Tanya Dokter Spesialis Kulit Bagaimana Merawat Rambut Rontok!

Apakah Anda atau kenalan Anda menderita kerotokan rambut? Anda tidak sendiri, pasalnya, menurut Harvard University, ada sekitar sepertiga wanita mengalami kerontokan rambut (alopecia) pada suatu waktu dalam hidup mereka dan di antara wanita pascamenopause. 

Untuk mengatasi hal kerontokan rambut, Anda bisa tanya dokter spesialis kulit tentang bagaimana melakukan perawatan pada rambut rontok. Baca terus ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang perawatan rambut rontok terbaik menurut para ahli dermatology. 

Memgapa tanya dokter spesialis kulit penting untuk rambut rontok?

Dokter spesialis kulit atau yang biasa disebut dermatology adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok. Untuk wanita dan pria, penting untuk menemui dokter spesialis kulit jika Anda mengalami penipisan rambut:

  • Dokter kulit dapat menawarkan konsultasi ahli dan membantu Anda menemukan akar masalahnya lebih cepat daripada jika Anda mencoba mendiagnosa sendiri masalah tersebut. 
  • Anda bisa diberikan resep obat, dan menjalani biopsii jika perlu
  • Terkadang, dokter kulit Anda akan mengidentifikasi masalah medis mendasar yang lebih serius yang menyebabkan rambut rontok. 

Perawatan rambut rontok yang disetujui dermatologis

  1. Cari tahu penyebabnya

Sebelum Anda mendapatkan perawatan, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari rambut rontok yang Anda alami. Beberapa penyebab rambut rontok yang tidak sering Anda dengar adalah kekurangan vitamin, pengobatan paru, operasi baru-baru ini, stres, penurunan berat badan, dan perubahan hormonal. 

Telogen effluvium adalah jenis kerontokan rambut paling umum kedua yang sering ditemukan. Biasanya terkait dengan peristiwa stres, kehamilan, atau penyakit. Untungnya jenis kerontokan ini bersifat sementara. 

  1. Pijat kulit kepala dan pembersihan yang benar

Penting untuk menjaga kebersihan rambut untuk mendorong pertumbuhan yang sehat. Keramas sering sangat penting. Membersihkan folikel rambut dan menjaganya bebas dari minyak, penumpukan produk rambut dan radikal bebas akan membantu menciptakan lingkungan kulit kepala yang sehat untuk rambut tumbuh. 

Memijat kulit kepala adalah cara lain untuk mendorong pertumbuhan rambut karena membantu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke folikel sehingga membuatnya lebih kuat dan mencegah miniaturisasi. 

  1. Suntikan citamin B kompleks

Suntikan vitamin B kompleks sangat penting untuk kesehatan rambut. Banyak yang tidak dapat menyerap vitamin B dari makanan mereka, jadi suntikan vitamin B kompleks mungkin merupakan cara terbaik untuk menerima vitamin ini. 

  1. Suplemen vitamin

Selalu penting untuk memprioritaskan pola makan yang sehat dan menyeluruh, tapi tahukan Anda bahwa kekurangan vitamin dapat menyebabkan kerontokan rambut. Suplementasi biotin, seng, dan tembaga dapat membantu meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. 

  1. Gaya hidup

Penting juga untuk mempertimbangkan gaya hidup seseorang saat mengalami kerontokan rambut. Tingkat hidrasi berdampak besar pada kesehatan rambut secara keseluruhan. Sering-seringlah minum air, dan bahkan mungkin mempertimbangkan suplemen hidrasi. 

Perlu diingat, stres juga bisa menjadi faktor penyebab kerontokan rambut. Bekerja untuk menciptakan gaya hidup stres rendah dapat menjadi alat yang ampuh dalam memerangi kerontokan rambut. Berlatih yoga dan meditasi. 

  1. Hentikan perawatan rambut yang berlebihan

Hentikan terlalu sering melakukan perawatan rambut yang berlebihan, seperti pewarnaan, pengeritingan, pelurusan, dan perawatan lainnya yang menggunakan bahan kimiawi di rumah tanpa memiliki tenaga profesional yang tahu cara memeriksa kulit kepala dan rambut Anda dan menentukan produk mana yang cocok untuk rambut Anda. 

Jadi, untuk mengatasi kerontokan rambut yang Anda alami ada baiknya untuk tanya dokter spesialis kulit atau dermatology yang lebih tahu bagaimana cara mengatasi kerontokan pada rambut Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *