Perhatikan Ini untuk Dapatkan Hasil Test Pack Akurat

Saat mencurigai adanya gejala kehamilan, langkah pertama yang umumnya dilakukan wanita adalah melakukan pemeriksaan menggunakan test pack. Kemudian, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk memastikan hasil test pack akurat atau tidak.

Akurasi dari hasil tes kehamilan sebenarnya tergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah pemilihan waktu untuk pemeriksaan serta kualitas dari produk test pack yang digunakan. 

Apakah hasil test pack akurat?

Banyak orang yang bertanya-tanya akurasi dari hasil tes kehamilan menggunakan test pack. Dalam beberapa kasus, hasil test pack mungkin terbukti sama dengan hasil pemeriksaan di dokter.

Namun, terkadang ada juga orang yang mendapatkan hasil test pack yang berbeda dengan pemeriksaan dokter. Hal ini membuat orang sering ragu dalam menggunakan test pack.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa mendapatkan hasil test pack akurat, yaitu: 

  • Cara kerja tes kehamilan

Tes kehamilan dilakukan dengan mengukur kadar hormon human chorionic gonadotropin atau HCG yang ada di dalam tubuh Anda. Hormon ini diproduksi oleh sel telur ketika sudah dibuahi dan menempel pada rahim.

Kadar hormon HCG akan meningkat selama kehamilan. Hormon ini juga bisa dideteksi melalui urin. Karena itu, test pack digunakan dengan mengukur hormon tersebut dalam urin Anda. 

Biasanya, hormon HCG baru benar-benar terdeteksi di darah dan urin dalam masa 10-14 hari setelah pembuahan. Puncaknya ada di masa kehamilan 8-11 minggu. 

  • Waktu melakukan tes

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kadar hormon HCG pada urin baru bisa benar-benar terdeteksi dengan efektif sekitar 10-14 hari setelah pembuahan. Artinya, jika Anda melakukan pemeriksaan sebelum masa tersebut, bisa saja hasil test pack negatif meski sebenarnya Anda sudah hamil. 

Karena itu, pemilihan waktu sangat penting untuk menentukan hasil test pack akurat atau tidak. Jika Anda memeriksa terlalu dingin, bisa saja kadar hormon HCG belum diproduksi dalam jumlah yang cukup, sehingga tidak terdeteksi dengan baik. 

Jangan langsung melakukan tes kehamilan setelah Anda melewati satu hari masa menstruasi. Sebaliknya, tunggu sampai masa menstruasi terlewat beberapa hari, barulah melakukan tes. 

Cara tepat menggunakan test pack

Umumnya, orang-orang melakukan tes kehamilan dengan test pack di rumah. Anda tentu perlu mempersiapkan test pack terlebih dahulu.

Untuk menggunakannya, Anda harus menempatkan urin pada test pack. Tunggu sampai sekitar 1-2 menit. Setelah itu, hasilnya akan perlahan-lahan muncul.

Setiap produk test pack dengan merek berbeda mungkin akan menampilkan hasil dengan cara yang berbeda pula. Biasanya, perubahan pada hasil test pack akurat bisa dideteksi melalui: 

  • Perubahan warna pada produk test pack
  • Perubahan garis yang tampak seperti ditandai atau menunjukkan simbol plus atau minus
  • Muncul jawaban pada bagian test pack yang menandakan “hamil” atau “tidak hamil”

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca instruksi cara pemakaian yang umumnya tertera pada label kemasan produk. Anda juga bisa mengonsultasikan cara pemakaian ini kepada apoteker sebelum membelinya.

Nantinya, apabila hasil dari test pack menunjukkan hasil positif, maka Anda bisa merencanakan sesi konsultasi dengan dokter. Sesi ini juga bisa disertai dengan pemeriksaan untuk mengetahui apakan Anda benar-benar hamil atau tidak.Perlu diingat, terkadang bisa saja Anda mendapatkan hasil test pack akurat, tapi bisa juga tidak. Karena itu, penting untuk melakukan tes dengan teliti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *