Polident dan Cara Merawat Gigi Tiruan Anda

Gigi tiruan sebagian atau keseluruhan (removable) dapat mengganti gigi yang tanggal atau ompong guna meningkatkan penampilan saat Anda tersenyum. Gigi tiruan ini didesain untuk tampak alami, dan terbuat dari bahan yang berbeda-beda, seperti acrylic ataupun logam. Untuk memasang gigi tiruan ini, biasanya Anda membutuhkan perekat adhesive seperti Polident. 

Meskipun gigi tiruan, masih sangat penting bagi Anda untuk membersihkannya dengan teratur. Membersihkan gigi tiruan melibatkan tidak hanya penyakitan gigi, tetapi juga langkah-langkah lain yang perlu dilakukan agar kondisi gigi tiruan tetap baik sekaligus menjaga kesehatan mulut penggunanya. 

Saat menggunakan gigi tiruan, pilihlah perekat berkualitas baik seperti Polident. Anda juga perlu rajin membersihkan gigi tiruan, mengingat plak dan makanan tetap masih dapat menempel pada gigi tiruan sama halnya keduanya menempel pada gigi asli. Plak gigi adalah lapisan lengket bakteri yang dapat menempel pada gigi tiruan dan gigi setelah Anda makan dan minum.

Jika Anda tidak membersihkan gigi tiruan, plak akan menumpuk, menyebabkan Anda berisiko menderita penyakit gusi dan bau mulut yang tidak sedap. Pembersihan secara rutin sangat penting untuk kesehatan keseluruhan mulut Anda. Untuk menjaga agar gigi tiruan tetap bersih, gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, laurtan pembersih gigi tiruan atau sabun yang ringan, air, dan handuk yang lembut. 

Cobalah untuk membersihkan gigi tiruan setidaknya satu kali setiap hari. Menyikat gigi tiruan dua kali sehari, setiap pagi dan malam hari juga lebih baik. Namun jangan gunakan pasta gigi saat Anda menyikat gigi tiruan. 

Banyak merek pasta gigi yang mengandung bahan-bahan yang bersifat abrasive untuk gigi tiruan. Pasta gigi tersebut secara perlahan dapat merusak permukaan gigi tiruan, meninggalkan goresan dan retakan kecil. Gunakanlah sikat gigi bulu lembut yang didesain khusus untuk gigi tiruan Anda. 

Sikat gigi khusus ini dapat mencegah goresan pada permukaan gigi tiruan. Meskipun menyikat gigi tiruan sangat penting, hanya menyikatnya saja tidak akan membersihkan gigi tiruan secara keseluruhan. Untuk menjaga penggunaan gigi tiruan jangka panjang, Anda harus membersihkannya setiap malam setelah dilepaskan. 

Dokter gigi merekomendasikan Anda untuk membersihkan gigi tiruan setidaknya sekali setiap harinya. Bahkan akan lebih baik apabila Anda membersihkan gigi tiruan dua kali sehari, setelah Anda bangun di pagi hari dan di malam hari sebelum Anda tidur. Anda juga perlu merendamnya di dalam sabun yang lembut atau larutan pembersih setiap malamnya. 

Meskipun Anda tidak boleh menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi tiruan, Anda tetap harus menggunakan pasta gigi saat menyikat gusi dan lidah setidaknya dua kali sehari. Hal ini akan menjaga gusi Anda tetap sehat sekaligus mencegah bau mulut yang tidak sedap.

Jika Anda memiliki gigi tiruan sebagian, jangan lupa untuk menyikat gigi dan melakukan flossing gigi asli dua kali sehari. Berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Anda bisa melepaskan gigi tiruan sebelum menggunakan obat kumur atau gunakan obat kumur yang didesain khusus untuk para pengguna gigi tiruan. 

Gigi tiruan dapat meningkatkan tampilan saat Anda tersenyum sekaligus meningkatkan rasa percaya diri. Selain menggunakan perekat gigi tiruan yang tepat seperti Polident, Anda juga harus rutin menjaga dan merawat gigi tiruan tersebut. Membersihkan gigi tiruan dengan baik tidak hanya akan memperpanjang usia gigi tiruan, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mulut Anda secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *