Pilihan Obat Ruam Pada Kulit di Apotek Berdasarkan Penyebabnya

Obat biang keringat alami ada berbagai macam, salah satunya lidah buaya.

Ruam pada kulit adalah berubahnya warna kulit menjadi memerah dan/atau tekstur kulit lebih kasar dibandingkan biasanya. Ruam kulit memiliki banyak jenis tergantung pada penyebabnya, mulai dari eksim, granuloma annulare, lichen planus, dan pityriasis rosea. 

Untuk mengobati ruam pada kulit, dokter akan meresepkan obat sesuai pada penyebab yang mendasari. Simak artikel berikut untuk mengetahui obat ruam kulit di apotek sesuai dengan penyebabnya. 

Obat untuk mengatasi ruam pada kulit akibat eksim 

Eksim adalah masalah pada kulit yang ditandai dengan ruam pada kulit disertai kulit bersisik, merah, dan terasa gatal. Eksim tidak bisa diobati namun gejalanya bisa dikontrol dengan obat-obatan. 

Berikut ini pilihan obat ruam yang diakibatkan oleh eksim yang bisa dibeli di apotek:

  1. Elocon Krim, meringankan gejala akibat masalah kulit yang mengganggu

Elocon Krim merupakan obat kortikosteroid yang efektif mengurangi gatal, ruam, dan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh berbagai masalah kulit termasuk dermatitis, eksim, dan pruritus. 

Zat aktif mometasone furoate dalam obat bekerja dengan meredakan peradangan pada kulit, sehingga gejala yang ditampilkan mereda. Namun obat ini hanya berfungsi untuk meredakan gejalanya saja, dan tidak dapat menyembuhkan gangguan tersebut.

  1. Kloderma Krim

Kloderma Krim merupakan obat keras yang berguna untuk mengatasi gejala eksim dan ruam kulit lupus eritematosus yang tidak bisa diobati dengan obat kortikosteroid lain. Obat ini bekerja dengan mengaktifkan protein khusus untuk menghambat peradangan serta mengurangi gatal, bengkak, dan kemerahan. 

Kloderma Krim memiliki kandungan clobetasol propionat, obat kortikosteroid topikal yang sangat kuat yang memiliki efek samping. Untuk itu gunakan obat ini  hanya jika diresepkan oleh dokter.

Obat untuk mengatasi ruam kulit akibat alergi

Ruam pada kulit bisa jadi salah satu tanda reaksi alergi, biasanya karena terpapar oleh alergi berupa zat kimia yang ada pada produk pembersih yang digunakan. Berikut ini beberapa pilihan obat di apotek yang dapat membantu meredakan ruam akibat alergi:

  1. Cortidex Tablet

Cortidex Tablet diindikasikan untuk mengatasi peradangan kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi parah dan gangguan kesehatan lain yang berkaitan dengan sistem imun dan masalah hormon seperti radang sendi dan lupus. 

Obat ini mengandung zat aktif dexamethasone yang bekerja dengan cara mencegah pelepasan zat yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Konsumsi dalam dosis rendah akan memberikan efek antiradang, sedangkan dalam dosis tinggi akan bersifat imunosupresif. Karena memiliki dua cara kerja, obat ini sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.

Obat ruam kulit akibat gigitan serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk atau kutu kasur bisa memunculkan gatal dan ruam pada kulit. Berikut ini beberapa obat yang dapat membantu meredakan gejala akibat gigitan serangga:

  1. Caladine Lotion

Caladine lotion memiliki kandungan calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine HCl yang bermanfaat untuk meredakan gatal, mengatasi iritasi kulit, dan menyembuhkan kulit yang rusak akibat gigitan serangga dan biang keringat. Caladine lotion juga sering dijadikan pilihan oleh ibu untuk mengatasi ruam popok pada bayi.

Lotion ini paling baik digunakan setelah mandi pagi dan sore hari sebanyak 2-4 kali sehari. Caladine umumnya aman digunakan oleh semua rentang usia, namun bagi beberapa orang kandungan dalam Caladine bisa menimbulkan reaksi alergi.

Itu tadi beberapa pilihan obat untuk mengatasi ruam pada kulit berdasarkan penyebabnya. Jika Anda tidak yakin penyebab ruam kulit yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis untuk mendapatkan obat yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *