Selain Dapat Mencegah Kanker, Ini 5 Manfaat Curcumin yang Lain

Manfaat curcumin bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi manfaat curcumin sebagai salah satu zat yang dapat mencegah kanker sudah diketahui banyak orang. Tetapi tahukah Anda jika curcumin juga memiliki manfaat lainnya. Salah satunya dalam bidang kecantikan.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda jika mendengar tentang masker kunyit untuk wajah dengan tujuan memperhalus kulit. Itulah salah satu manfaat curcumin untuk kecantikan. Tidak hanya itu, curcumin masih mempunyai beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan untuk mempercantik diri. 

Kunyit mengandung banyak zat curcumin yang baik untuk tubuh
  1. Menghilangkan bekas jerawat

Jerawat yang muncul di wajah disebabkan karena adanya sumbatan di pori – pori yang mengalami infeksi bakteri. Kemunculan jerawat ini bisa dalam tingkatan yang ringan hingga berat. Pemanfaatan masker kunyit dapat menyembuhkan dan mengurangi bekas jerawat. Kandungan curcumin yang ada di kunyit dapat mengurangi peradangan yang terjadi di wajah saat munculnya jerawat. 

  1. Mengurangi kerutan di wajah

Munculnya kerutan di wajah juga dapat diatasi dengan masker kunyit. Hal ini karena kandungan aktif yang terdapat pada kunyit diyakini mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, kunyit juga diyakini efektif dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang. 

  1. Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi ditandai dengan bercak-bercak yang tampak lebih gelap dari kulit di area sekitarnya. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada wajah, tetapi pada semua bagian tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada kunyit dapat merangsang peremajaan kulit dan membantu mencerahkan kulit. Campur satu sendok teh kunyit bubuk dengan perasan lemon. Oleskan pada wajah sebagai masker untuk membantu memerangi pigmentasi kulit Anda. Mengoleskan kunyit ke kulit secara rutin selama 4 minggu, dapat mengurangi hiperpigmentasi hingga 14%. 

  1. Mencerahkan wajah

Kandungan curcumin yang tinggi pada kunyit ini memiliki antiradang dan antioksidan membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan cerah. Selain itu, karena kandungan antioksidan dalam kunyit mampu membantu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam. 

Manfaat mencerahkan wajah ini bahkan digunakan Di India pada calon pengantin sebelum pernikahan. Hal tersebut dilakukan agar wajah mereka tampak bersinar di hari pernikahan dan terbebas dari noda dan bekas-bekas luka.

  1. Menyembuhkan luka dan eksim

Curcumin dan minyak atsiri dalam kunyit memiliki sifat anti peradangan yang baik untuk menyembuhkan luka serta mengobati eksim. Hasilnya, kunyit dapat menyembuhkan luka dengan cepat dan tidak akan meninggalkan noda kuning pada kulit. Pengaplikasian pada kulit yang luka, campur bubuk kunyit dengan irisan olahan buah tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan pada luka selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Begitu besar manfaat curcumin yang terdapat dalam tumbuhan kunyit. Oleh karena itu, tidak heran jika tumbuhan ini begitu diminati oleh masyarakat. Nyatanya, selain dapat digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, manfaat curcumin ini juga sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. 

Jika ingin mendapatkan manfaat curcumin secara maksimal untuk kesehatan, Anda tidak hanya bisa untuk mengandalkan dari bumbu masakan saja, tetapi juga disertai suplemen atau vitamin pendukung. Begitu pula dalam bidang kecantikan, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal harus disertai dengan perawatan wajah pendukung lainnya seperti cuci muka, toner, serum hingga moisturizer. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *