsium juga akan membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya dengan mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah sehingga akan baik untuk kondisi kesehatan jantung seseorang. Makanya penting sekali untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, salah satunya dengan konsumsi suplemen makanan berisi kalsium seperti kalk.

  1. Baik untuk saraf

Kalsium juga dibutuhkan untuk mengirimkan sinyal dari otak ke tubuh bagian lainnya. Kalsium akan membuat sistem saraf jadi rileks dan bisa mengurangi rasa sakit.

Cara Mencukupi Kebutuhan Kalsium dengan Kalk

Seperti yang dibahas di atas bahwa kalsium penting sekali bagi kesehatan tubuh. Akan berbahaya jika tubuh kekurangan kalsium. Untuk mencukupinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen makanan seperti Kalk.

Kalk adalah tablet suplemen yang berguna memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, baik orang dewasa, anak-anak, hingga ibu hamil dan menyusui.

Seseorang sangat memerlukan kalsium, terlebih ibu hamil untuk menjaga kondisi kesehatan dirinya dan janin dalam kandungan. 

Kalk ini bisa dikonsumsi sesuai dengan usia. Anak-anak bisa mengonsumsi Kalk 1 tablet sebanyak 3 kali sehari. Sedangkan orang dewasa bisa mengonsumsi 2 tablet sebanyak 3 kali sehari. 

Referensi:

https://toko.sehatq.com/produk/kalk-tablet-1-botol-100-tablet diakses pada 27 Juni 2021

https://www.sehatq.com/artikel/selain-menyehatkan-tulang-ini-5-manfaat-kalsium-untuk-tubuh diakses pada 27 Juni 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *