Rapid Test Serelogi Positif, Apa yang Mesti Dilakukan?

Rapid test serologi merupakan suatu tes untuk men-screening ada tidaknya virus corona baru di dalam tubuh Anda. Cara tes ini dengan mendeteksi ada tidaknya antibodi Covid 19 dengan menggunakan sampel darah yang diambil dari pembuluh darah vena. 

Rapid test serologi dinilai cukup akurat sebagai penyaringan awal terkait ada tidaknya infeksi Covid 19 di dalam tubuh. Namun tentunya, tidak ada yang ingin hasil tesnya positif, bukan? Hanya saja jika Anda melakukan tes serologi dan hasilnya positif Covid 19, apa yang mesti dilakukan? 

Tetang tenang dan melakukan langkah-langkah berikutnya yang sesuai dengan protokol pandemi Covid 19 perlu Anda lakukan apabila mendapati hasil rapid test serologi Anda positif. Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda lakukan ketika hasil rapid test serologi Anda menunjukkan adanya antibodi Covid 19 di dalam tubuh. 

Konfirmasi dengan Tes PCR 

Ketika mendapati hasil rapid test serologi positif, Anda disarankan untuk segera melakukan tes swab PCR. Pasalnya, tingkat akurasi positif untuk tes PCR jauh lebih tinggi dibandingkan hasil rapid test serologi. Segera lakukan pemeriksaan dan batasi interaksi dengan orang lain sampai mendapati hasil tes Covid 19 yang lebih akurat dari tes swab PCR. 

Konsultasikan dengan Dokter

Jika hasil tes swab PCR menunjukkan hasil yang sama dengan hasil rapid test serologi, yaitu positif, segera kontak dokter terdekat. Anda bisa memilih langsung tatap muka, namun lebih disarankan untuk melakukan telemedicine terlebih dahulu apabila gejala tergolong ringan. Dengan berkonsultasi ke dokter, Anda bisa mengambil pilihan selanjutnya untuk menjalani  perawatan Covid 19 di rumah sakit ataupun hunian pribadi. 

Ikuti Prosedur Pelacakan Kontak 

Beritahukan orang-orang terdekat Anda mengenai status positif Covid 19 pada diri Anda. Sebaiknya, Anda juga memberitahukan informasi hasil rapid tes serologi dan PCR kepada pihak-pihak berwenang, sebagai contoh ketua RT atau kelurahan tempat Anda tinggal. Beri tahukan pula kepada pihak berwenang mengenai kontak-kontak yang cukup erat dengan Anda setidaknya dalam 14 hari terakhir. Ini guna pelacakan kontak bisa lebih mudah dilakukan. 

Lakukan Isolasi Mandiri 

Anda tidak perlu mendekam di rumah sakit apabila tidak mengalami gejala atau hanya mengalami gejala ringan dari infeksi Covid 19. Namun, Anda perlu melakukan isolasi mandiri. Isolasi mandiri bisa Anda lakukan di rumah dengan membatasi ruangan antara Anda dengan anggota keluarga yang lain. Lakukan pula pemisahan peralatan makan dan penggunaan kamar mandi jika memungkinkan. Yang tidak boleh terlupakan, Anda mesti memakai masker di dalam rumah untuk mengurangi risiko penularan kepada anggota keluarga yang lain.  

Rutin Makan Obat yang Diresepkan 

Setelah berkonsultasi ke dokter, sejumlah obat akan diberikan kepada Anda agar proses pemulihan bisa berjalan cepat dan penularan bisa dicegah. Jangan remehkan obat-obat tersebut. Minumlah semua obat yang sudah diresepkan secara rutin. 

Konsumsi Makanan Bergizi 

Imunitas tubuh yang tinggi akan membuat gejala Covid 19 tidak terlalu parah. Imunitas tubuh yang tinggi juga bisa membuat waktu pemulihan berlangsung lebih cepat. Perbanyak konsumsi protein khususnya ketika sedang menyandang status sebagai penderita Covid 19. Jangan lupa pula asupan vitain C dan E lewat buah, sayur, dan makanan lain. Yang tidak boleh terlupa pula, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan maksimal dengan mengonsumsi cairan yang cukup sepanjang hari. 

Tetap Tenang dan Bangkitkan Suasana Hati 

Hati yang senang sangat berpengaruh pada kondisi fisik Anda. Karena itu, lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda senang, walaupun hasil rapid test serelogi masih positif. Tetap berkomunikasi dengan keluarga lewat ponsel juga menonton film kesukaan dapat menjadi pengisi waktu selama menjalani isolasi mandiri yang membuat Anda lebih tenang dan gembira. 

*** 

Jangan lupa, Anda tetap harus menjalin kontak dengan tim medis jika hasil rapid test serelogi Anda masih positif. Ini guna mendapatkan anjuran cepat jika kondisi Anda mengalami perubahan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *