Penyebab Sakit Pinggang yang Dialami Kaum Muda

penyebab sakit pinggang

Sakit pinggang identik sekali dengan orang yang telah berusia lanjut. Namun, tahukah Anda jika sakit pinggang bisa dialami oleh siapa saja, tak peduli berapa usianya? Sakit pinggang bisa dipicu oleh berbagai kondisi. Oleh karenanya, Anda—yang usianya masih muda—perlu mengetahui berbagai kemungkinan penyebab sakit pinggang.

Hal ini agar bisa meminimalisir kondisi serius yang mungkin terjadi, jika penyebab sakit pinggang diabaikan atau terus dilakukan berulang-ulang. Selain itu, dengan mengetahui kemungkinan penyebab sakit pinggang tersebut, kita bisa jadi lebih waspada dan dapat menghindarinya.

Secara umum, sakit pinggang yang dirasakan para pemuda itu bersifat sementara dan cenderung tidak serius. Nah, di sini perlu diperhatikan, apakah sakit pinggang yang dialami berlangsung dalam waktu yang lama? Jika, ya, bisa jadi penyebabnya adalah sesuatu yang serius.

Biasanya, orang-orang mulai mengalami sakit pinggang pada usia 30-an awal. Risiko sakit pinggang terus bertambah seiring bertambahnya usia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sakit pinggang bisa semakin parah dan berisiko bagi seseorang, seperti:

  • Kelebihan berat badan
  • Sering mengangkat benda-benda berat
  • Terlalu lama duduk

Paling sederhana, sakit punggung biasanya terjadi karena ketegangan otot atau cedera ringan ketika mengangkat beban berat. Selain itu, kejang otot hingga patah tulang belakang juga bisa jadi penyebabnya.

Tak hanya ini, ada beberapa kegiatan yang bisa menyebabkan sakit pinggang seperti mengangkat sesuatu dengan postur yang salah, mengangkat sesuatu yang terlalu berat, dan membuat gerakan di punggung secara tiba-tiba.

Melanjutkan pembahasan mengenai kondisi medis serius yang menjadi penyebab sakit pinggang, berikut beberapa keadaan yang mungkin perlu diwaspadai:

  • Hernia Nukleus Pulposus (HNP)

Hernia Nukleus Pulposus (HNP) terjadi karena bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. HNP ini dikenal juga sebagai saraf terjepit. HNP bisa menyebabkan nyeri pada bagian pinggang, punggung, hingga leher—tergantung dari lokasi terjadinya HNP.

Saraf terjepit ini biasanya menimbulkan gejala, mulai dari nyeri seperti tertusuk di area bokong hingga ke tungkai kaki, kesemutan atau lemah otot di tungkai, hingga keterbatasan gerak—utamanya yang berkaitan dengan area sekitar pinggang.

  • Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang adalah ketika bantalan tulang belakang menyempit, menekan sumsum tulang belakang, dan saraf tulang belakang. Kondisi stenosis tulang belakang paling sering disebabkan oleh degenerasi disc atau bantalan antara vertebra. Hasilnya adalah kompresi akar saraf atau sumsum tulang belakang dengan taji tulang atau jaringan luna.

Tekanan pada saraf tulang belakang ini menyebabkan gejala seperti pinggang mati rasa, kram, dan pada beberapa kasus orang dengan stenosis tulang belakang tidak bisa berjalan atau memburuk ketika berjalan.

  • Kondisi lengkungan tulang belakang yang tidak normal

Tulang belakang memiliki bentuk lengkung yang unik untuk bisa menopang beban tubuh. Adanya kelengkungan tulang belakang yang tidak normal bisa menyebabkan sakit pinggang. Kelainan tulang belakang seperti skoliosis, kifosis, dan lordosis bisa menyebabkan sakit pinggang.

Namun, ini adalah kondisi bawaan yang biasanya pertama kali didiagnosis dari anak-anak atau remaja. Kelengkungan abnormal menyebabkan rasa sakit dan postur tubuh yang buruk karena menempatkan tekanan pada otot, tendon, ligamen dan vertebra.

**

Masa atau usia muda ini menjadi pertaruhan atas kondisi kesehatan Anda kelak di masa tua. Termasuk diantaranya kondisi tulang belakang, termasuk pinggang, bisa dipengaruhi oleh apa yang Anda lakukan di usia muda.

Jika pada saat muda Anda sering duduk dengan posisi tidak ideal, misalnya, tentu akan terjadi sesuatu di tulang belakang Anda. Hal ini termasuk juga dengan gaya hidup yang buruk. Gaya hidup buruk bisa menjadi penyebab sakit pinggang, baik yang dirasakan saat ini maupun nanti.

Apakah Anda jarang berolahraga? Jika, ya, segera ubah kebiasaan tersebut. Sebab jarang berolahraga membuat otot dan kondisi tubuh Anda kaku. Apabila terus dibiarkan, bukan tidak mungkin ini akan menjadi penyebab sakit pinggang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *