Perbedaan Sakit Kepala Berputar, Pusing, dan Vertigo

Sakit kepala berputar disertai dengan pusing bisa menjadi tanda-tanda migrain. Ada juga kemungkinan vertigo yang perlu diwaspadai.

Tentu bagi Anda mengalami sakit kepala saja sudah terasa mengganggu, terlebih jika disertai dengan pusing. Wajar jika Anda merasa was-was akan mengalami serangan saat sedang beraktivitas.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah ini. Langkah terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi sumber pusing yang dapat membantu Anda mengobatinya.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menjelaskan sensasi pusing yang Anda alami.

Perbedaan sakit kepala berputar, pusing, dan vertigo

Sakit kepala berputar dapat juga disebut sebagai vertigo, tergantung pada tingkat keparahannya. Pusing, di sisi lain, adalah sensasi gerakan tubuh yang tidak normal.

Ketika mengalami vertigo, Anda mungkin merasakan sensasi berputar pada tubuh Anda. Anda mungkin merasakan lingkungan sekitar anda bergerak, padahal yang sebenarnya terjadi tidak demikian.

Pusing umumnya dikaitkan dengan tekanan darah rendah atau kurangnya aliran darah yang mencapai otak. Ketika mengalami pusing, Anda mungkin merasakan sensasi seperti akan pingsan.

Sakit kepala berputar, apakah selalu vertigo?

Ada sejumlah perbedaan yang perlu Anda perhatikan antara sakit kepala berputar biasa dengan vertigo. Tidak semua sakit kepala berputar dapat disebut vertigo.

Vertigo adalah sakit kepala berputar yang lebih spesifik. Ketika mengalami vertigo, Anda akan merasakan sensasi gerakan atau perputaran lingkungan di sekitar Anda, padahal sebenarnya tidak.

Kondisi vertigo mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang merasa seolah-olah dirinya yang berputar-putar, ada pula yang merasa sedang berdiri diam tetapi dunia di sekelilingnya berputar-putar.

Orang yang pertama kali mengalami vertigo biasanya menggambarkannya sebagai pusing. Pasalnya, vertigo memang termasuk dalam salah satu jenis pusing.

Meski begitu, ada beberapa gejala spesifik untuk vertigo. Vertigo adalah satu-satunya jenis pusing yang menyebabkan sensasi berputar.

Vertigo juga disertai gejala lain seperti mual, muntah, kehilangan keseimbangan, dan sulit berjalan. Vertigo juga lebih sering mengganggu aktivitas Anda.

Penyebab sakit kepala berputar

Penyebab sakit kepala berputar dan vertigo cukup beragam. Meski begitu, umumnya penyebab-penyebab tersebut tidak sampai mengancam jiwa.

  • Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Penyebab paling umum vertigo adalah BPPV yang dipicu oleh perubahan atau pergerakan kepala secara tiba-tiba.
  • Meniere’s Disease. Meniere’s disease adalah suatu kondisi ketika cairan menumpuk di telinga bagian dalam. Mereka yang mengalami Meniere’s disease berisiko diserang vertigo secara mendadak.
  • Vestibular Neuritis. Ketika infeksi virus menyebar ke saraf vestibular di telinga bagian dalam.
  • Labirinitis. Juga akibat dari infeksi telinga bagian dalam, tapi secara khusus memengaruhi saraf koklea dan saraf vestibular.
  • Migrain. Vertigo terkadang menjadi salah satu gejala sakit kepala migrain. Vertigo akibat migrain dapat berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam.

Penyebab lain sakit kepala berputar adalah sebagai berikut:

Penurunan tekanan darah akibat berdiri atau duduk terlalu cepat

  • Hawa terlalu panas
  • Dehidrasi
  • Gangguan kecemasan
  • Efek samping obat
  • Gula darah rendah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *