Selai Kacang Baik untuk Kesehatan, Apa Saja Nutrisinya?

Selai kacang seringkali digunakan sebagai selai untuk menambahkan rasa pada roti tawar. Selai ini memiliki cita rasa yang khas dan unik, campuran antara asin, manis, dan gurih. Rasa ini berbeda dari rasa selai lainnya, sehingga cukup banyak digemari. 

Dibandingkan dengan jenis selai lain, selai yang terbuat dari bahan dasar kacang dipercaya memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Ini bisa terjadi karena selai dibuat dari bahan kacang asli yang kaya akan serat, nutrisi, dan sumber antioksidan. 

Nutrisi yang ada pada selai kacang

Selai yang berbahan dasar kacang dipercaya kaya akan nutrisi. Nutrisi-nutrisi inilah yang membuat selai ini mampu mendatangkan manfaat positif bagi kesehatan tubuh Anda. 

Secara garis besar, setiap Anda mengonsumsi selai dari kacang, Anda akan mendapatkan asupan nutrisi seperti berikut ini: 

  • 190 kalori
  • 16 gram lemak
  • 140 mg sodium
  • 8 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • 3 gram gula
  • 7 gram protein

Dari daftar nutrisi di atas, Anda bisa melihat bahwa selai ini mampu memberikan nutrisi positif yang menyehatkan. Kadar gula dan karbohidratnya cukup rendah, serta diperkaya dengan kandungan serat. 

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai beberapa kandungan nutrisi yang ada pada selai dari kacang: 

  1. Protein

Selai yang terbuat dari kacang biasanya menggunakan bahan dasar berupa kacang tanah. Kacang tanah ini termasuk sebagai kelompok kacang-kacangan yang kaya akan protein dan serat. 

Protein pada kacang tanah memiliki kandungan metionin yang rendah. Ini akan memberikan dampak kesehatan, membuat Anda lebih mudah terhindari dari penyakit.

Akan tetapi, metionin sebenarnya juga diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya. Karena itu, meskipun bermanfaat bagi kesehatan, Anda tetap tidak bisa bergantung pada selai kacang sebagai sumber protein sepenuhnya. 

  1. Lemak sehat

Lemak memang bisa membuat Anda mengalami kenaikan berat badan, namun tidak demikian dengan lemak sehat. Tubuh Anda juga tetap memerlukan lemak sehat, dan lemak sehat itu bisa Anda dapatkan dari selai berbahan dasar kacang.

Kandungan lemak sehatnya cukup tinggi, karena itu kalorinya juga tinggi. Namun, tidak akan memberikan efek negatif bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Bahkan, selai ini juga dipercaya mampu menurunkan berat badan. Karena, kacang mengandung serat dan protein yang membuat Anda mudah merasa kenyang, sehingga porsi makan bisa dikurangi. 

  1. Vitamin dan mineral

Selai kacang juga sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Nutrisi dan mineral tersebut meliputi vitamin E, vitamin B3 atau niacin, vitamin B6, folat, magnesium, potasium, vitamin B5, zinc, serta selenium.

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral ini, mengonsumsi selai dari kacang akan meningkatkan kebutuhan asupan vitamin dan mineral harian Anda. Manfaatnya akan baik untuk kesehatan tubuh Anda, selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. 

Selain kandungan nutrisi yang sudah disebutkan di atas, selai dari kacang juga dipercaya kaya akan antioksidan. Antioksidan diperlukan oleh tubuh Anda untuk menangkal radikal bebas, yaitu zat yang memicu berbagai jenis penyakit. 

Ketika Anda mendapatkan asupan antioksidan yang cukup, maka kesehatan Anda pun akan lebih terjaga. Karena itu, jika Anda ingin mendapatkan asupan antioksidan dengan cara yang menyenangkan, selai kacang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *