Proctalgia Fugax, Kondisi yang Menyebabkan Nyeri pada Saluran Anus

Proctalgia fugax adalah rasa nyeri pada dubur yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak memiliki penyebab yang spesifik. Rasa nyeri biasanya disebabkan oleh adanya kejang otot hebat di dalam atau sekitar saluran anus. 

Siapapun bisa mengalami proctalgia fugax, namun kondisi ini jarang ditemui bagi anak yang belum mengalami pubertas. Jika dibandingkan dengan gender, wanita lebih sering mengalami proctalgia fugax dibandingkan dengan pria.

Gejala dan Tanda Proctalgia Fugax

Gejala proctalgia fugax pada tubuh adalah kejang otot di dalam atau di sekitar area rektum bawah serta di dalam atau di sekitar anus. Nyeri atau kejang terjadi secara tiba-tiba tanpa peringatan. Lama rasa sakit bagi tiap penderita dapat berbeda-beda, mulai dari beberapa detik saja atau bertahan lama hingga 30 menit. Kondisi ini dapat membuat penderita tidak dapat beraktivitas hingga rasa sakit menghilang.

Penderita umumnya tidak mengalami keluhan apapun sebelum nyeri dirasakan. Rasa nyeri proctalgia fugax biasanya lebih sering terjadi malam hari dibandingkan siang hari serta rasa sakit akan berhenti dengan sendirinya.

Penyebab Proctalgia Fugax

Belum diketahui dengan pasti penyebab spesifik dari proctalgia fugax. Namun, kondisi ini umumnya terjadi karena adanya ketegangan atau mengencangnya otot sfingter ani. Otot ini berfungsi untuk mengatur buang air besar.

Meskipun terjadi secara tiba-tiba, terdapat beberapa hal yang memicu terjadinya kondisi ini, yaitu:

  • Aktivitas seksual
  • Haid
  • Sembelit
  • Buang air besar
  • Stres

Terlepas dari beberapa pemicu diatas, tidak jarang proctalgia fugax juga terjadi tanpa ada pemicunya.

Diagnosis Proctalgia Fugax

Proctalgia fugax biasanya didiagnosis setelah kemungkinan penyebab lain dari nyeri anus seperti wasir, abses anus, dan anus robek disingkirkan. Hal ini dikarenakan proctalgia fugax memiliki gejala yang mirip dengan penyakit anus lainnya.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan mengajukan pertanyaan terkait keparahan nyeri, durasi dan lainnya untuk mengeliminasi kondisi lain yang mungkin terjadi. Pemeriksaan fisik yang mungkin dilakukan oleh dokter adalah tes darah dan tes endoskopi untuk melihat kondisi lapisan usus.

Mengobati Proctalgia Fugax

Proctalgia fugax umumnya tidak menimbulkan kondisi yang serius pada tubuh selain rasa nyeri. Untuk meredakan rasa sakit, pengobatan disesuaikan dengan kondisi penderita. Hal ini dikarenakan proctalgia fugax tidak memiliki penyebab khusus, sehingga pengobatan akan disesuaikan dengan pemicu yang telah diidentifikasi. Beberapa pengobatan yang biasanya diberikan dokter untuk penderita proctalgia fugax adalah:

  • Diltiazem oral, diberikan untuk mengobati tekanan darah tinggi
  • Gliseril nitrat topikal. diberikan untuk menghilangkan rasa sakit
  • Nerve blocks, zat yang diberikan untuk mematikan saraf
  • Obat penenang otot

Penderita juga akan disarankan untuk mandi atau merendam tubuh dengan air hangat untuk membuat ketegangan pada anus menjadi lebih rileks sehingga dapat meredakan rasa nyeri. 

Jika diagnosis terjadinya proctalgia fugax adalah stres, dokter menyarankan penderita untuk melakukan konseling sebagai terapi pengobatan.

Selain itu, terdapat beberapa pengobatan alami yang dapat dicoba untuk menghilangkan rasa sakit, yaitu:

  • Bubuk nabati alami

Mengkonsumsi bubuk ini dapat membantu menghasilkan gerakan usus besar yang membantu meregangkan otot dan mencegah kejang.

  • Latihan otot panggul:

Jika Anda menyadari bahwa otot sedang mengalami kejang, Anda dapat melatih otot untuk rileks dengan melakukan latihan khusus otot panggul.

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium

Kekurangan kalium dianggap terkait dengan proctalgia fugax. Penderita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang, kismis, dan alpukat.

Kapan Harus Berkonsultasi ke Dokter?

Jika Anda mengalami nyeri pada anus dalam bentuk apa pun, segera konsultasikan kondisi ini pada dokter. Nyeri pada anus dapat menjadi gejala penyakit atau kondisi serius yang perlu segera ditangani. 

Apabila tidak ditemukan kondisi yang menyebabkan rasa nyeri pada anus dan Anda didiagnosis proctalgia fugax, Anda dapat melakukan perawatan sesuai anjuran dokter sehingga bisa meredakan rasa nyeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *